Posted on

15+ Manfaat Ajaib Dari Buah, Biji, dan Kulit Cempedak yang Tidak Anda Sadari

Buah Cempedak – merupakan jenis tanaman yang berasal dari Semenanjung Malaya dan kemudian menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Masing-masing daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk menamakan buah ini ada yang menyebutnya Nangka Beurit (Sunda), Nongko Cino (Jawa), Tiwadak (Banjar), dan Cubadak Hutan (Minangkabau).

Masyarakat biasanya mengonsumsi buah Cempedak dalam keadaan segar atau bisa juga diolah terlebih dahulu. Olahan yang seringkali ditemui adalah mencampur daging buah cempedak dengan tepung untuk kemudian dijadikan Cempedak goreng. Buah ini dijadikan camilan saat santai atau saat sedang berkumpul dengan teman dan keluarga.

Selain buahnya, biji dan kulit buah Cempedak juga bisa dikonsumsi. Olahan yang banyak dibuat oleh masyarakat adalah merebus biji buah Cempedak untuk kemudian dijadikan camilan dengan rasa yang gurih.

Bahkan di Kalimantan, kulit buah ini dijadikan olahan makanan dengan nama Mandai. Cara membuat Mandai adalah mengupas kulit buah sampai kulit buah terlihat putih, selanjutnya rendam ke dalam air garam selama beberapa jam agar kulitnya lunak dan tidak keras. Lalu kulit Cempedak langsung digoreng sampai kecoklatan sebelum dikonsumsi.

Melihat banyaknya bagianbuah ini yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, maka pada tulisan kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang manfaat dari buah, biji, dan kulit Cempedak.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut!

6 Manfaat Buah Cempedak

1. Asupan Air Bagi Tubuh

Buah ini termasuk buah yang hanya bisa tumbuh di wilayah tropis, sehingga tanaman ini sangat membutuhkan banyak asupan air agar bisa tumbuh optimal. Banyaknya asupan air yang digunakan untuk tumbuh berpengaruh terhadap kandungan air yang ada di dalam buah Cempedak. Saat Anda mengonsumsi buah Cempedak, maka asupan air di dalamnya bisa memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah ini memiliki kandungan Bioflavonoid yang terbukti dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Bioflavonoid bekerja dengan cara mengusir radikal bebas yang menyerang sel-sel di dalam tubuh Anda.

3. Mata yang Lebih Terjaga Kesehatannya

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjaga mata tetap sehat dan tidak mudah rusak. Manfaat dari Vitamin A ini bisa Anda dapatkan dengan cara rutin mengonsumsi buah Cempedak.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh akan memicu berbagai penyakit berbahaya di masa depan seperti masalah Jantung. Penyakit berbahaya ini bisa Anda cegah dengan mengonsumsi buah ini yang kaya akan Vitamin C. Vitamin C yang ada didalam Buah Cempedak sangat bermanfaat untuk mengusir kolesterol jahat dan membantu kolesterol baik untuk mengalir didalam tubuh.

5. Sistem Pencernaan yang Lancar

Masih berhubungan dengan kaandungan Vitamin C yang telah kami sampaikan di atas. Buah Cempedak yang kaya akan Vitamin C bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar, sehingga bisa mengurangi Anda terkena sembelit atau sulit buang air besar.

6. Sumber Makanan yang Lezat

Selain bisa langsung dikonsumsi, buah ini juga bisa diolah menjadi gorengan dengan tambahan tepung. Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk mengonsumi buah Cempedak saat masih segar dan tidak perlu digoreng. Hal ini dikarenakan buah Cempedak goreng memiliki kadar minyak yang berbahaya bagi tubuh, jika dikonsumsi terlalu sering.

Mengenal 7 Manfaat Luar Biasa Dari Biji Buah Cempedak

cempedak

Hal yang menarik dari biji buah ini adalah biji buahnya tidak sama dengan biji buah lain yang sebagian besar dibuang dan tidak dikonsumsi. Biji buah Cempedak berwarna putih dan sangat mirip kacang dan bisa dikonsumsi sebagai makanan yang enak. Selain itu ada juga sebagia masyarakat yang memanfaatkan biji buah Campedak sebagai bahan tepung dengan terlebih dahulu mengupas bagian kulit luarnya.

Karbohidrat dan protein merupakan kandungan yang terdapat di dalam biji buah ini. Sehingga biji buah Cempedak sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menambah berat badan yang lebih ideal.

Cara mengolah biji buah ini pun tidak terlalu sulit dilakukan, sebab Anda hanya perlu merebus biji buah sampai lembut sebelum mengonsumsinya.

Pada pembahasan yang selanjutnya, kami akan memaparkan tentang 7 manfaat biji buah Campedak bagi tubuh Anda.

1. Buah Anti Depresan

Mendengar kalimat di atas mungkin sebagian dari kalian dibuat bingung, sebab bagaimana bisa biji buah Cempedak bisa menjadi pencegah depresi. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kandungan protein yang tinggi dan mampu membuat tubuh dan pikiran terbebsa dari depresi dan stres.

2. Metabolisme Tubuh yang Lebih Baik

Masih berhubungan dengan kandungan protein didalam biji buah Campedak, dimana kandungan protein tersebut mampu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

3. Sel Tubuh yang Lebih Sehat

Biji buah Cempedak memungkinkan tubuh Anda melakukan regenerasi agar kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi di dalam biji buah ini.

4. Sumber Energi untuk Beraktivitas

Aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan setiap hari membutuhkan energi yang cukup agar setiap pekerjaan bisa dilakukan dengan optimal. Biji buah ini mampu memberikan banyak energi bagi tubuh karena kandungan Karbohidrat yang tinggi di dalamnya. Tubuh Anda tidak akan mudah lemas dan mudah lelah saat rutin mengonsumsi biji buah Campedak.

5. Meningkatkan Berat Badan

Kandungan protein yang ada didalam biji buah ini, ternyata sangat ampuh untuk menambah massa otot pada tubuh. Selain protein yang bisa membangun massa otot yang lebih besar, kandungan Karbohidrat d idalamnya mampu menambah kalori untuk menunjang pertumbuhan berat badan.

6. Mendapatkan Jantung yang Lebih Sehat

Karbohidrat alami yang ada di dalam biji buah Cempedak mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda menjadi lebih baik.

7. Terhindar dari Masalah Otot

Otot biasanya sering mengalami masalah seperti kaku dan kram. Biji buah Campedak memberikan manfaat kesehatan yang baik jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Kulit Buah Cempedak yang Mampu Mencegah 3 Penyakit Berbahaya

Manfaat terakhir yang bisa Anda rasakan dari Cempedak adalah kulitnya yang bisa mencegah 3 macam penyakit yang berat.

1. Mencegah Tumor Pada Tubuh Anda

Jika Anda bisa mengolah kulit buah cempedak dengan baik, ternyata hal ini bisa menanggulangi dan mencegah tumor untuk datang kembali. Rutin mengonsumsi kulit buah Cempedak sangat kami anjurkan kepada Anda yang memiliki riwayat keluarga yang berpenyakit kanker atau tumor.

Anda bisa mengolah kulit buah Campedak seperti yang dilakukan masyarakat di Kalimantan untuk mendapatkan manfaat baik bagi tubuh.

2. Terbebas dari Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang tinggi merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia saat ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini adalah mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh agar jangan sampai terus meningkat.

Caranya?

Kulit buah cempedak ampuh menanggulangi masalah kolesterol tinggi di dalam tubuh. Anda bisa mengolah kulit buah ini sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati kolesterol yang tinggi.

3. Obat Alami Penyakit Malaria

Penyakit selanjutnya yang bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan kulit buah ini adalah mengobati penyakit Malaria yang menyerang tubuh. Malaria merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan termasuk penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia.

Anda bisa memanfaatkan kulit buah ini untuk mengobat panyakit malaria yang sedang Anda derita. Kulit buah Cempedak merupakan obat alami yang sangat ampuh dan bermanfaat untuk mencegah penyakit malaria.

Manfaat lebih lanjut yang bisa Anda rasakan dengan keberadaan tanaman buah ini adalah batang pohonnya yang tidak kalah bermanfaat bagi manusia. Kayu tanaman Cempedak berkualitas baik, sangt kuat, dan awet. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan kayu dan membuat perabotan rumah tangga.

Selain itu kulit kayu yang berserat ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan tali dan getah yang ada bisa dimanfaatkan untuk memukat burung.

Melihat banyaknya manfaatkan yang bisa Anda dapatkan dari buah Cempedak menjadikan buah ini bernilai penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Semoga informasi lengkap yang telah kami sampaikan berkaitan dengan manfaat buah, biji, dan kulit Cempedak di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua. Jika Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut berkaitan dengan topik di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga menginspirasi!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *