Posted on

Duku – Buah Yang Memiliki Banyak Keunggulan! Ini 8 Manfaat Duku Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Duku_Palembang

Buah duku – merupakan jenis tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan termasuk buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Jika dilihat secara sekilas, buah duku memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, celoring, dan pisitan.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Buah ini biasanya ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian sekitar 600 mdpl dengan curah hujan 1.500 – 2.500 mm per tahun. Duku bisa tumbuh secara optimal jika ditanam pada lahan berdrainase baik, tekstur tanah yang sedang, kaya akan bahan organik, dan sedikit asam. Berbagai jenis tanah pun bisa Anda gunakan saat akan membudidayakan buah duku, mulai dari tanah tipe latosol, aluvial, dan podsolik kuning.

Di sentra produksinya, seringkali buah ini ditanam dengan berbagai jenis tanaman yang lain seperti petai, jengkol, dan buah durian. Meskipun demikian, buah duku tetap mendominasi di lahan perkebunan.

Buah duku tidak berbuah sepanjang tahun dan hanya berbuah sekali dalam setahun. Biasanya musim buah duku berbeda-beda di setiap daerah dan seringkali terjadi saat awal musim hujan.

bibit duku palembang

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda tentang berbagai manfaat buah duku bagi kesehatan dan ibu hamil.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

1. Buah Duku Sebagai Sumber Antioksidan

Tahukah Anda bahwa Antioksidan merupakan sebuah nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menghindari tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu Antioksidan juga berperan untuk menghindari tubuh dari kerusakan akibat polusi maupun zat beracun.

Di dalam buah duku terkandung Vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

2. Menangkal Radikal Bebas yang Menyebabkan Penuaan Dini

Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penuaan dini. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda rutin mengonsumsi buah duku.

Kandungan Vitamin C yang ada di dalam buah duku sangat untuk melindungi protein lipid dan asam nukleat dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Sistem Kekebalan Tubuh yang Meningkat

Vitamin C masih berperan penting bagi kesehatan tubuh Anda, sebab kandunga Vitamin C di dalam buah duku sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

4. Sebagai Menu Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Jika Anda termasuk orang dengan berat badan yang berlebih, maka kami sangat menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah duku sebagai makanan diet.

Hal ini dikarenakan di dalam buah duku terdapat kandungan Carnitine yang akan membantu tubuh membakar lemak yang ada.

5. Kesehatan Kulit yang Terjaga

Kandungan lain yang sangat bermanfaat pada buah duku adalah Vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit Anda.

Kandungan Vitamin E yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, melembutkan kulit, membantu penyembuhan luka, dan menjaga kelembabab kulit.

Selain 5 manfaat yang bisa Anda rasakan bagi kesehatan, ternyata buah duku juga sangat kaya manfaat gizi untuk ibu hamil.

Apa saja?

3 Manfaat dan Khasiat Buah Duku Bagi Ibu Hamil

 

1. Mencegah Gangguan Kehamilan Dengan Adanya Asam Folat di Dalamnya

Hal yang perlu Anda pahami dengan baik adalah kebutuhan akan asam folat akan terus meningkat selama proses kehamilan terjadi. Oleh sebab itu, Anda harus memilih berbagai jenis sayur dan buah-buahan yang kaya akan kandungan asam folat.

Buah duku merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan asam folat untuk ibu hamil. Dengan asam folat yang tercukupi, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat seperti menghindari janin agar tidak terlahir cacat, membentuk jaringan dan sel bagi bayi, dan membantu Anda memperbaiki DNA.

Kami sangat menyarankan Anda untuk mulai memperbanyak konsumsi buah ini sebelum merencanakan kehamilan. 4 bulan sebelum kehamilan merupakan waktu yang bisa Anda gunakan untuk memperbanyak konsumsi asam folat.

2. Terbebas dari Radikal Bebas

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa buah ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya.

Saat Anda rutin mengonsumsi buah duku selama masa kehamilan, maka kandungan antioksidan di dalamnya bisa membantu ibu hamil dari bahaya radikal bebas yang bisa menggangu perkembangan janin.

3. Kandungan Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Ada di Buah Duku

Nutrisi dan gizi yang tercukupi merupakan hal yang sangat penting dipenuhi selama masa kehamilan berlangsung. Di dalam buah duku, ada banyak sekali kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, seperti karbohidrat, fosfor, mineral, protein, kalsium, dan lemak. Berbagai kandungan yang terdapat di buah duku tersebut merupakan zat yang sangat menunjang kesehatan janin dan ibu hamil.

Karbohidrat yang terkandung di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk menambah energi di dalam tubuh Anda. Saat ibu hamil kekurangan Karbohidrat harian, maka akibatnya bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mudah pusing saat menjalankan aktivitas.

Lemak yang berasal dari buah ini sangat bermanfaat untuk membentuk lapisan pelindung organ pada bayi. Selain duku, Anda bisa juga menambah nutrisi dan mendapatkan lemak yang cukup dari minyak wijen dan biji bunga matahari.

Selanjutnya ada kalsium dan juga fosfor yang memiliki peran untuk membentuk tulang bagi janin yang sedang dikandung. Anda juga bisa mengonsumsi brokoli, selada, dan pokcoy untuk mendapatkan kalsium yang tercukupi saat masa kehamilan.

Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam buah ini seperti yang telah kami sampaikan di atas sangat membantu kesehatan dan penunjang nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

Namun, Anda juga harus lebih hati-hati dan jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Hal ini dikarenakan ada beberapa efek negatif yang bisa saja timbul, jika Anda mengounsumsinya secara berlebihan.

4 Efek Negatif Buah Duku yang Perlu Diperhatikan

1. Berpotensi Timbul Penyakit Jantung!

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat rendah kalori dan lemak, sehingga buah-buahan menjadi menu makanan yang sangat baik saat sedang menjalani program diet.

Namun, meskipun demikian jangan terlalu berlebihan saat Anda mengonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan level trigceride yang merupakan senyawa kimia yang berpotensi dan menyebabkan penyakit jantung.

Jangan takut!

Jika Anda mengonsumsi dengan porsi yang sedang dan tidak berlebihan, maka efek negatif yang ditimbulkan seperti di atas tidak akan terjadi.

2. Sebaiknya Tidak Anda Konsumsi Jika Anda Memiliki Riwayat Penyakit Kanker

Coba Anda telusuri riwayat keluarga Anda ke atas dan perhatikan apakah ada keluarga yang menderita penyakit kanker. Jika ternyata ada salah satu anggota keluarga yang pernah menderita kanker, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah ini sebagai penunjang nutrisi harian.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan di dalam buah duku terdapat kandungan alkohol yang bisa berdampak pada sel kanker yang ada. Meskipun jumlah alkohol tidak terlalu banyak, namun saat Anda mengonsumsinya bisa membuat sel kanker berkembang lebih cepat.

Jadi sebaiknya Anda waspada akan hal ini.

3. Jangan Dikonsumsi Jika Anda Mengalami Penyakit Maag

Saat Anda mengalami penyakit maag, maka jangan membuat lambung bekerja dengan keras untuk mencerna makanan. Jika lambung diajak untuk bekerja keras, maka lambung bisa mengalami luka dan pendarahan.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki panyakit maag sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini sebagai makanan sehari-hari. Buah duku merupakan salah satu jenis makanan yang sangat sulit dicerna, sehingga bisa membuat lambung bekerja lebih keras dari biasanya.

4. Penderita Diabetes Sebaiknya Tidak Mengonsumsi Buah Duku

Banyak buah termasuk buah duku mengandung fruktosa di dalamnya yang saat dicerna bisa menjadi gula darah dan lemak.

Kadar gula yang tinggi merupakan keadaan yang tidak boleh terjadi bagi penderita diabetes dan buah duku merupakan salah satu jenis buah yang bisa memperparah keadaan ini. Kadar gula darah di dalam tubuh bisa meningkat, jika Anda mengonsumsi buah duku sebagai makanan.

Jika Anda sedang menderita penyakit diabetes, maka kami sangat menyarankan Anda untuk mengonsumsi jambu, pepaya, atau bengkoang sebagai buah yang berserat tinggi dan aman.

Luar biasa bukan?

Ternyata buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan bagi kesehatan manusia. Mulai dari sumber antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sebagai nutrisi untuk ibu hamil.

Kami berharap informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang telah membacanya.

Semoga menginspirasi!


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *