Posted on

5+ Kiat Menanam Durian Musang King Agar Menghasilkan Buah yang Lebat

harga-bibit-durian-musang-king

Durian Musang King – merupakan jenis buah durian yang sangat terkenal sebagai raja durian di Malaysia. Tanaman ini bisa tumbuh pada ketinggian 1.000 Mdpl, namun untuk mendapatkan hasil buah yang terbaik sebaiknya ditanam pada ketinggian 400-600 mdpl. Selain itu, Durian Musang King bisa menghasilkan buah dengan kualitas yang terbaik saat ditanam pada iklim tropis yang sering turun hujan sepanjang tahunnya.

Musang King merupakan buah durian lokal asal Malaysia yang memiliki biji buah yang tipis dan sangat berbeda dengan durian yang sering ditemui di Indonesia yang memiliki biji yang cukup besar. Mengenai rasanya jangan diragukan, rasa manis yang bercampur sedikit pahit membuat banyak orang ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Belum lagi dengan daging buah yang lebih tebal membuat Durian Musang King memiliki banyak penggemar.

Mengenai namanya, mungkin sebagian dari Anda sedikit bingung dibuatnya. Durian Musang King sebenarnya tidak memiliki hubungan apapun dengan hewan yang bernama Musang. Nama Musang King diberikan kepada varietas tanaman ini dikarenakan durian ini sangat banyak ditemui di sekitar Goa Musang.

Melalui penjelasan singkat di atas, mungkin sebagian dari Anda mulai tertarik untuk membudidayakan jenis durian yang satu ini.

Jangan khawatir!

Sebagai solusinya, kami akan memberikan penjelasan lengkap dan berbagai kiat yang bisa Anda lakukan agar Durian Musang King bisa menghasilkan buah yang lebat.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Perhatikan 7 Faktor di Bawah Ini Saat Membudidayakan Durian Musang King

durian musang king

1. Sinar Matahari Sangat Berpengaruh Terhadap Perkembangan Tanaman

Setiap tanaman sangat berpengaruh kualitasnya terhadap keberadaan matahari, begitu juga dengan Durian Musang King. Agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka sangat penting untuk memperhatikan jarak penanaman antara satu pohon dengan pohon yang lainnya.

2. Pacu Perkembangan Durian Dengan Nutrisi yang Baik

Durian Musang King bisa menghasilkan buah yang berkualitas saat Anda memperhatikan dengan baik nutrisi. Nutrisi didapatkan dengan menggunakan pupuk secara berkala di sekitar area penanaman pohon. Saat tanaman masih kecil, kami sangat menyarankan Anda untuk menguakan pupuk 1 kali setiap 2 minggu. Saat tanaman sudah mulai tumbuh, maka pemupukan bisa Anda lakukan 1 kali setiap 2 bulan.

3. Apa yang Anda Hasilkan Sangat Berpengaruh Dari Bibit yang Digunakan

Bibit Musang King yang Anda gunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas buah yang akan dihasilkan. Sebaiknya Anda menggunakan bibit hasil cangkokan dan bukan bibit yang berasal dari biji.

4. Perhatikan Lokasi Dimana Anda Menanam Buah

Seperti yang telah kami sampaikan pada pembukaan tulisan ini, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan lokasi penanaman pohon. Pilihlah tanah yang gembur dan lokasi dengan ketinggian yang baik serta memiliki cukup curah hujan sepanjang tahun.

5. Menentukan Jarak Tanam yang Ideal

Penjelasan ini masih sangat berkaitan dengan poin 1 yang telah dibahas sebelumnya. Dengan memperhatikan jarak penanaman pohon, maka Anda bisa menghasilkan Durian Musang King terbaik dari sisi kualitas. Tanamlah durian dengan jarak minimal 8×8 Meter antara 1 buah dengan buah yang lainnya.

6. Memperhatikan Potensi Hama yang Menyerang Tanaman

Hama pasti akan menyerang setiap tanaman yang  Anda tanam, oleh sebab itu langkah preventif sangat diperlukan untuk mencegah keberadaan hama. Rutinlah melakukan penyemprotan pada tanaman yang sedang berkembang agar hama yang menempel di batang dan daun tidak merusak tenaman.

7. Rajinlah Membersihkan Tanaman Liar di Areal Kebun

Rumput-rumput liar yang tumbuh di areal kebun sebaiknya dibersihkan setiap saat agar tidak mengganggu pertumbuhan Durian Musang King.

6 Kiat yang Perlu Dilakukan Dalam Proses Penanaman Buah Durian Musang King

Mendapatkan bibit yang unggul membutuhkan usaha yang ekstra dab tidak bisa terburu-buru. Lebih baik Anda memilih bibit lebih lama dibandingkan mendapatkan bibit dengan kualitas yang buruk. Bibit yang Anda tanam akan sangat berpnegaruh terhadap hasil buah durian yang akan dihasilkan.

-Siapkanlah lahan yang akan menjadi tempat Anda menanam bibit buah Musang King. Lakukan pembersihan di sekitar areal kebun dari rumput liar dan gulma yang ada. Pastikan lahan yang Anda pilih telah sesuai dengan kriteria yang telah kami sampaikan di atas.

-Jika lahan sudah Anda siapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam yang akan menjadi tempat meletakkan bibit Durian Musang King. Anda bisa menggunakan patokan sekitar 0,5 m X 0,5 m untuk bibit durian dengan ketinggian sekitar 1 meter. Apabila bibit yang digunakan kurang dari 1 meter, maka Anda bisa menggunakan lubang tanam dengan lebar yang lebih kecil.

-Jangan buru-buru menanam bibit ke dalam lubang tanam, sebab Anda perlu memberikan pupuk dasar terlebih dahulu. Pupuk dasar yang bisa Anda gunakan adalah pupuk kandang dan pilihlan pupuk yang sudah jadi dan kering. Setelah pupuk dasar diberikan, maka diamkan selama 1 hari sebelum menanamnya.

-Jika lubang tanam sudah didiamkan dalam waktu 2 hari, maka inilah saatnya untuk menanam bibit pohon ke dalam lubang tanam yang tersedia. Bibit yang masih berada didalam polybag bisa terlebih dahulu Anda lepaskan agar bibit bisa tumbuh dengan optimal.

Pastikan saat melepaskan bibit dari polybag, Anda melakukannya dengan hati-hati dan tidak membuat tanah yang ada didalamnya hancur. Apabila posisi sudah pas, maka tempatkan bibit tersebut dan timbun dengan tanah yang sudah bercampur dengan pupuk kandang.

Cara penananam di atas tidak jauh berbeda dengan cara menaman jenis tanaman yang lain.

-Langkah terakhr yang perlu dilakukan adalah merawat tanaman agar menghasilkan buah yang berkualitas unggulan. Salah satu cara merawat tanaman Musang King adalah dengan rutin memberikan pupuk untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Teknik Pemberian Pupuk yang Baik

Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan takaran 1 sendok teh yang telah dilarutkan dengan menggunakan 10 liter air. Takaran ini bisa Anda gunakan untuk 10 bibit yang ditanam dan lakukan pemberian pupuk setiap 10 hari sekali atau 2 minggu sekali.

Jika tanaman sudah berumur 1 bulan sejak ditanam, maka Anda bisa menggunakan pupuk kandang untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Anda bisa menggunakan pupuk kandang dengan ukuran 1 gayung yang diletakkan di sekitar tanaman. Lakukan pemberian pupuk setiap 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang.

Jangan lupa untuk memperhatikan serangan ulat yang ada di daun, lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida untuk menagatasinya.

Cara Memilih Bibit Musang King

 

Bagi Anda yang awam dengan dunia pertanian, mungkina sangat sulit untuk mengetahui bibit Durian Musang King yang baik. Hal ini bisa menjadi celah untuk oknum penipu untuk mengelabui Anda dan menjual bibit yang palsu. Sehingga bukan bibit Musang King yang Anda dapatkan melainkan bibit durian varietas lain yang berbeda.

Lalu adakah cara untuk mengetahui bibit Musang King yang Asli?

Anda bisa mengenali bibit musang king dari bentuk daunnya. Durian Musang King memiliki daun yang tidak terlalu lebar, melainkan memanjang dan sedikit runcing. Perhatikan juga wana daunnya yang memiliki warna sedikit kuning, namun ada juga yang berwarna hijau saat terkena sinar matahari langsung.

Agar bisa lebih memastikan bibit asli dan berkualitas, sebaiknya Anda membeli bibit Musang King di toko tanaman yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi di masyarakat. Hal ini merupakan langkah pencegahan agar Anda tidak mudah tertipu dengan bibit yang palsu.

Itulah panduan lengkap tentang kiat menanam dan tips terbaik yang bisa kami berikan tentang Durian Musang King yang bisa dengan mudah diterapkan saat ini juga. Dengan menerapkan beberapa kiat dan langkah di atas, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan Durian Musang King yang berkualitas terbaik.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan berkaitan dengan topik di atas, silahkan bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk untuk Anda semua.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa menambah pengetahuan dan menginspirasi Anda semua yang membaca.

Semoga berhasil!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *