Posted on

8+ Kriteria yang Penting Diperhatikan Agar Apel India Tumbuh Optimal dan Berbuah Lebat

harga bibit apel india

Putsa (Ziziphus Muritania) – atau masyarakat di Indonesia banyak yang menyebutnya dengan apel India merupakan jenis tanaman tropis yang masuk dalam famili rhamnaceae. Buah yang dihasilkan berwarna kehijau-hijauan dengan diameter buah sekitar 3-5 cm dengan ketinggian pohon mencapai 12 meter. Kulit buahnya pun memiliki tekstur yang halus dengan daging buah yang berwarna putih dan rasa manis.

Tidak sulit untuk menanam jenis tanaman buah ini agar bisa tumbuh dengan optimal, sebab hal yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan kriteria penting agar tanaman bisa menghasilkan buah yang lebat dan tumbuh dengan baik.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang beberapa kriteria penting yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para pembudidaya apel India.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Mengenali Karakteristik Apel India yang Baik

 

jual bibit apel India

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang utama, maka ada baiknya terlebih dahulu memahami ciri-ciri atau karakteristik apel India yang tumbuh dengan baik dan optimal. Sehingga bisa menjadi tolak ukur apakah tanaman yang Anda tanam sudah tumbuh dengan baik atau belum.

Apel India bisa tumbuh sampai 12-15 meter di habitat aslinya, jenis tanaman ini pun memiliki ciri fisik yang berduri dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Buah yang tumbuh dengan baik ukurannya mencapai 3-5 cm, lebih kecil dari ukuran buah apel normal.

Perhatikan juga warna buahnya, Apel India berwarna kehijauan dengan tekstur buah yang halus dan daging buah yang berwarna putih serta memiki rasa manis.

Jika semua ciri di atas Anda dapatkan pada Apel India yang ditanam, maka Anda sudah mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan optimal.

9+ Kriteria Penting Agar Apel India Tumbuh dengan Optimal

 

putsa

1. Sangat Penting untuk Memilih Bibit Apel India yang Berkualitas Baik

Anda tidak akan bisa menghasilkan tanaman yang baik dan berkualitas, jika bibit yang Anda tanam tidak berkualitas. Oleh sebab itu, pemilihan bibit yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting dan perlu Anda perhatikan dengan baik.

Bagaimana ciri bibit yang berkualitas dan layak tanam?

Anda harus mencari bibit yang memiliki daun hijau yang sehat dan tidak layu atau pun kering, batangnya pun kokoh dan tidak kering, serta terbebas dari penyakit tanaman yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.

2. Lokasi yang Baik akan Menghasilkan Tanaman yang Tumbuh dengan Optimal

Sebenarnya tidak sulit dan tidak terlalu banyak syarat saat Anda akan menanam Apel India, sebab tanaman ini bisa tumbuh dengan optimal di berbagai kondisi. Namun, saat lokasi penanaman cocok, maka hasil panen yang dihasilkan pun lebih baik dan berkualitas.

Anda bisa menanam jenis pohon buah ini pada ketinggian 0-1.500 mdpl agar bisa tumbuh dengan optimal dan baik. Pilihlah lokasi penanaman yang memiliki curah hujan sekitar 150-2.500 mm per tahun. Perhatikan juga agar tanaman ini mendapatkan pasokan sinar matahari sekitar 50% setiap harinya, serta suhu lingkungan sekitar 16—27° dengan tingkat kelembaban sekitar 80%.

Selain kriteria di atas, Anda juga harus memperhatikan agar lokasi penanaman bebas dari rumput liar, lahan tidak terlalu sempit, dan tanah kaya akan unsur hara.

3. Teknik Penyiraman yang Penting Anda Perhatikan

Tanaman ini idealnya disiram sebanyak 2 kali dalam sehari, namun Anda bisa juga melakukan penyiraman sesuai dengan kondisi cuaca. Saat musim kemarau terjadi, maka Anda bisa melakukan penyiraman sekitar 3-4 kali setiap minggu. Namun, saat terjadi musim hujan Ada bisa melakukan penyiraman sekitar 1-2 kali dalam seminggu.

Lakukan penyiraman dengan embrat agar seluruh media tanam mendapatkan asupan air dengan optimal dan merata.

4. Apel India Membutuhkan Nutrisi Berupa Pupuk untuk Menunjang Pertumbuhannya

Melakukan pemupukan secara rutin harus Anda lakukan agar Apel India bisa tumbuh dengan optimal. Pupuk yang diberikan secara berkala bisa membuat tanaman lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit, serta bisa tumbuh dengan optimal.

Ada beberapa cara pemupukan yang bisa Anda lakukan. Pertama, saat tanaman berumur 1 tahun, maka Anda bisa memberikan pupuk NPK 15 : 15 : 15 dengan ukuran 1 sendok makan atau sekitar 25 gram. Dosis tersebut bisa ditingkatkan lagi menjadi 2-3 kali lipat saat tanaman sudah lebih besar dan berkembang.

Anda bisa memberikan tambahan pupuk kandang dengan dosis 5-10 kg per tanaman setiap 6 bulan sekali agar tanaman lebih subur.

5. Perlunya Memasang Ajir

Apel India yang baru ditanam sangat mudah miring dan roboh akibat terpaan angin yang kencang atau gangguan dari hewan. Oleh sebab itu agar peristiwa di atas tidak terjadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah memasang ajir di sekitar tanaman.

Anda bisa menggunakan bambu dengan ukuran 1,5 meter agar tanaman yang ditanam tidak mudah roboh dan miring saat masa pertumbuhan.

6. Lakukan Pemangkasan untuk Merangsang Pertumbuhan Tunas Baru

Sebelum pemangkasan dilakukan, maka Anda perlu membiarkan tanaman tidak disiram selama 7 hari. Setelah masa 7 hari terlewati, maka Anda bisa kembali menyirami pohon Apel India. Tujuan dari dilakukannya hal ini agar bunga baru lebih cepat muncul dan tumbuh dengan serempak.

Pohon Apel India bisa dipangkas sejak tanaman setinggi 30 cm, Anda bisa memangkas daun yang tua saat daun muda mulai tumbuh.

Dengan melakukan teknik pemangkasan seperti di atas, maka pohon Apel India bisa lebih cepat berbunga dan menghasilkan buah pada beberapa bulan selanjutnya.

7. Buah Harus Anda Seleksi Agar Bisa Terus Tumbuh

Tanaman Apel India bisa terus tumbuh, saat Anda melakukan seleksi terhadap buah yang tumbuh. Anda bisa menyisakan 2 buah apel pada setiap ranting dan buanglah buah yang berwarna kehitaman, kering, dan mengerut.

8. Percepat Pertumbuhan Buah Pada Tanaman

Jika dibiarkan tumbuh secara alami, maka pohon Apel India bisa menghasilkan buah saat umur 1-2 tahun sejak penanaman. Selanjutnya, tanaman ini akan menghasilkan buah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim.

Apabila Anda ingin mendapatkan tanaman yang tumbuh lebih cepat dari biasanya, maka Anda bisa memberikan asupan nutrisi untuk merangsang pertumbuhannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan POC BMW yang terbukti mampu merangsang pertumbuhan buah lebih cepat dari biasanya.

Bagaimana cara mengaplikasikannya?

Anda bisa menggunakan POC BMW dengan ukuran 2-3 tutup botol ditambah dengan 15 liter air lalu disemprotkan ke bagian tanaman.

Penyemprotan menggunakan POC BMW bisa dilakukan seminggu 1 kali agar tanaman bisa menghasilkan buah lebih cepat dari biasanya. Jangan lupa melakukan pemangkasan pada tanaman agar buah lebih cepat tumbuh.

9. Media Penanaman Pohon

Seperti yang telah kami jelaskan secara singkat pada pembahasan yang sebelumnya, bahwa tanaman Apel India bisa tumbuh optimal saat Anda menggunakan tanah dengan unsur hara. Komposisi tanah yang bisa Anda gunakan adalah mencampur tanah merah, sekam mentah, dan pupuk kandang dengan rasio 1 : 1 : 1. Atau Anda bisa juga menggunakan kombinasi tanah merah, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan rasio 1 : 2 : 3.

Kesimpulan

Apel India atau Putsa termasuk jenis tanaman yang tahan dengan segala kondisi cuaca dan lingkungan yang kering.  Sehingga perawatan jenis tanaman ini tidak terlalu merepotkan untuk dilakukan oleh mereka yang membudidayakan.

Teknik perawatan yang kami sampaikan di atas merupakan cara yang bisa Anda lakukan agar Apel India bisa menghasilkan buah dan bisa tumbuh dengan lebih optimal dibandingkan jenis tanaman yang tidak diperhatikan sama sekali.

Secara garis besar hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah menemukan bibit buah yang berkualitas agar tanaman menghasilkan buah yang baik, melakukan pemangkasan agar tunas baru muncul dan merangsang pertumbuhan buah, dan pemberian pupuk agar nutrisi tanaman tercukupi dengan baik.

Itulah 8+ cara atau kiat yang bisa kami berikan kepada Anda semua agar tanaman Apel India bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat kepada Anda yang membacanya.

Selamat membudidayakan!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *