Posted on

Cara Mudah Menanam Bibit Durian

Bibit Durian Durian tergolong tanaman yang lama berbuah. Namun ada beberapa jenis yang cepat berbuah, diantaranya adalah durian montong, durian Musangking, Bawor, Matahari, Cane, dan D24.  Bibit durian montong, bibit durian bawor dan bibit durian musangking saat ini sudah mulai banyak di pasaran. Bibit Durian Berasal dari Asia Tenggara, Tanaman ini sering dijuluki sebagai “King Of Fruit”. Tanaman ini memeiliki bentuk buah bulat dan lnjong dan memiliki kulit berduri. Buah durian berukuran besar dan dapat dipanen setelah 4-5 bulan setelah bunga mekar. Tinggi tanaman durian yang ditanam dilahan dapat menncapai hingga 30 m jika pohon berasal dari biji. Pohon besar ini memiliki tajuk tanaman yang rindang dan renggang. Pertumbuhan cabang pohon durian cenderung keatas (vertikal), tetapi cabang utama dibagian bawah cenderung mendatar (horizontal). Tanaman ini membutuhkan ruang tumbuh yang cukup besar karena pertumbuhan tajuknya cenderung melebar.

Bibit Durian yang ditanam di daerah dengan ketinggian kurang dari 800 m dpl dan suhu 2-30 derajat Celcius akan beproduksi optimal. Tanaman ini membutuhkan 1-3 bulan kering (kemarau) untuk merangsang pembentukan bunga. Selain itu, durian membutuhkan kelembapan 75-80% dengan intensitas penyinaran matahari sekitar 60-80%.

Bibit Durian

Cara Perbanyakan Bibit Durian

Perbayakan bibit durian paling banyak dengan okulasi. Tanaman dari biji akan berbunga pada umur 8-15 tahun, sedangkan dari bibit okulasi berbunga pada umur 5-7 tahun. Penggunaan bibit okulasi lebih terjamin mutunya sesuai induk dam seragam, karne bersifat klonal (identik sama dengan induknya).

Cara Menanam Bibit Durian

  1. Siapkan lahan dengan lubang 40x40x40 dengan jarak ideal 12×12 meter atau bisa juga 10×10 meter agar tajuk tanaman tidak saling beradu apabila tanaman suda besar. Lalu lubang diberi furadan dan pupuk kandang yang sudah kering sekitar 50-70% dari volume lubang, lalu kasih tanah dengan ketinggian sekitar 5 cm.
  2. Lepas bibit yang akan ditanam dari polybag dengan hati-hati. Caranya, sobek atau gunting polybag. Masukan bibit tanaman ke dalam Lubang dan pastikan posisinya berada di tengah2 lubang dan berdiri tegak, kasih ajir atau bambu untuk menopang batang agar tetap lurus. Setelah itu padatkan media tanam di sekitar pangkal batang dan siram bibit hinggal media basah merata.
  3. Kasih peneduh atau paranet terlebih dahulu agar bibit durian tidak terkena sinar matahari langsung. Jika sudah mulai tumbuh tunassilahkan peneduh atau paranet dibuka agar pohon durian terkena sinar matahari langsung.

Agar Durian Rajin Berbuah

Agar tanaman durian tumbuh optimal dan menghasilkan buah; perawatan seperti penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pemangkasan harus dilakukan dengan instensif dan berkala.

  1. Penyiraman

Tanaman durian memiliki perakaran yang panjang, sehingga mampu menjangkau ke daerah sekeliling tanaman. Penyiraman tanaman yang masih kecil cukup dilakukan sehari sekali. Adapun pada saat tanaman sudah dewasa, tidak perlu melakukan penyiraman karena tanaman bisa mencari makanan sendiri dari tanah.

  1. Penyiangan

Tujuan dari penyiangan adalahmencegah berebutnya nutrisi antara tanaman durian dengan tanaman pengganggu atau rumput liar yang berada di sekitar tanaman durian. Penyiangan perlu dilakukan ketika tanaman pengganggu atau rumput liar telah tumbuh di sekitar tanaman. Caranya dengan mencabutnya secara manual.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman optimal serta memudahkandalam pemeliharaan. Pembentukan tajuk mulai diatur sejak tanaman berumur 1 tahun dengan memelihara satu batang utama. Batang utama dapat dipelihara sampai setinggi 70-100 cm. Selama proses pertumbuhan vegetatif, singkirkan tunas-tunas liar di sekitar dahan. Batang/cabang besar yang telah dipangkas diolesi dengan vaselin/cat minyak untuk mencegah infeksi pada bekas potongan. Pemangkasan batang pokok pada durian jarang dilakukan, kecuali untuk peremajaan. Pemangkasan Harus dilakukan pada cabang/ranting yang tumbuh lemah, kecil sekali, sakit dan terkena hama penggerek.

  1. Pemupukan

Jenis pupuk yang digunakan untuk memupuk durian adalah pupuk kandang, kompos, Pupuk daun dan pupuk yang lainnya yang dibutuhkan. Pemupukan yang tepat dapat membuat tanaman tumbuh subur. Adapun waktu pemupukan, jenis pupuk yang digunakan, dan dosisnya sebagai berikut :

  1. Umur 3 bulan : pemupukan NPK (15:15:15) Sebanyak 200 gram/pohon
  2. 4 bulan sekali pemupukan NPK (15:15:15) Sebanyak 200 gram/pohon sampai berumur 3 tahun
  3. 1 tahun sekali : diberi pupuk organik kompos/pupuk kandang sebanyak 60 kg/pohon pada musim kemarau
  4. Umur 3 tahun : Pupuk NPK sebesar 20-25% dari dosis sebelumnya.
  5. Menjelang berbunga : Pupuk NPK 10:30:10 sebanyak 200 gram/pohon. Pupuk diberikan melingkar pada batang.
Jenis – Jenis Bibit Durian Unggul

Varietas durian banyak sekali, impor maupun lokal, diantaranya durian Musangking, durian Bawor, durian Montong, durian Matahari, durian Cane, durian D24, durian Kuning Mas, durian Pelangi, durian Merah, durian Lay, durian Sitokong dll. Mungkin anda sudah tidak asing dengan bibit durian montong, dan cukup banyak juga yang menjual bibit durian montong . Namun sebaiknya anda coba juga jenis durian lain selain bibit durian montong yang rasa dan keunggulannya tak kalah dengan durian montong, diantaranya adalah bibit durian bawor dan bibit durian musang king.

Durian termasuk tanaman yang lama berbuah apabila ditanam dari biji, tetapi untuk saat ini durian bisa lebih cepat berbuah dengan perbanyakan hasil okulasi. Klik Disini untuk mendapatkakan bibitnya.

Baca juga informasi lengkap tentang Bibit Durian Montong disini

Sebelum menanam bibit durian sebaiknya yang harus diperhatikan antara lain; memilihi bibitdurian yang berbatang kokoh, lurus berwarna cokelat tua, dan memiliki satu cabang mata tunas tempel, perakarannya kuat. Jika hasi dari penyambungan , pilih yang umur 6 bulan dengan panjang tunas sambungan minimal 40 cm dan memiliki minimal daun rimbun.

jenis - jenis durian

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *