Posted on

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Ini Asal Mula Durian Bawor dan 10 Keunggulannya

Durian Bawor – memang tidak begitu dikenal oleh masyarakat dan hanya sebagian saja yang mengetahui keberadaan jenis durian ini. Perlahan tapi pasti seiring dengan perkembangan teknologi informasi, nama Durian Bawor semakin banyak yang mengetahuinya.

Durian Bawor merupakan jenis durian lokal yang memiliki banyak sekali keistimewaan. Beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan adalah daging buah yang lebih tebal, biji yang tipis dan kecil, rasanya yang legit disertai dengan sedikit rasa pahit, dan bobotnya yang mampu mencapai berat 15 kg.

Bagaimana bisa jenis durian yang satu ini bisa memiliki keunggulan yang luar biasa?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami akan menjelaskan secara lengkap kepada Anda tentang asal muasal Durian Bawor pada tulisan kali ini. Setelah itu kami akan menjelaskan beberapa keunggulan dari Durian Bawor.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Mengenal Sosok yang Menciptakan Varietas Durian Bawor

 

durian bawor

Kita mulai dari penamaan Durian Bawor, penamaan ini berasal dari sosok punakawan yaitu Bagong yang merupakan adik dari Petruk. Nama Petruk sendiri menjadi sebuah nama untuk durian lokal yang berasal dari Jepara.

Bagaimana dengan sosok yang menemukan varian Durian Bawor?

Sosok tersebut tidak lain bernama Sarno Ahmad Darsono yang merupakan seorang guru SD di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sejak kecil, ia sudah memiliki bakat alami untuk menilai berbagai jenis durian yang ditemui. Bahkan hanya dengan melihat biji buah durian, ia sudah bisa mengetahui jenis durian tersebut.

Kemampuan dan kecintaannya terhadap buah durian tidak lepas dari peran sang ayah yang sering mengajaknya pergi sampai ke pelosok desa untuk mencari buah durian.

Muncul Niat untuk Memadukan Berbagai Varian Durian

Ia pun mulai mewujudkan impiannya dan mulai mengingat-ingat berbagai jenis durian unggul yang akan dipadukan dengan menggunakan teknik okulasi. Pada saat itu, ia belum mengetahui dengan baik cara melakukan teknik okulasi yang baik. Sehingga informasi tentang teknik okulasi tersebut ia dapatkan melalui berbagai jenis buku yang ada.

Agar bisa mendapatkan durian yang berukuran besar, maka Sarno memilih durian jenis Kumbakarna yang terkenal dengan ukurannya yang besar. Selai itu ia juga memilih jenis durian yang lain untuk mendapatkan rasa, tekstur, aroma terbaik untuk dipadukan.

Setelah beberapa bulan, teknik okulasi pohon primer dengan pohon sekunder mulai melekat. Selanjutnya, ia mulai melakukan teknik okulasi pada pohon-pohon sekunder dan menempelkan pohon jenis lain sebagai pohon tersier.

Dikarenakan jenis durian yang ia gunakan dalam teknik okulasi sangat banyak menjadikan pohon primer terus bertumbuh menyerupai pohon bakau dengan akar yang keluar dari tanah.

Perjuangannya untuk mendapatkan jenis durian yang unggul mulai berbuah pada tahun 2000 yang lalu. Saat itu pohon hasil dari percobaanya telah menghasilkan sekitar 40 buah durian yang jauh berbeda dengan jenis aslinya.

Ia mendapatkan buah durian dengan kulit yang tipis, daging yang lebih tebal, daging buah yang lebih merah, rasa yang sangat manis, dan beralkohol seperti layaknya durian petruk. Ukurannya pun sudah jauh berbeda dengan durian aslinya, dimana ukurannya mampu mencapai bobot 12 kg.

10 Keistimewaan Durian Bawor Ciptaan Sarno

 

1. Rasa Durian yang Istimewa dan Premium

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari Durian Bawor adalah rasanya yang tetap manis meskipun buah dalam keadaan tidak terlalu matang. Namun, jika buah durian sudah matang secara sempurna, maka Anda bisa merasakan buah durian yang lebih legit dengan rasa pahit yang khas.

2. Bisa Berbuah Lebih dari Sekali Dalam Setahun

Durian pada umumnya memiliki masa panen sekali dalam 1 tahun, periode panen seperti ini tidak akan Anda temui pada Durian Bawor. Durian Bawor ternyata bisa dipanen sebanyak 3 kali dalam 1 tahun. Hal inilah yang menjadikan jenis durian ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan sangat menguntungkan jika dibudidayakan

3. Lebih Menguntungkan Jika Dibudidayakan

Selain frekuensi panen yang lebih sering dibandingkan dengan jenis durian pada umumnya, harga Durian Bawor juga terbilang lebih mahal dibandingkan Durian Monthong.

Mari kita ambil sebuah perhitungan yang sederhana untuk melihat keuntungan dari budidaya jenis Durian Bawor. Dengan asumsi Anda memiliki luas lahan sekitar 10 meter persegi, setidaknya Anda bisa membudidayakan 2 pohon Durian Bawor.

1 pohon menghasilkan setidaknya 30 buah durian, jadi total buah yang Anda dapatkan sekitar 60 buah. Belum lagi bobot durian yang minimal 6 kg untuk 1 buahnya, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar hanya dari 2 pohon Durian Bawor.

Jika Anda serius menekuni bisnis ini dan memiliki lahan yang lebih luas dan bisa menampung buah yang lebih banyak, maka potensi keuntungan yang bisa didapatkan bisa lebih besar dan sangat menarik.

4. Memiliki Akar yang Berfungsi Menunjang Pertumbuhan Tanaman

Seperti yang telah kami sampaikan pada pembahasan yang sebelumnya, akar dari Durian Bawor sangat mirip dengan akar tanaman bakau. Akar yang dimiliki pun bisa lebih dari 1 bahkan bisa sampai 4 akar sekaligus.

Banyaknya akar yang dimiliki Durian Bawor ini bertujuan untuk memacu pertumbuhan tanaman dengan optimal, cadangan makanan untuk pohon pun menjadi lebih banyak sehingga bisa menghasilkan buah yang berkualitas, akar yang kokoh membuat tanaman lebih tahan terhadap guncangan angin, dan yang lebih penting lagi Durian Bawor bisa tahan saat musim kering datang dengan keberadaan akar yang banyak tersebut.

5. Efisien Dalam Penggunaan Pupuk

Pupuk tidak bisa dilepaskan saat Anda membududayakan tanaman apapun jenisnya. Hal ini bermanfaat agar tanaman yang dibudidayakan bisa menghasilkan buah yang berkualitas dan optimal.

Jangan khawatir dengan biaya pemupukan yang besar, sebab Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memberikan pupuk pada Durian Bawor. Anda hanya perlu melakukan pemupukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam setahun dengan menggunakan pupuk kandang dan NPK.

6. Kualitas Buah yang Sangat Baik

Durian Bawor memiliki rasa yang legit manis dengan sedikit rasa pahit khas durian, ditambah lagi dengan ukuran buahnya yang lebih tebal karena ukuran bijinya yang lebih kecil dan kempes. Warna daging dari Durian Bawor juga sangat menarik dengan perpaduan warna kuning dan oranye.

7. Sangat Menguntungkan untuk Tujuan Komersial

Durian Bawor yang memiliki frekuensi masa panen yang lebih sering, ditambah dengan ukuran yang besar, serta biaya penanaman yang lebih rendah membuat jenis durian ini sangat ekonomis dan sangat menguntungkan untuk dijadikan bisnis.

8. Ukuran Buah yang Sangat Besar

Bukan cuma rasanya saja yang nikmat, Durian Bawor juga memiliki ukuran yang sangat besar dan mampu mencapai bobot 12 kg untuk 1 buah durian. Dengan ukuran yang sangat besar tersebut, maka Anda sekeluarga bisa menikmati buah premium ini dengan puas bersama-sama.

9. Akar yang Menguntungkan dan Fungsional

Durian Bawor merupakan jenis pohon durian yang memiliki akar yang sangat banyak dan kuat seperti pohon bakau. Akar yang kokoh tersebut sangat bermanfaat untuk menahan longsor dan banjir di sekitar wilayah tempat durian ini ditanam.

Selain itu, tanaman ini pun lebih tahan terhadap cuaca kering karena akarnya yang mampu menyediakan cadangan makanan dari akar yang ada.

10. Tanaman Dengan Hasil Budidaya yang Optimal

Jika Anda berniat untuk membudidayakan jenis durian ini, maka Anda bisa menanam sekitar 150 tanaman pada lahan dengan luas 1 Ha. Jarak tanam antara 1 tanaman dengan tanaman yang lain minimal 7×7 meter.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah Durian Bawor baru bisa dipanen setelah berumur 3 tahun dan terlebih dahulu harus mengurangi buah yang akan tumbuh. Durian Bawor dengan umur 3 tahun harus Anda sisakan sebanyak 5 buah dan hal ini disesuaikan dengan ukuran batang tanaman.

Jika tanaman sudah mencapai umur 5 tahun ke atas, maka pohon durian yang Anda miliki mampu menghasilkan 100 kg buah dengan berat rata-rata 4-5 kg dengan bobot maksimal mencapai 12 kg.

Itulah asal muasal terciptanya jenis Durian Bawor yang saat ini sudah dikenal sebagai buah durian yang berkualitas premium. Semoga informasi di atas bisa menginpirasi Anda semua yang telah membacanya.

Selamat mencoba!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *