Posted on

Menanam Anggur Brazil Tidak Sulit! Ini 10 Kiat Menanam yang Perlu Diperhatikan

anggur brazil

Anggur Brazil – merupakan jenis pohon yang berbuah sangat mirip dengan anggur pada umumnya. Hal yang menarik dari tanaman ini adalah Anggur Brazil tidak termasuk ke dalam spesies anggur, sebab Anggur Brazil termasuk pohon kayu.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Jika ingin menanam pohon ini, maka setidaknya Anda harus menunggu sekitar 8-15 tahun untuk bisa menikmati buahnya. Namun, waktu yang lama tersebut bisa dipersingkat menjadi lebih cepat dengan menanam bibit yang berasal dari stek dan bukan berasal dari biji.

Jika di negara asalnya, Brazil, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah mulai dari 0-3.000 mdpl. Namun, jika ditanam di Indonesia ketinggian ideal untuk menanam Anggur Brazil adalah 500-1.200 mdpl. Saat Anda menanam Anggur Brazil di luar ketinggian yang telah kami sampaikan di atas, maka resikonya biaya perawatan menjadi lebih tinggi karena penyiraman harus lebih sering dan pemupukan yang lebih banyak.

Agar biaya tetap rendah, saat Anda ingin menanam Anggur Brazil di dataran rendah, maka tanaman bisa ditanam dekat dengan genangan air atau kolam agar akar mendapatkan kelembaban yang tinggi.

Jangan lupa juga untuk memilih lahan yang gembur dengan tingkat pH 5.5-6.6 dan menggunakan pupuk kandang dan kompos untuk menjaga kesuburan tanaman.

Bagaimana dengan rasanya?

bibit tanaman anggur brazilAnggur Brazil memiliki rasa yang sangat unik dengan perpaduan rasa manis, asam, dan segar. Jika diperhatikan dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan rasa buah anggur yang dikombinasikan dengan buah leci dan alpukat. Adanya perbedaan rasa dari Anggur Brazil disesuaikan dengan pertambahan umur tanaman.

Selain memiliki rasa yang enak, Anggur Brazil juga memiliki manfaat nyata untuk kesehatan. Manfaat terbaik yang bisa Anda rasakan adalah dengan adanya Antioksidan yang tinggi dari buah ini yang mampu membunuh sel kanker yang berkembang dan juga bisa digunakan sebagai anti-penuaan.

Tertarik untuk menanamnya?

Agar lebih jelas lagi, berikut ini kami akan menjelaskan tentang 10 kiat menanam Anggur Brazil yang perlu diperhatikan dengan baik.

10 Kiat Menanam Anggur Brazil

 

jual bibit anggur brazil

1. Memilih Bibit yang Tepat

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, bahwa Anggur Brazil yang ditanam melalui biji membutuhkan waktu berbuah yang lebih lama sekitar 8-15 tahun. Solusinya Anda bisa menggunakan stek yang mampu menghasilkan buah paling lama 3 tahun sejak waktu penanaman. Ada banyak sekali penjual bibit Anggur Brazil yang berusia 6 bulan dengan ketinggian 0.5 m yang bisa Anda pilih.

2. Lokasi Penanaman yang Baik

Anda bisa menanam Anggur Brazil langsung di lahan perkebunan atau di dalam pot yang besar. Jika Anda sudah menentukan lokasi penanaman, maka perhatikan lokasi tersebut agar terhindar dari rumput liar, perhatikan juga tanah apakah memiliki unsur hara yang cukup, dan apakah tanaman bisa disinari langsung oleh sinar matahari.

Jika lokasi sudah tepat dengan mempertimbangkan faktor di atas, maka langkah selanjutnya adalah mulai menggali lubang tanam dengan ukuran 0.5 x 0.5 m untuk menempatkan bibit.

Sebelum bibit diletakkan di dalam lubang tanam, hal yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan pupuk kandang dan sekam. Jika sudah dilakukan, maka Anda tinggal mengistirahatkan lubang selama 3 hari sebelum bibit diletakkan.

3. Rutin Menyiram Tanaman Anggur Brazil

Kiat selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah lakukan penyiraman secara merata ke seluruh bagian tanaman. Kami menyarankan Anda untuk melakukan penyiraman bibit tanaman 1-2 kali dalam sehari yang bisa disesuaikan dengan tingkat kelembaban tanah.

4. Memperhatikan Hama yang Akan Menyerang Tanaman

Anggur Brazil yang masih muda sekitar umur 1,5 tahun biasanya akan diserang oleh kutu daun yang bisa membuat daun menjadi keriting. Masalah ini mudah diatasi dengan cara menyemprotkan pestisida, jangan lupa juga untuk merontokkan daun yang kering tersebut agar kutu daun tidak menyebar ke tanaman yang lain

5. Pupuk yang Perlu Digunakan

Pupuk terbaik yang bisa Anda gunakan untuk Anggur Brazil adalah dengan menggunakan kotoran kelelawar. Hal yang menjadi permasalahan adalah sangat sulit untuk mendapatkan pupuk ini, oleh karena itu Anda bisa menggantinya dengan menggunakan pupuk kandang biasa.

Selain nutrisi yang berasal dari pupuk kandang, maka ada jenis pupuk lainnya yang bisa Anda gunakan agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Selain menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, Anda bisa juga mencampurkannya dengan pupuk kimia.

Kombinasi pupuk yang bisa digunakan adalah mencampurkan 20 butir NPK buah,  1 kg kompos/pupuk kandang, dan 1 sdt POC BMW.

Berikan pupuk kepada tanaman Anggur Brazil sebanyak 1 bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Perawatan yang Perlu Anda Perhatikan

Jika Anda sudah memperhatikan 5 hal di atas dengan baik, maka perawatan Anggur Brazil tidak terlalu merepotkan untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan Anggur Brazil termasuk tanaman yang tidak membutuhkan perlakuan khusus dan sangat mudah merawatnya.

Anda hanya perlu memastikan bahwa tanaman sudah mendapatkan sinar matahari langsung dan mendapatkan drainase yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman.

7. Cara Memacu Pertumbuhan Bibit Tanaman

Selain menggunakan cara stek yang telah disampaikan di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mempersingkat pertumbuhan tanaman ini. Bibit tanaman yang berasal dari biji bisa dipacu pertumbuhannya dan bisa cepat berbuah dalam waktu 3 tahun saat Anda menggunakan pupuk cair yang mengandung hormon auksin.

Cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membeli bibit yang sudah berusia sekitar 2-5 tahun dari penjual yang biasanya sudah memiliki ukuran sekitar 50 cm. Dengan menggunakan cara seperti ini, Anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan buahnya.

8. Agar Tanaman Bisa Kuat dan Hidup Lebih Lama

Banyak orang yang menggunakan bibit hasil cangkok untuk mendapatkan hasil buah yang lebih cepat. Salah satu kekurangan dari metode ini adalah akar yang tidak begitu kuat dan tampilan pohonnya yang tidak bagus. Hal ini sangat berbeda jika Anda menggunakan bibit yang berasal dari biji. Dimana tanaman yang tumbuh bisa hidup lebih lama, memiliki akar yang kuat, dan bentuk dahan yang bagus.

Namun untuk memperbanyak tanaman, Anda bisa menentukan mana jenis bibit yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda tidak masalah menunggu dalam waktu yang lama, maka Anda bisa menggunakan bibit hasil stek. Namun jika Anda menginginkan pohon yang kuat, maka kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan bibit dari biji.

9. Kiat Agar Bibit Cepat Tumbuh Besar

Bibit Anggur Brazil sebagian besar diletakkan di dalam media tanam polybag sebelum diletakkan di lahan dan ditanam. Agar bibit tanaman ini lebih cepat besar dan berkembang, maka kami sangat menyarankan Anda untuk rutin mengganti polybag setiap ½ tahun sekali. Polybag yang rutin diganti akan memacu lebih banyak akar yang tumbuh, sehingga tanaman bisa menyerap lebih banyak sari makanan dan akhirnya bisa memperbesar diameter batang.

10. Tips Memilih Bibit yang Akan Ditanam

Cara yang Bisa Anda gunakan untuk memilih bibit yang terbaik adalah menggunakan bibit yang besar dan siap untuk berbuah. Kami sangat menyarakan Anda untuk menggunakan bibit dengan ukuran diameter minimal 8 cm.

Kebun yang sudah Anda siapkan bisa mulai ditanami bibit sebanyak 100 batang terlebih dahulu, namun jika Anda memiliki modal yang besar tidak ada salahnya untuk menanam bibit sebanyak 250 batang.

11. Memberikan Pupuk dan Dosis yang Dianjurkan

Penjelasan yang satu ini masih berkaitan dengan penjelasan yang telah kami sampaikan sebelumnya. Anda perlu memberikan pupuk kompos secara rutin 1 bulan sekali dan memberikan pupuk kandang setidaknya 6 bulan sekali.

Pemberian pupuk harus terus bertambah sesuai dengan bertambahnya ukuran bibit. Pada tahun pertama penanaman, 1 pohon biasanya membutuhkan sekitar 10 kg pupuk kompos dan 10 kg pupuk kandang. Selanjutnya di tahun kedua, Anda bisa menambahkan sekitar 25 kg pupuk untuk satu pohon dalam 1 tahun.

Kiat-kiat yang telah kami sampaikan di atas merupakan langkah praktis yang bisa Anda lakukan saat akan menanam Anggur Brazil di lahan kebun yang dimiliki. Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat dan inspirasi untuk Anda semua.

Selamat mencoba!


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *