Uncategorized

Jeruk Limau – Membongkar Rahasia & Manfaat Yang Terdapat Pada Jeruk Limau

jeruk limau

Jeruk Limau – Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini ?? Jeruk limau atau yang biasa disebut dengan jeruk sambal sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Buah ini sering dijadikan sambal atau sebagai penyedap masakan untuk menambah citarasa masakan. Untuk menjadikannya sebagai bahan masakan, Anda bisa menggunakan daunnya untuk mengisi adonan bothok jawa, atau mengiris sedikit kulit jeruk limau sebagai campuran sambal, dan daging buahnya bisa dijadikan seduhan air jeruk yang nikmat atau pendamping saat menikmati masakan berkuah seperti soto, rawon, sup iga sapi, dan masih banyak lagi. Jeruk limau memiliki ukuran yang kecil, dengan ukuran diameter 2-5 cm, dan biasanya memiliki rasa asam yang luar biasa.

Mengenal Tanaman Buah Jeruk Limo

Jeruk limo merupakan tanaman buah jeruk yang rajin dan mudah berbuah, tanaman ini adaptif dan mudah tumbuh hampir semua wilayah Indonesia, tetapi daerah yang paling cocok untuk menanam tanaman jeruk ini adalah pada dataran tinggi. jeruk limo termasuk tanaman yang tidak tumbuh tinggi, kecuali tanaman ini sudah berumur puluhan tahun dan tanam pada lahan langsung. Tetapi, saat ini banyak yang menanam jeruk limo dalam pot (tabulampot).

buah jeruk limau

Kandungan Gizi Jeruk Sambal

Buah jeruk limo ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Selain memilik kandungan vitamin C yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, buah jeruk ini juga merupakan salah satu buah jeruk sebagai anti oksidan alami yang bisa menghindarikan tubuh Anda dari berbagai penyakit. Buah jeruk limau sangat baik untuk menghilangkan residu dalam tubuh karena racun-racun rokok yang masuk ke dalam sistem tubuh. Jadi sangat bagus bagi para perokok aktif meminum jus jeruk buah limau setiap selesai merokok.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Jeruk Sambal/Limau

Buah jeruk limo mempunyai begitu banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh yaitu, karbohidrat, protein, serat, kalori. Air sari buah jeruk ini juga memiliki kandungan sodium sebanyak 1 mg dalam 31 gram air sari buah jeruk limau.

Selain nutrisi-nutrisi tersebut, buah jeruk ini juga memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin penting seperti, vitamin K, vitamin A, Vitamin C, vitamin E dan kolin. Buah ini juga memiliki kandungan elektrolit yang sangat penting bagi tubuh manusia yakni potassium. Selain itu juga memiliki kandungan mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti folat, kalsium, betain, magnesium dan fosfor.

bibit-jeruk-limau

Khasiat & Manfaat Jeruk Sambal/Limau

Walaupun ukuran buahnya yang kecil, jeruk limo memiliki banyak sekali khasiat dan manfat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jeruk limau:

Mengobati Sakit Batuk

Jeruk limau juga dapat menjadi obat batuk, caranya dengan cara dicampurkan antara jeruk limo, atau jeruk nipis dan juga masuk serta kecap merupakan salah satu obat tradisional yang sangat ampuh untuk penyakit batuk dan radang tenggorokan yang di alami.

Melegakan Tenggorokan

Salah satu efek dari penyakit batuk yang melanda adalah tenggorokan yang terasa tercekat dan sesak. Dengan mengkonsmsi jeruk limau, maka kondisi ini dapat hilang, dan tenggorokan akan kembali lega.

Sebagai Bahan dan Bumbu Masakan

Manfaat jeruk limo yang sering kita jumpai adalah sebagai bahan bumbu masakan. Terutama untuk pembuatan sambal, sehingga jeruk ini juga terkenal dengan istilah jeruk sambal.

Mencerahkan Wajah

Jeruk limau juga dapat untuk membersihkan wajah, karena jeruk ini memiliki kandungan anti bakteri dan juga anti kuman yang tinggi, namun harus berhati-hati dalam menggunakanya, jangan sampai air jeruk tersebut mengenai mata karena dapat menyebabkan mata perih.

Membantu Meredakan Gejala Mabuk

Gejala mabuk bisa hilang dengan meminum air jeruk limau, baik itu mabuk karena minuman keras ataupun mabuk dalam perjalanan. Hal ini karena khasiat jeruk yang dapat mengurangi gejala mabuk, seperti pusing, mual dan juga muntah.

Untuk Membersihkan Lemak pada Peralatan Dapur

Jeruk limo merupakan salah satu solusi yang cukup jitu untuk membersihkan peralatan dapur dari noda lemak yang membandel. Jika peralatan dapur kotor dan penuh noda bekas lemak, kini tidak perlu lagi merasa khawatir. Buktinya, hampir semua produk pencuci perabotan dapur dan alat masak memiliki kandungan jeruk limau.

Menjadi “sabun” untuk Mencuci Tangan

Bagi yang gemar dengan masakan restoran padang atau masakan sunda, peralatan makan jarang digunakan. Biasanya lebih nikmat makan langsung menggunakan tangan, tanpa bantuan sendok dan garpu. Tangan yang kotor oleh makanan, bisa bersih dan segar, apabila anda mencuci tangan dengan air yang sudah tercampur potongan jeruk limau.

Menyegarkan Badan

Manfaat jeruk limau juga sangat baik untuk menyegarkan badan. Rasanya yang asam membuat jeruk limau dapat mencegah kantuk dan membuat tubuh menjadi segar kembali. Lambung yang terasa begah, maag dan juga naik kadar keasamannya juga dapat dinetralisir dan sembuh dengan memanfaatkan jeruk limau ini.

Mencegah Kanker

Jeruk limo memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi. Hal ini dapat mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh, dan juga dapat menghindar dari resiko terserang kanker.

Anti Bakteri dan Virus

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik, jeruk limau juga sangat baik untuk menangkal berbagai macam vitus dan juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tubuhpun pastinya akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus dan juga bakteri.

Menyembuhkan Sariawan

Jeruk limo yang lainnya juga merupakan salah sau obat sariawan paling sadis dan juga paling ampuh diantara berbagai jenis jeruk dan buah-buahan bervitamin C lainnya. Caranya, yaitu dengan cara meneteskan air jeruk limau pada sariawan, maka sariawan anda akan cepat sembuh, meskipun harus merasakan perih yang luar biasa.

Mengobati Jerawat dan Gangguan Kulit

Bagi yang memiliki wajah berjerawat pun dapat menggunakan jeruk limau untuk mengobati jeawat. Cukup oleskan air perasan jeruk limau pada bagian wajah yang mengalami jerawat secara teratur, maka jerawat di wajah anda dapat hilang dan sembuh. Manfaat jeruk limau lainnya juga dapat mengobati segala gangguan kulit dan dapat mengobati luka.

Membantu Pengobatan pada Penderita Hipertensi

Jeruk limo mungkin tidak dapat menyebuhkan hipertensi secara langsung, namun jeruk limau mampu untuk mendukung pengobatan para penderita hipertensi, dengan cara mengontrol tekanan darah penderitanya.

Baik untuk Kesehatan Ginjal

Hal ini dapat menghindarkan tubuh kita dari gangguan kesehatan yang menyerang ginjal. Dengan mengkonsumsi jeruk limo, kesehatan ginjal kita pun akan terjaga dengan baik.

Dapat Menurunkan Demam

Anda pernah mengalami panas karena demam? Cobalah untuk mengkonsumsi perasan dari air jeruk limau yang dicampur dengan air hangat. Cara ini akan membantu untuk memberikan efek yang baik bagi anda untuk meredakan panas dan juga demam yang di alami.

Dapat Mengobati Penyakit Amandel

Jeruk limau ini merupakan salah satu obat wajib yang dapat membantu menuntaskan gejala penyakit amandel. Biasanya dokter juga akan merekomendasikan jeruk limau untuk membantu penyembuhan penyakit amandel.

Mengurangi Bau Badan

Dengan mencampurkan perasan jeruk limo ternyata bisa membersihkan badan dan juga menghilangkan bau badan. Hal ini karena sifat alami dari jeruk limau yang mampu membunuh kuman, salah satunya adalah kuman penyebab bau badan.

Baik untuk Kesehatan Otak

Jeruk limau juga ternyata memilki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan otak kita apabila kita mengkonsumsinya.

Mengobati Ambeien serta Anyang-anyangan

Kandungan serat yang tinggi yang terdapat pada jeruk limau dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit yang mengganggu pencernaan, seperti wasir dan juga anyang-anyangan.

Baik untuk Penderita Diabetes

Jeruk limo dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, jeruk limau juga sangat baik untuk mengobati kencing manis.

Baik untuk Kesehatan Reproduksi dan Juga Menstruasi

Bagi para wanita yang merasa siklus menstruasinya tidak teratur, dapat mencoba untuk menambahkan jeruk limau pada menu makanan sehari-hari. Hal ini dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi para wanita.

Mengurangi Produksi Keringat

Manfaat lain dari jeruk limo juga sangat baik untuk menekan pengeluaran keringat. Hal ini akan berefek pada kondisi kulit yang akan menjadi lebih sedikit berminyak, karena produksi keringatnya yang berkurang.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain dapat mengobati jerawat, jeruk limau juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Hanya perlu mengoleskan air perasan dari jeruk limau pada bekas jerawat anda untuk menghilangkannya.

Membantu Menghilangkan Ketombe Di Kepala

Tak hanya untuk kesehatan tubuh dan kulit saja, manfaat jeruk limo juga baik untuk mencegah dan juga mengurangi ketombe rambut kepala. Hanya cukup menggosokkan air jeruk limau pada kulit kepala.

Baik untuk Kesehatan Rambut

Untuk memperoleh rambut yang sehat, dapat mencoba tonik alami yang menggunakan jeruk limau. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan rambut Anda, serta mencerahkan rambut agar tidak terlihat kusam.

Mengencerkan Dahak

Selain dapat melegakan tenggorokan, jeruk limau juga memilki manfaat yang sangat baik untuk mengencerkan dahak, sehingga sangat efektif bagi yang menderita batuk berdahak.

Baik untuk Kesehatan dan Juga Kekuatan Tulang

Jeruk limo juga memiliki kandungan kalsium. Kalsium ini tentu saja akan sangat baik untuk kesehatan tulang, serta dapat mencegah munculnya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis dan juga tulang keropos.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini merupakan manfaat jeruk limo yang sangat penting bagi yang sedang menjalani program diet. Jeruk limo juga dapat membantu menrunkan berat badan. Namun demikian, harus mengkombinasikannya dengan pola hidup sehat dan juga olahraga.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk limo ini memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin lainnya yang berperan untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari resiko berbagai penyakit.

Baik untuk Pencernaan

Jeruk limo juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini tentu saja sangat penting untuk kesehatan pencernaan, dan dapat membantu memperlancar proses pencernaan, serta mencegah gangguan pada organ pencernaan.

Dapat Meredakan Asam Urat

Bagi yang menderita asam urat, jeruk limo merupakan salah satu obat alami yang dapat berguna untuk meredakan gejala nyeri dan juga sakit pada persendian karena asam urat.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat yang terdapat dalam jeruk limau yang mungkin belum banyak kita ketahui. Jika Anda masih pensaran silahkan simak video tentang manfaat jeruk limo atau jeruk sambal untuk kesehatan silahkan simak video berikut :

========================================================================================

Perbedaan Jeruk Limau, Jeruk Purut, Jeruk Nipis Dan Jeruk Lemon

Terkadang banyak orang yang masih bingung dan belum bisa untuk membedakan antara jeruk limau, jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk lemon. Karena semuanya memiliki rasa asam dan manfaat yang hampir sama, untuk membedakannya, mari kita simak penjelasan ke empat jenis jeruk tersebut di bawah ini :

jenis-jeruk

Jeruk Limau

Jeruk limo memiliki ukuran buah yang lebih kecil dari pada jeruk nipis maupun jeruk lemon, jeruk limau mempunyai kulit berwarna hijau tua. Bulir jeruk limau cukup kecil dan berwarna hijau muda. Dalam setiap bulirnya, terdapat biji yang lumayan banyak. Tekstur kulit buahnya tidak mulus, tetapi cenderung agak kasar. Jika kita bandingkan dengan jeruk nipis, rasa asam jeruk limau lebih kuat. Meski begitu sangat menyegarkan saat tercampur dengan ulekan sambal. Jeruk limau juga sering bermanfaat sebagai penyedap masakan sampai herbal yang bisa membantu mencerahkan kulit.

Jeruk Purut

Jika kita perhatikan bersama, jeruk purut memiliki warna hijau yang lebih tua, Dari segi ukuran, jeruk purut dan jeruk nipis besarnya kurang lebih sama. Nah kalau dari teksturnya, jeruk purut purut memiliki kulit keriput dan terasa paling kasar. Ketika kita belah, jeruk purut punya bulir berwarna hijau cerah dan cenderung bening, hampir sama dengan jeruk limau. Nah begitu kita peras, jeruk purut menghasilkan air lebih banyak daripada jeruk limau, kandungan air dalam jeruk purut hampir sama dengan jeruk lemon dan jeruk nipis. Jeruk untuk masak memang identik dengan rasa asam, jeruk purut dan jeruk nipis biasanya berguna untuk menghilangkan bau amis ikan atau jeroan tanpa mengubah citarasa dagingnya. Selain itu, air perasan kedua jeruk ini juga bisa untuk campuran masakan pada kuah soto agar lebih segar.

Jeruk Nipis

Jeruk ini biasanya sangat mudah kita temukan sebagai pendamping soto, jeruk ini sering bermanfaat sebagai pendamping soto agar rasa soto lebih segar saat kita santap. Memiliki kulit berwarna hijau, namun ada juga jeruk nipis yang berwarna hijau kekuningan dengan tekstur yang halus tetapi jumlahnya jarang. Bulir jeruk nipis berwarna kuning kehijauan dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Bentuk buah bulat dan memiliki rasa yang asam dominan, sedikit pahit dan mengandung sensasi dingin. Jeruk ini sering sebagai penyedap masakan, obat-obatan tradisional hingga bermanfaat untuk membuat tekstur daging lebih empuk.

Jeruk Lemon

Jika kita bandingkan dengan jeruk nipis, jeruk purut, dan jeruk limau, popularitas jeruk lemon tidak kalah saing. Karena jeruk lemon ini sering sebagai minuman karena perpaduan rasanya yang asam, sedikit manis dan menyegarkan. Kulit jeruk lemon berwarna kuning cerah dengan tekstur kulit yang lembut. Tetapi untuk lemon lokal, warna kulit hijau dan apabila sudah matang berwarna hijau kekuningan. Bentuk buah jeruk lemon lonjong dan bagian ujungnya meruncing. Bulirnya berwarna kuning muda dan mengandung air yang cukup banyak. Selain sebagai minuman, pemanfaatan buah lemon juga banyak kita temukan sebagai campuran salad, daging ayam, kue hingga hiasan untuk mempercantik sebuah sajian.

Demikian perbedaan antar jeruk limo, jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk lemon. Jadi jangan salah pilih lagi ya :). Untuk melihat jenis – jenis jeruk dan jenis tanaman buah lainnya, silahkan klik disini.

3 thoughts on “Jeruk Limau – Membongkar Rahasia & Manfaat Yang Terdapat Pada Jeruk Limau

  1. Suroso berkata:

    Pembahasanya masih umum, perlu adanya referensi lain ( misal jika dicampur minyak dampaknya ke tubuh lebih baik atau tidak dsstnya)

    1. Artikel lanjutan tentang manfaat khusus dari jeruk limau masih belum kami release. Setelah kami terbitkan semoga bisa menjawab semua pertanyaan diatas.

  2. Siti Aisyah berkata:

    Terimakasih pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *