Bibit dan Tanaman

Budidaya Durian Montong Unggul

bibit durian monthong dari thailand

Durian montong atau kadang ditulis Durian Monthong termasuk ke dalam spesies Durio zibethinus adalah salah satu jenis durian unggul yang populer di Indonesia. Diyakini bahwa durian ini berasal dari Thailand. Jika dilihat dari ukuran dan juga rasanya, buah ini termasuk durian unggul dan paling disukai banyak orang. Budidaya Durian Montong kini mulai menjadi trend setelah terbukti bahwa tanaman ini cocok di budidayakan di indonesia.

Durian sendiri adalah buah asli dari negara-negara Asia Tenggara yang beriklim tropis. Buah ini banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Thailand. Ada sekitar 27 jenis durian di dunia dan Indonesia termasuk negara yang beruntung karena memiliki setidaknya 20 jenis durian.  Jenis durian tersebut salah satunya ialah jenis montong.

Sifat Tanaman Durian Montong / Durian Monthong

sifat dari tanaman durian monthong

Siapa yang tidak kenal dengan buah durian monthong? Buah yang dikenal sebagai King of Fruit ini sangat populer dengan harga yang cukup mahal. Walaupun ada yang tidak menyukai durian karena aromanya yang sangat pekat, namun banyak sekali penggemar durian dari seluruh dunia.

Durian monthong merupakan salah satu durian unggul bahkan di Indonesia. Rasanya diyakini lebih enak meski harganya juga lebih mahal daripada durian unggul lokal. Karakteristik buah durian monthong ialah :

  • Daging buah => Ciri khas daging buahnya berwarna kuning dan tebal namun agak kering dan kurang berminyak. Dari segi rasa, daging buahnya sangat manis dan teksturnya halus disertai aroma yang tajam.
  • Kulit buah => Warna kulit buah ini adalah hijau kekuningan dengan duri di permukaan kulitnya. Setiap biji, bobotnya sekitar 3-5 kg.
  • Batang tanaman => Pohon durian montong bisa mencapai tinggi sekitar 5-8 meter dengan tajuk pohon selebar 2 sampai 4 meter. Pada batangnya, banyak cabang yang membuat pohon ini bisa dijadikan pohon perindang. Warna batangnya sendiri adalah cokelat.
  • Bunga durian => Bunga-bunga durian monthong memiliki ciri khas warna putih kekuningan. Dalam satu kelompok, ada sekitar 2 hingga 3 bunga.
  • Buah durian => Kulit buah durian monthong berduri dan memiliki sekitar 4-5 alur. Kulit buah tebal yang berukuran 4-6 mm. Sedangkan jumlah pongge bisa sampai 5-15 dengan bentuk biji oval. Produktivitasnya varietas ini termasuk tinggi, yaitu pada pohon durian umur 7 tahun dapat menghasilkan 20-30 buah di setiap pohon.

Mengapa Durian Montong atau Durian Monthong disebut Durian Unggul?

keunggulan durian monthong

Buah durian unggul asal Thailand ini dikenal karena rasanya yang lezat. Baunya yang menyengat menjadi ciri khasnya yang justru banyak disukai penggemar buah ini. Durian monthong termasuk durian unggul yang harganya mahal.

Hal di atas karena buah ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan buah durian pada umumnya. Beberapa keunggulannya ialah :

  • Ukuran buah lebih besar dibandingkan durian lokal / durian pada umumnya
  • Memiliki daging lebih tebal dan biji atau pongge yang kecil
  • Memiliki rasa yang lebih manis

Karena popularitas durian monthong ini, maka Indonesia setiap tahun mengimpor berton-ton buah ini. Padahal sebenarnya, Indonesia sendiri adalah tempat yang ideal untuk budidaya durian berbagai varietas unggul.

Para pecinta durian maupun para petani durian, bisa menanam jenis durian monthong tersebut. Ada banyak penjual bibit durian montong di Indonesia. Semuanya menyajikan keistimewaan berupa kemudahan dalam menanam hingga dalam percepatan masa panen pertama durian.

Syarat Tumbuh Tanaman Durian Montong / Durian Monthong

Indonesia, Malaysia, Thailand dan beberapa negara lain bisa jadi tempat tumbuh ideal bagi durian unggul di atas maupun durian unggul lainnya. Hal tersebut karena iklim, curah hujan, sampai keadaan tanahnya cocok bagi pertumbuhan buah ini.

Bagi pem budidaya durian, ada baiknya mengenal dulu beberapa persyaratan tumbuh buah ini. Dengan demikian, upaya menanam pohon durian unggul tak akan sia-sia.

1. Curah hujan untuk pertumbuhan tanaman durian monthong

Tanaman dan bibit durian montong bisa tumbuh dengan baik pada curah hujan setidaknya 1500 mm. Indonesia adalah salah satu tempat yang cocok untuk budidaya buah ini. Apalagi pohon durian montong juga relatif tahan pada keadaan kering dimana 1 hingga 2 bulan masa kemarau akan menstimulasi pertumbuhan bunga durian.

2. Keadaan tanah untuk pertumbuhan tanaman durian montong yang optimal

Tanaman varietas tersebut tumbuh dengan baik pada tanah subur penuh nutrisi dengan tingkat keasaman optimal 6-6.5. Tanaman durian monthong ini bisa tumbuh lebih baik tanpa pot atau ditanam di lahan / kebun. Hal ini karena kondisi tersebut bisa membuat tanaman durian tumbuh maksimal pada bagian akar-akarnya. Dengan demikian, pohon ini bisa kuat menopang batang dan cabang-cabangnya dengan kuat dan bisa melindunginya dari perubahan cuaca yang ekstrim.

3. Perkebunan untuk budidaya durian montong

Penanaman durian untuk tujuan komersial dilakukan pada bidang tanah atau lahan. Hal ini memungkinkan durian tumbuh dengan maksimal dan memudahkan petani dalam merawatnya. Budidaya durian montong ini ditanam pada jarak tanam 10 mx 10 m hingga 12 m x 12 m, tergantung pada ukuran tanaman. Selanjutnya perlu dilakukan perawatan yang konsisten, terlebih untuk mengurangi gangguan gulma dan juga hama atau penyakit.

Perbanyakan Bibit Durian Monthong

perbanyakan bibit durian montong

Kini budidaya durian jenis montong bisa dilakukan oleh siapa saja. Penanaman dilakukan dengan bibit yang telah disiapkan sebelumnya. Selain membuat bibit sendiri, anda bisa membelinya di penjual bibit buah dan tanaman. Biasanya asal perbanyakan durian ini ialah dari perbanyakan generative dan vegegatif.

Perbanyakan secara generatif

Umumnya, budidaya durian di banyak tempat melalui penaburan biji durian. Cara ini memungkinkan tanaman tumbuh dengan baik meski untuk bisa panen pertama, anda harus menunggu cukup lama. Namun kelebihan dari penaburan benih dari biji durian ini juga membawa keuntungan. Pohon memiliki umur yang lebih lama dari metode vegetatif. Selain itu, tanaman juga lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Untuk penanaman buah ini, maka harus ditanam segera setelah membuka buah. Hal ini karena tanpa perawatan khusus, biji hanya bertahan seminggu sebelum embrio mati. Namun ada pula teknik-teknik khusus pembuatan bibit dengan biji yang lebih rumit, namun menghasilkan bibit tanaman yang bisa dibudidaya dalam tingkat hidup yang tinggi. Cara ini bisa menghasilkan buah setelah usia tanaman 4 hingga 5 tahun.

Perbanyakan secara vegetatif

Masa panen tanaman durian bisa dipercepat. Caranya ialah dengan menanam bibit durian montong dari perbanyakan vegetatif. Secara umum, teknik yang digunakan adalah okulasi dan cara mencangkok. Dengan cara ini, maka petani lebih diuntungkan.  Pasalnya, pohon dapat berbunga setelah 2-3 tahun.

Artinya, untuk tujuan komersial, maka tanaman budidaya dari perbanyakan vegetatif bisa dipilih. Buah lebih cepat dipanen dengan kualitas sama dengan induk pohon. Jumlah buah juga melimpah dengan perawatan yang konsisten dilakukan.

Hama dan Penyakit pada Budidaya Durian Monthong

hama dan penyakit durian monthong

Selayaknya tanaman buah pada umumnya, durian montong juga tak lepas dari ancaman hama dan penyakit. Beberapa jenis hama yang menyerang durian antara lain ulat bunga dan kutu durian.

Sedangkan penyakit tanaman durian yang utama adalah busuk akar dan penyakit Phytophthora palmivora serta jamur upas yang menyerang batang dan cabang pohon.

Salah satu cara menghindari hama dan penyakit ialah dengan memilih bibit durian montong yang unggul. Lakukan pula perawatan dengan menyemprotkan pestisida atau fungisida.

Jenis Tanaman Durian Montong

jenis tanaman durian monthong

Makin mudahnya memperoleh bibit durian montong membuat siapa saja makin mudah membudidayakannya. Satu hal yang perlu diketahui tentang bibit buah ini ialah jenis atau varietasnya. Di Indonesia ada dua jenis buah durian unggul montong.

  • Yang pertama ialah jenis durian yang memiliki daun bulat, disebut juga dengan durian montong ijo. Karakter buah ini ialah mudah terserang penyakit, mudah rontok dan jumlah buahnya sedikit. Bentuk buahnya juga sering tidak sempurna dengan juring kosong ketika dibuka.
  • Sedangkan jenis durian kedua ialah yang memiliki daun lebih kurus dan memanjang, warnanya hijau kecoklatan. Daun ini nampak segar dan sehat. Jenis yang kedua inilah yang direkomendasikan untuk ditanam karena akan menghasilkan buah durian lebih banyak. Selain itu, resiko penyakit pada buah juga lebih sedikit. Karakter buahnya juga disukai karena lebih kesat dan manis.

Durian monthong menjadi salah satu jenis buah primadona bagi warga Indonesia dan Asia serta dunia pada umumnya. Buah yang disebut juga dengan golden pillow ini memiliki daging buah berwarna kuning keemasan yang bentuk buahnya seperti bantal yang berdaging tebal. Jenis buah ini dikenal dari Thailand dan di ekspor ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berat durian unggul ini sekitar 2-6 kg. Ada pula buah yang bisa mencapai hingga 10 kg meskipun masih langka. Setiap buah memiliki 10-15 aril dan banyak biji yang kecil dan tipis.  Setiap lokus biasanya memiliki 3 aril kuning besar, tebal, berwarna krem, halus, dan sedikit pucat. Daging buah ini memiliki bau khas seperti durian pada umumnya.

Namun bagi buah durian monthong yang berkualitas buruk, maka ciri buah akan berbeda. Tekstur buah akan kasar, berserat, serta pematangan yang tidak seragam. Pohon ini cenderung rentan terhadap hama dan penyakit. Maka dalam budidaya durian montong, perlu memperhatikan kualitas bibit durian montong terlebih dahulu.

Manfaat dan Efek Buruk Durian Monthong Pada Manusia

manfaat dan efek durian monthong 1

Buah durian tidak hanya terkenal memiliki aroma yang sangat menarik, tetapi banyak manfaatnya yang membuat buah mendapatkan gelar “Raja Buah Tropis” atau King of Fruits. Buah ini banyak ditanam di daerah tropis, termasuk di negara Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Indonesia sendiri merupakan produsen durian dengan makin mudahnya cara budidaya tanaman tersebut.

Masa panen buah ini ialah pada Juni hingga Agustus. Pada masa tersebut, ketersediaan durian melimpah dan mudah ditemui. Masa panen tersebut juga bersamaan dengan musim buah-buahan tropis lainnya seperti mangga, manggis, dan nangka.

Durian montong sebagai durian unggul ini memiliki banyak manfaat. Terutama ialah manfaat untuk kesehatan dengan berbagai kandungan vitamin serta mineral di dalamnya. Jadi meskipun buah ini memiliki aroma yang cenderung menyengat, namun buah ini tetap saja menjadi salah satu buah yang banyak penggemarnya.

Nilai Gizi Buah pada Buah durian monthong

Berbagai manfaat durian ialah berasal dari kandungan di dalam daging buah. Buah tropis unggulan ini memiliki mineral alami yang mudah dicerna oleh tubuh. Berikut ini penjabaran secara singkat nilai gizi buah durian pada umumnya :

  • Buah durian mengandung fosfor dan kandungan besi 10 kali lebih banyak dari pisang
  • Terdapat nutrisi berupa : natrium, karbohidrat, serat, zat besi, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, karoten, kalium, thiamin, riboflavin.
  • Setiap 100 gram durian terdapat  67 gram air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 gram lemak, 2,5 gram protein, 1,4 gram serat.
  • Kandungan energinya cukup tinggi, yaitu 520 kJ.
  • Berbagai vitamin di dalamnya ialah vitamin B1, B2, dan vitamin C.

Manfaat Kesehatan Durian Monthong

Durian dengan segala kandungan di dalamnya berkontribusi bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat di dalamnya hampir sama seperti halnya buah tropis lainnya, seperti pisang, alpukat, dan nangka. Berikut ini ialah beberapa manfaat buah durian yang unggul dan banyak disukai ini :

1. Sebagai sumber energi alami

Fakta manfaat durian monthong yang pertama ialah sebagai sumber energi alami. Bagi atlet atau orang yang memiliki kegiatan fisik, maka bisa konsumsi buah ini untuk suplai energi yang cukup. Namun bagi yang tidak terlalu butuh energi hendaknya membatasi konsumsi buah ini karena justru bisa memberi efek buruk bagi kesehatan.

Hal di atas tak lepas dari kandungan di dalam buah durian unggul ini. Di dalamnya terdapat fitonutrien, air, protein, dan lemak bermanfaat. Khususnya lemak yang ada dalam durian monthong bisa dijadikan sebagai cadangan energi.

2. Sebagai sumber antioksidan yang baik

Tubuh manusia butuh antioksidan untuk memperkuat sistem imun dan untuk melawan radikal bebas. Saat mengkonsumsi durian unggul ini, secara tidak langsung kita sudah menyuplai antioksidan ke dalam tubuh. Pasalnya, buah ini mengandung serat makanan dan merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik.

Kandungan di atas mampu menangkal radikal bebas yang jadi sumber segala penyakit yang berbahaya. Selanjutnya, antioksidan ini juga bisa membantu ketahanan tubuh manusia untuk melawan berbagai infeksi.

3. Sebagai sumber vitamin B

Durian montong yang dagingnya tebal ini tak hanya kaya vitamin C. Di dalamnya juga terdapat vitamin B. Selain itu ada pula kandungan niasin, riboflavin, B5, B6, dan tiamin.

Kandungan tersebut termasuk vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh. Karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri vitamin, maka penting untuk menyuplainya dengan konsumsi bahan makanan sebagai sumber vitamin eksternal.

4. Sebagai sumber mineral bagi tubuh

Memakan buah durian bukan hanya memberi kepuasan karena rasanya yang lezat. Memakan buah ini juga mampu memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh. Kandungan mineral didalamnya beragam, mulai mangan, tembaga, besi, hingga magnesium.

Buah ini juga mengandung kalium dan asam amino esensial triptofan. Bagi orang yang tidak memiliki riwayat penyakit ginjal, maka konsumsi buah durian bisa membantu penuhi kebutuhan kalium di dalam tubuh. Selanjutnya, kandungan kalium di atas akan mengalami proses kimia hingga menjadi serotonin dan dapat dipakai tubuh untuk membantu dalam pengobatan depresi.

5. Berdampak positif pada pencernaan

Ada lebih banyak manfaat durian varietas unggul terhadap kesehatan. Buah ini bisa pula memberi dampak positif pada pencernaan asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang benar dan tidak berlebihan. Manfaat ini tak lepas karena buah ini mengandung banyak serat yang memperlancar pencernaan.

Bahkan kandungan di dalamnya juga berkontribusi dalam mengatasi insomnia, disfungsi seksual, kanker, dan menjaga kesehatan tulang hingga anemia. Jadi, konsumsi buah ini memberikan dampak positif dan menjadikan tubuh lebih sehat bahkan tanpa supelemen kimia.

6. Sebagai solusi penderita anemia

Manfaat ini diperoleh jika anda tidak memiliki riwayat penyakit yang melarang konsumi durian. Di dalam buah durian mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. Karena keduanyalah, maka durian dipercaya bisa mengatasi anemia.

Cara alami ini cukup aman bagi tubuh tanpa perlu suplai obat kimia untuk mengatasi penyakit tersebut. Tentunya lebih aman asalkan tidak memiliki riwayat penyakit lain seperti asam urat maupun ginjal.

7. Bermanfaat bagi kulit

Di dalam buah unggul asal Thailand ini mengandung vitamin C. Selain memperkuat sistem imun dan melawan radikal bebas, vitamin ini juga mampu mengatasi masalah penuaan dini. Tentunya, vitamin ini juga sangat bagus untuk meremajakn kulit. Baik orang dewasa atau anak-anak aman mengkonsumis buah ini dalam porsi yang terbatas.

8. Baik untuk persendian

Durian jenis montong berdaging tebal dengan aroma yang khas. Di dalamnya juga mengandung kalsium, vitamin B dan potassium seperti yang telah disebutkan di atas. Karena itu, durian sangat bagus untuk kesehatan sendi dan tulang.

9. Membantu menstabilkan gula darah

Kadar gula darah yang stabil adalah salah satu kunci hidup sehat. Untuk itu, konsumsi buah ini bisa membantu mewujudkan gaya hidup yang sehat. Hal ini dikarenakan, daging buah mengandung mangan yang menstabilkan gula darah dan menjaganya tetap satbil. Namun bagi penderita diabetes, perlu menghindari atau membatasi konsumsi buah ini karena di dalamnya juga mengandung gula.

10. Membantu mengatasi masalah sembelit

Serat memang bagus bagi tubuh. Kandungan ini sangat kaya pada durian jenis montong yang daging buahnya tebal. Serat ini kemudian bisa merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung.

Konsumsi buah dalam jumlah tepat bisa menyuplai kebutuhan serat di dalam tubuh untuk mengatasi sembelit dan penyumbatan di usus, masalah seperti kembung, kram, dan gangguan pencernaan lainnya.

11. Membantu menangkal radikal bebas

Dalam pengobatan herbal tradisional, durian dipakai memerangi penuaan. Antioksidan dan vitamin di dalamnya ampuh untuk melawan radikal bebas yang jadi sumber masalah kulit. Selanjutnya akan mampu dalam menunda munculnya gejala penuaan seperti keriput, bintik-bintik hitam, degenerasi, kerontokan rambut, dan radang sendi.

12. Mengatasi masalah insomnia

Di dalam buah durian montong terdapat triptofan. Kandungan inilah yang membawa manfaat untuk mengurangi gangguan tidur. Apa itu tryptophan? Keberadaan bahan kimia organik ini yang berkaitan erat dengan rasa lelap dan ingin tidur. Karenanya bagi yang menderita insomnia, bisa mencoba konsumsi buah ini untuk mengembalikan pola tidur yang sehat.

13. Sebagai anti depresan alami

Kadar serotonin yang rendah dapat memicu depresi pada manusia. Durian memiliki Vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin. Karenanya, konsumsi buah durian montong maupun jenis lainnya direkomendasikan guna meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh untuk mengatasi depresi.

Efek Buruk Tanaman Durian Montong

Durian unggul asal Thailand membawa manfaat bagi manusia. Daging buahnya bisa dikonsumsi untuk asupan nutrisi penting bagi tubuh. Kulit buah dan daunnya juga membawa manfaat tersendiri. Belum lagi kayu dari pohonnya yang bisa digunakan dalam kehidupan manusia. Pohon ini juga jadi sumber oksigen dan juga jadi perindang.

Akan tetapi, durian juga bisa membawa efek buruk bagi manusia. Hal ini bisa didapat dari konsumsi buah durian yang berlebihan. Efek buruk juga rawan dijumpai para penderita berbagai macam penyakit yang nekad mengkonsumsi buah durian. Terutama durian jenis montong, daging buahnya yang sangat tebal memiliki lebih banyak serat dan juga kandungan vitamin serta mineral di dalamnya.

Buah lezat dengan aroma menyengat yang menyerang indera penciuman manusia ini memiliki banyak kandungan di dalamnya. Yang semua itu bukan hanya memberi manfaat, namun juga efek samping pada seseorang dengan kondisi tertentu.

Bagi yang gemar mengkonsumsi buah durian, harus memperhatikan beberapa efek buruk berikut ini. Tujuannya ialah agar tetap bisa menikmati kelezatan durian tanpa menemukan efek samping bagi tubuh.

1. Konsumsi berlebihan berakibat buruk pada perut

Konsumsi buah durian secara teratur dalam porsi terbatas bisa memberikan manfaat pada sistem pencernaan. Hal ini karena kandungan serat di dalamnya. Namun sebaliknya, jika konsumsi daging buah durian jenis montong ini berlebihan, maka akan membuat perut tidak nyaman.

Durian montong memiliki daging buah yang sangat tebal. Jadi, satu biji saja sudah mengandung banyak serat. Karenanya, batasi konsumsi buah ini, meskipun rasanya lezat dan membuat anda adiktif.

Perlu pula diketahui bahwa asupan serat berlebihan berdampak buruk bagi perut kita dan dapat menimbulkan komplikasi. Contohnya ialah proses penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gangguan pencernaan, hingga kemungkinan adanya penyumbatan usus. Selain itu, serat makanan berlebih juga bisa mengakibatkan diare.

2. Terlalu banyak antioksidan bisa berakibat buruk bagi tubuh

Durian merupakan sumber antioksidan yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa antioksidan lainnya seperti fitonutrien, polifenol, dan flavonoid, dll. Antioksidan bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh kita dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel dan jaringan tubuh manusia. Selanjutnya akan bisa mengurangi risiko penyakit kanker.

Kandungan ini sekaligus memberi manfaat untuk menghilangkan racun dan kotoran. Maka, kehadiran zat tersebut sangat diperlukan tubuh. Akan tetapi bagaimana jadinya, jika antioksidan ini terlalu banyak?

Meskipun antioksidan baik untuk tubuh manusia namun disarankan untuk konsumsi buah durian ini dalam porsi yang aman. Tingkat antioksidan yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sistem tubuh.

Ketika ada terlalu banyak antioksidan dalam tubuh, antioksidan ini bukan hanya akan bereaksi pada sel-sel jahat. Antioksidan kemudian mulai bereaksi dengan sel-sel sehat di sekitar mereka dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada tubuh. Itu;ah bahaya terlalu banyak antioksidan akibat konsumsi berlebih buah durian.

3. Bisa meningkatkan risiko hipoglikemia

Makan buah durian secara teratur dalam porsi terbatas bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Bagi mereka yang beresiko terkena diabetes pun cukup aman konsumsi buah ini dalam porsi yang dianjurkan oleh dokter.

Keuntungan dari konsumsi buah ini ialah karena indeks glikemiknya cukup rendah. Artinya, durian melepaskan gula ke dalam aliran darah pada tingkat yang lambat dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Hal ini bisa membantu dalam mengendalikan diabetes.

Meskipun demikian, namun konsumsi durian jenis montong ini harus pada porsi yang dibatasi. Artinya tidak boleh makan berlebihan. Hal tersebut disebabkan karena makan durian berlebihan dapat menurunkan gula darah tubuh ke tingkat yang sangat rendah. Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan risiko hipoglikemia.

Hipoglikemia sendiri merupakan kondisi di mana gula darah turun di bawah tingkat normal. Hal ini ditandai dengan adanya keringat berlebih, rasa lapar berlebihan, kelelahan, adanya sakit kepala ringan, jantung berdebar tidak normal, penglihatan menjadi kabur, dan adanya kegelisahan berlebih.

Bagi penderita diabetes atau yang beresiko terkena diabetes, disarankan untuk makan durian dalam jumlah sedang. Atau untuk menjamin keamanan, makanlah durian setelah berkonsultasi dengan dokter.

Penting pula untuk dicatat bahwa makan buah durian terlalu banyak dapat mengganggu pengobatan diabetes. Bahkan yang kondisi ini justru bisa memperburuk kondisi pasien.

4. Beresiko menyebabkan reaksi alergi

Buah durian merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Di dalamnya ada vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien, polifenol, dan serat makanan dll. Semua itu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kecantikan mulai dari kulit hingga rambut.

Namun, tidak semua orang bisa menikmati manfaat tersebut. Pasalnya, mengkonsumsi durian dapat pula mengembangkan reaksi alergi pada beberapa orang yang membuat mereka harus menghindari buah durian.

Beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi berupa :  timbul gatal-gatal, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, diare, munculnya ruam, kulit kemerahan, dan muntah.

Cara Aman Mengkonsumsi Buah Durian Unggul Asal Thailand

Karena rasa durian yang enak dan cenderung aditif, maka banyak yang sulit berhenti makan buah durian. Apalagi saat musim panen durian datang, durian jadi camilan yang wajib bagi banyak orang. Namun meski rasanya enak dan kaya manfaat, konsumsi durian justru bisa berakibat buruk jika tak tahu cara konsumsinya yang baik dan bijaksana.

Inilah cara yang tepat mengkonsumsi buah durian. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan manfaat yang positif dan menghindari efek buruknya.

  • Batasi konsumsi buah durian => Buah durian adalah buah yang kaya manfaat. Namun perlu pembatasan konsumsi buah ini. Salah satu alasannya ialah karena kalori dalam durian jenis montong yang tinggi. Jumlah aman untuk dikonsumsi adalah 100 gram daging durian atau sekitar dua potong durian bagi mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan.
  • Tidak makan durian bagi pemilik penyakit ginjal => Bagi penderita penyakit tertentu termasuk ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini. Di dalam buah durian mengandung kalium tinggi. Hal ini akan membahayakan nyawa jika mengkonsumsinya. Lebih baik konsultasi kepada dokter jika benar-benar ingin menikmati rasa durian jenis montong.
  • Jangan dikonsumsi bersamaan dengan alkohol => Minuman bersoda atau minuman beralkohol tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan durian. Hal ini akan memicu tubuh untuk membentuk zat sulfur atau belerang. Adanya belerang di dalam tubuh bisa menjadi racun dan mengancam nyawa.
  • Lihat berat durian sebelum memakannya => Khususnya durian montong, dagingnya cenderung tebal dan ukuran buahnya besar. Satu potong saja bisa memiliki berat antara 200 dan 300 gram. Jadi, kita bisa hitung sendiri kalori yang ada di dalamnya. Cara pintar untuk mengkonsumsinya ialah dengan menghitung kebutuhan kalori di dalam tubuh. Jangan sampai tubuh menyimpan lebih banyak kalori. Karena akan memicu naik berat badan dan mengganggu kesehatan.
  • Lihat riwayat penyakit => Orang sehat hanya bisa mengkonsumsi buah durian dalam jumlah terbatas. Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Konsultasi dengan dokter adalah saran yang bijaksana. Khususnya bagi yang menderita gastritis atau radang lambung. Sebaiknya jangan konsumsi durian jenis montong dalam jumlah yang besar. Karena di dalam perut, buah ini akan mengalami fermentasi dan menghasilkan alkohol dalam jumlah yang tinggi.

Cara Mengolah Daging Buah Durian Monthong untuk Konsumsi

makanan olahan durian monthong

Ada banyak varietas buah durian. Salah satu yang termasuk varietas unggul adalah durian montong ini. Dengan daging buah yang tebal, ukuran yang besar, maka buah ini bisa dijadikan berbagai jenis makanan olahan. Dengan demikian, budidaya durian untuk tujuan komersial bisa menguntungkan.

Buah yang sangat populer di dunia karena baunya ini bisa digunakan ke dalam berbagai industri, termasuk industri makanan. Jadi, selain dimakan dalam keadaan segar, buah ini juga bisa diolah. Berikut ini ialah kegunaan durian montong maupun durian pada umumnya yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi :

  • Daging buah durian digunakan untuk membumbui banyak hidangan
  • Rasa manis buah ini bisa dipakai sebagai  bahan makanan penutup, es krim, kue, permen dll
  • Durian mentah juga bisa dimasak dan dimakan sebagai sayuran, meskipun bagi orang Indonesia belum banyak yang mengetahuinya
  • Tunas dan daun muda juga dimasak sebagai sayuran
  • Daging buah bisa dijadikan saus
  • Untuk daging buah durian kualitas rendah bisa difermentasi sebagai bahan makanan

Selain daging buahnya, durian juga memiliki manfaat dan kegunaan lain. Seperti kulit buah yang kering bisa digunakan sebagai bahan bakar. Sedangkan kayu dari pohonnya yang kuat dan keras bisa jadi bahan konstruksi yang kokoh.

Cara Memilih Buah Durian Montong

cara memilih durian monthong

Buah durian unggul di atas sukses mencuri perhatian banyak orang. Ukuran buah sangat besar, bobotnya berat, dan juga dagingnya sangat tebal. Selain itu, buah ini juga memiliki rasa manis dan aroma yang disukai penggemarnya.

Karena hal di atasnya, buah ini makin populer dan menjadi tanaman budidaya di banyak negara. Termasuk juga di Indonesia dimana bibit durian montong kini makin mudah didapatkan. Akan tetapi, bagi yang ingin membeli dan menikmati kelezatan buah ini, perlu memperhatikan cara memilihnya.

Tepat memilih buah durian jenis montong akan membantu menikmati rasa manis buah ini secara maksimal. Karena tak semua durian yang dijual memiliki kualitas yang sempurna. Berikut ini tips untuk mendapatkan buah durian :

  • Cium aroma durian sebelum membeli. Jika durian tidak berbau sama sekali, kemungkinan besar duriannya belum matang. Sebaliknya, jika baunya sangat kuat, kemungkinan buah tersebut terlalu matang.
  • Pilih buah durian lokal berwarna oranye atau kuning yang lebih terang karena umumnya, rasanya lebih manis daripada daging buah berwarna kuning muda atau putih.
  • Pilih durian yang matang dipohon dan matang sempurna. Cirinya ialah bisa dilihat dari gagang buah durian. Ketika buah jatuh dari pohon / matang sempurna, maka gagangnya akan mulai mengering.
  • Jangan beli durian jenis montong yang berlubang dikulitnya karena bisa jadi pertanda bahwa buat tersebut diserang hama yang telah bertelur di dalam buah. Telur inilah yang kemudian bisa berubah menjadi larva.

Cara Memilih Bibit Durian Montong Unggul

memilih bibit durian monthong unggul

Buah durian varietas tersebut diyakini berasal dari Thailand. Akan tetapi, buah ini bisa pula dibudidayakan di Indonesia. Dengan cara perbanyakan vegetative, banyak bibit unggul yang bisa ditemukan. Misalnya bibit hasil cangkok yang dilakukan pada cabang pohon.

Klik Disini Untuk Mendapatkan Bibit Durian Monthong Unggul Terbaik.

Dalam pembelian bibit durian ini, maka perlu memperhatikan beberapa tips dan triknya. Hal ini memungkinkan kita memperoleh bibit terbaik untuk hasil panen durian yang melimpah. Berikut ini ciri dan spesifikasi bibit durian unggul dan terbaik :

  • Umur bibit setidaknya sudah berusia 6 bulan atau hingga 1 tahun
  • Ketinggian bibit sekitar 1-1,5 m.
  • Bibit bebas hama dan penyakit
  • Dapatkan dari penjual yang terpercaya

Itulah  cara mendapatkan bibit durian unggul untuk varietas durian terbaik. Terlebih untuk tujuan budidaya dan untuk mendapatkan manfaat komersialnya, maka perlu ditanam dari bibit durian unggul.

Cara Budidaya Tanaman Durian Montong

cara budidaya durian montong, durian unggul asal thailand

Kondisi tanah dan juga iklim di Indonesia sanagt cocok untuk budidaya durian, termasuk bibit durian montong. Mulai saat ini, penggemar durian bukan hanya bisa membeli buah berduri tersebut. Sekarang anda bisa menanam sendiri durian monthong di halaman rumah atau di kebun.

Hal ini membuat siapa saja bisa makan buah yang matang pohon yang ditanam sendiri. Melalui penanaman bibit unggul metode vegetatif, anda bisa panen buah durian dalam waktu lebih singkat. Untuk tujuan komersial pun, budidaya ini juga menguntungkan.

Bagi yang mau menanam buah durian unggul, pelajari bagaimana cara budidayanya yang benar. Berikut ini ada cara menanam durian dengan mudah dan sederhana :

1. Lakukan pemilihan bibit yang benar

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin menanam buah durian adalah pemilihan bibit. Hal ini tak boleh dilewatkan karena pemilihan bibit durian montong akan mempengaruhi ketahanan pohon terhadap penyakit, kualitas buah, hingga percepatan panen.

Pilih jenis bibit dari varietas unggul yang bagus dan layak tanam.  Bibit harus terlihat bersih dan tidak rusak. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penjual bibit untuk memastikan kualitas bibit yajng dibeli memang yang terbaik.

Selain cara vegetative, bibit durian bisa didapat juga dari pembibitan generative. Cara ini memanfaatkan biji buah durian berkualitas dan tidak cacat. Untuk mengetahui biji tersebut layak tanam atau tidak, maka taruhlah di dalam air. Calon benih yang baik ketika direndam harus benar-benar tenggelam. Jika bibit tersebut mengambang, maka kualitasnya jelek dan tidak layak tanam.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah pemilihan lahan. Pohon durian bisa ditanam di dalam pot. Namun perkembangannya akan lebih bagus dan optimal jika ditanam di lahan atau kebun. Alasannya ialah agar akar bisa tumbuh optimal dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, maka akan ada cukup nutrisi untuk produksi buah dan bunga pada pohon.

2. Penananan Bibit Durian Montong

Ada langkah-langkah penting dalam penanaman bibit yang telah dipilih. Pertama ialah anda harus menggemburkan lahan. Lalu, gunakan cangkul untuk membuat lubang tanam. Kemudian, beri pupuk kandang pada tanah tersebut agar makin subur.

Penggunaan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos di atas akan menyebabkan perubahan tekstur dan nutrisi pada tanah. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kelembaban tanah. Jangan sampai tanah untuk penanaman bibit terlalu kering. Lakukan penyiraman agar tanah menjadi lembab.

Biarkan tanah terkena angin selama dua minggu sebelum bibit dimasukkan ke lubang tanam. Selama menunggu, siram secara teratur 2 kali sehari untuk menyuburkan tanah.

Jika media tanam / tanah sudah siap, maka robek dengan hati-hati polybag untuk menanam bibit tersebut. Pastikan akar tidak rusak. Lalu masukkan bibit beserta tanah tempat akar tumbuh dengan hati-hati. Dan pastikan tanaman tegak untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman ini.

Yang tak kalah penting ialah anda harus pastikan bahwa tidak ada gulma atau rumput liar di area penanaman.  Gulma seperti rumput dapat mengganggu proses pertumbuhan dan penyerapan nutrisi tanaman durian jenis montong yang dibudidaya.

3. Perawatan Tanaman Durian Montong

Pada Budidaya durian montong, bibit durian yang telah ditanam butuh perawatan. Tidak perlu rumit, perawatan tanaman ini sangat sederhana, hampir sama dengan perawatan tanaman buah lain. Beberapa cara perawatan pada budidaya durian montong yang benar ialah :

  • Penyiraman rutin => Kelembaban tanah sangat penting untuk proses tumbuh dan kembang tanaman durian. Lakukan penyiraman sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berbuah dan siap panen. Penyiraman paling baik dilakukan di pagi hari.
  • Pemangkasan => Langkah pemangkasan dilakukan pada pucuk air atau cabang yang mati karena terserang hama dan penyakit.
  • Pemupukan => Langkah ini dilakukan untuk menyuplai nutrisi bagi tumbuh kembang tanaman durian monthong. Bukan hanya awal penanaman bibit durian montong, namun pemupukan dilakukan saat pohon ini mulai berbunga dan berbuah. Pupuk kandang diberikan setahun sekali pada awal musim kemarau atau pada akhir musim hujan. Berikan pupuk lain yang bisa menutrisi tanaman lebih baik lagi jika perlu.
  • Penyerbukan => Ternyata, tidak semua bunga yang mekar akan berhasil menjadi buah durian. Hal ini disebabkan, bunga durian mekar pada sore hingga malam hari. Pada saat itulah, tidak banyak serangga yang membantu penyerbukan. Maka, untuk budidaya durian montong, petani perlu melakukan penyerbukan buatan.

4. Pengendalian Hama dan Penyakit pada Budidaya Durian Montong

Tak berbeda dengan tanaman buah lain, pada budidaya durian montong juga ada resiko terkena hama dan penyakit. Berikut ini adalah beberapa ancaman bagi tanaman durian monthong ketika budidaya durian montong :

  • Batocera sp., Xyleutes sp. => Hama serangga ini menyerang batang dan cabang dengan membuat lubang. Tanaman yang terserang hama ini bisa layu, daun rontok, dan membuat tanaman mati. Pengendaliannya ialah dengan memotong cabang yang diserang.
  •  Tirathaha sp., Dacus dorsalis => Hama ini membuat buah durian membusuk, dan akhirnya rontok. Pestisida bisa digunakan untuk pengendalian hama ini.
  • Pseudococus sp. => Hama kutu putih menyerang dengan mengisap cairan dari tanaman. Hal inilah yang membuat daunnya menjadi keriting hingga bunga dan buah jatuh.
  • Ulat daun (Papilia sp., Setora sp., Lymatria sp.) => Tiga jenis ulat daun tersebut menyerang tanaman dengan memakan daun. Akibatnya, daun bisa berlubang dan rusak.
  • Phytophthora palmivora => Gejala tanaman yang terkena ancaman ini adalah adanya luka pada kulit batang. Hal ini bisa membuat batang busuk, daunnya akan layu dan mati. Kendalikan ancaman ini dengan meningkatkan sanitasi kebun, menghilangkan gulma, dan melakukan pemangkasan.
  • Penyakit Colletotrichum sp. => Gejala dari serangan penyakit ini ditandai dengan adanya bercak dan lubang pada daun. Untuk pengendalian, maka daun yang terkena harus dipotong.

Untuk mengurangi resiko serangan hama dan penyakit tanaman durian montong, maka penting untuk memilih bibit yang unggul. Pasalnya, bibit durian montong terbaik akan lebih tahan dari serangan hama serta penyakit, panen pertama lebih cepat, dan jumlah buah lebih berlimpah dengan ukuran lebih besar.

Trend Budidaya Durian Montong di Indonesia

trend budidaya durian monthong / durian monthong di indonesia

Sejak munculnya durian Bangkok pada 1980-an dan dengan munculnya durian unggul lokal, maka pertanian durian Indonesia makin berkembang. Begitu pula dengan durian montong. Kini bukan hanya bisa diimpor dari Thailand. Namun sudah ada bibit durian montong yang bisa dibeli dan dibudidayakan sendiri.

Indonesia bisa belajar dari Thailand. Negeri Gajah Putih tersebut dikenal sebagai penghasil buah-buahan tropis terkemuka di dunia. Salah satu jenis buah yang sukses menyedot perhatian dunia ialah varietas durian mon thong atau kita menyebutnya dengan durian montong atau durian monthong.

Sudah lama sejak durian ini diperkenalkan ke Indonesia. Impor durian monthong bisa mencapai berton-ton tiap tahunnya karena sangat populer. Kini, pembudidayaan durian monthong sudah disebarluaskan kepada masyarakat Indonesia untuk dikembangkan.

tag : Budidaya Durian Montong

Budidaya Durian Montong, Budidaya Durian Montong thailand, Budidaya Durian Unggul, Cara Budidaya Durian Montong, Peluang Usaha Budidaya Durian Montong, prospek Budidaya Durian Montong, Prospek budidaya durian montong di Indonesia, Artikel Budidaya Durian Montong.

Teknik budidaya durian montong, Budidaya durian montong yang benar, Budidaya durian montong Jawa Barat, Budidaya Durian Montong Jawa Tengah, Budidaya durian montong dan seluk beluknya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *