Posted on

Bibit Jeruk Dan Jenis – Jenisnya

bibit jeruk

Bibit Jeruk – merupakan salahsatu jenis bibit buah yang banyak bisa kita jumpai di Indonesia, mulai jeruk lokal maupun impor. Jeruk biasanya dikenal sesuai dengan nama daerah penanamannya. Di Indonesia ada beberapa jenis, diantaranya, Jeruk Bali (Pamelo), Jeruk Pntianak, Jeruk Garut dll. Jeruk  dapat dikonsumsi dalam bentuk buah segar ataupun diolah menjadi minuman segar sperti Es Buah dan Juice Jeruk. Seperti kita ketahui jeruk merupakan sumber vitamin C yang penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Jeruk Siam awet dan daya tahannya lama, yakni 8-10 hari setelah masa panen. Usia konsumsinya pun dapat lebih panjang.

Jeruk memiliki pohon tidak terlalu tinggi antara 2-3 meter jika sering melakukan pemangkasan dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak rapat. Jeruk dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 mdpl. Keadaan iklim yang baik bagi tanaman jeruk adalah pada kisaran suhuudara 25 °C – 30 °C atau rata-rata 20 °C, curah hujan tidak lebih dari 100 mm/bulan atau 1200 mm/tahun, kelembaban udara 50 % – 85% dengan minimal 3 bulan kering. Jeruk harus ditanam di tempat terbuka atau mendapat cukup sinar matahari, dan apabila ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi tebal dan rasa jeruk menjadi pahit. Keadaan tanah yang baik untuk ditanami Bibit Jeruk adalah tanah yang gembur, memiliki kandungan bahan organik yang tinggi, memiliki aerasi dan drainase yang baik, dengan nilai kemasaman (pH) 6-7.

Jeruk Memiliki Banyak Manfaat

bibit jeruk

Selain buahnya untuk di konsumsi, ada beberapa jeruk yang buah atau daunnya dimanfaatkan orang sebagai penyedap masakan. Karena aroma yang khas yang menambah citarasa pada masakan. Aroma wangi yang keluar berasal dari sejumlah flavonoid dan beberapa terpenoid. “Daging buah” mengandung banyak asam sitrat (harafiah: “asam jeruk”) yang memberikan rasa masam yang tajam tetapi segar.

Cara menanam jeruk tidak sulit bisa dilakukan di kebun ataupun di halaman rumah sekedar untuk hobi saja. Bibit Jeruk yang bagus biasanya dari hasil okulasi, karna bisa lebih cepat untuk berbuah dibandingkan dengan Bibit Jeruk yang ditanam dari biji. Jeruk termasuk tanaman yang mudah perawatan dan cepat berbuah, cara menanam jeruk di dalam pot (tabulampot) sangat mudah, pertama-tama siapkan Bibit Jeruk yang sudah siap tanam yang berusia diatas tiga bulan setelah okulasi, pilih Bibit Jeruk yang segar, memiliki batang lurus dan banyak cabang, siapkan media tanah, pupuk kandang, sekam dicampur 1:1:1, setelah itu baru tanam Bibit Jeruk yang telah kita siapkan. Setelah ditanam siram sampai basah, sampai air keluar dari lobang-lobang bawah pot.

Bibit Jeruk Dan Jenis – Jenisnya

Banyak pilihan Bibit Jeruk yang rekomended untuk ditanam di halaman rumah anda, di kebun atau bahkan di tanam di dalam pot (tabulampot) sebagai penghias rumah anda. Diantaranya adalah, Jeruk  Chokun, Jeruk Dekopon, Jeruk Kintan, Jeruk Kip, Jeruk Lemontea, Jeruk Limo, Jeruk Nagami, Jeruk Pamelo,  Primong, Jeruk  Purut, Jeruk Santang, Jeruk Sunkist, dll.

Untuk mendapatkan bibit jeruknya silahkan klik disini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *