Posted on

Misteri Terungkap! Ini 4 Manfaat Tersembunyi Jeruk Purut untuk Kesehatan Rambut

bibit jeruk limau

Mendengar nama Jeruk Perut sebagian dari masyarakat Indonesia pasti menghubungkannya dengan tempat pemakaman umum yang sudah terkenal dengan keangkerannya. Namun Anda tidak perlu takut, sebab pada pembahasan kali ini kami tidak akan membahas tentang misteri tempat pemakaman jeruk purut, tetapi berbagai manfaat penting yang terkandung didalamnya.

Meskipun buah Jeruk Purut memiliki ukuran yang kecil, ternyata buah ini menyimpan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Fokus yang akan bagikan kali ini adalah beberapa keunggulan Jeruk Purut yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Apa Itu Jeruk Purut?

Sebelum masuk ke pembahasan yang utama, kami terlebih dahulu akan menjelaskan tentang apa itu Jeruk Purut dan dari mana asalnya.

Jeruk purut adalah tanaman perdu yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai bumbu penyedap makanan. Banyak sekali nama yang digunakan untuk menyebut buah jeruk ini, diantaranya adalah Ma Kruut (Thailand), Kolobot (Filipina), Truc (Vietnam), dan Limau Kuwit (Banjar).

buah jeruk purut

Mengenal tanaman jeruk purut tidaklah sulit, jeruk ini memiliki bentuk pohon yang berukuran kecil, memiliki buah yang sangat kecil dengan ukuran diameter sekitar 2 Cm, dan memiliki kulit buah yang tebal serta permukaan yang kasar.

Rasa buah jeruk purut yang masam membuat buah ini sangat diandalkan sebagai penetral bau amis dari ikan atau daging. Caranya adalah setelah ikan atau daging dibersihkan, maka langkah selanjutnya adalah ikan atau daging ditetesi dengan perasan buah jeruk purut di atasnya untuk mengurangi bau amis.

Ternyata selain sebagai penetral bau amis dan menambah cita rasa di dalam masakan, buah jeruk purut juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang  4 manfaat yang terkandung didalam jeruk purut untuk kesehatan rambut.

1. Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan rambut rontok. Beberapa faktor diantaranya adalah Anda sedang mengalami stres secara emosional akibat masalah yang sedang dihadapi, terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh, penderita penyakit jangka panjang seperti hati atau kanker, mengalami demam tinggi, anemia, atau Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Selain faktor di atas Anda juga perlu mencari tahu apakah Anda berhenti mengonsumsi pil KB, kurang asupan protein dan zat besi, atau kerja kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Beberapa faktor yang telah kami sampaikan di atas merupakan beberapa penyebab yang membuat rambut mengalami kerontokan.

Tidak perlu khawatir dengan masalah di atas!

Buah jeruk purut ternyata memiliki khasiat untuk mencegah rambut dari kerontokan dan masalah ketombe yang menyerang. Masyarakat di Thailand banyak menggunakan buah jeruk ini sebagai shampo yang bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Tidak hanya itu saja, masalah ketombe yang terjadi pada rambut bisa juga dengan mudah diatasi dengan buah jeruk purut.

Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Buah jeruk purut memiliki kandungan Vitamin C dan Vitamin B5 di dalamnya yang sangat mampu mengurangi minyak berlebihan dan kotoran yang menempel di kulit kepala Anda.

Dengan demikian, saat Anda menggunakan buah jeruk ini secara rutin, maka masalah rambut berminyak dan kotoran seperti ketombe bisa hilang dengan mudah. Rambut Anda juga menjadi lebih sehat dan kuat ditambah lagi dengan adanya aroma segar dan khas yang menambah keharuman pada kulit kepala.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut Anda

Rambut rontok merupakan masalah yang harus segera diatasi, sebab jika Anda biarkan bisa membuat kebotakan menghampiri dan bisa mengganggu penampilan. Rambut yang rontok banyak diderita oleh masyarakat Indonesia tanpa mengenal jenis kelamin pria atau wanita.

Kadar Vitamin C yang sangat tinggi di dalam jeruk purut sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok.

3. Mengatai Ketombe

Setidaknya ada 5 faktor utama yang menyebabkan rambut Ada berketombe. Pertama kulit kepala mengalami iritasi dan berminyak, penyebab yang satu ini merupakan faktor yang paling banyak terjadi. Jika Anda mengalami hal ini biasanya ditandai dengan kulit kepala yang memerah dan berminyak.

Faktor yang kedua adalah Anda tidak rajin membersihkan rambut dan kepala. Sehingga minyak dan sel-sel kulit mata bertumpuk dan menyebabkan ketombe. Penyebab yang ketiga adalah jamur yang ada di kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala mengalamai iritasi dan membuat banyak sel kulit mati dan menjadi ketombe.

Bisa juga dikarenakan jenis kulit kepala Anda yang kering, dimana hal ini bisa menyebabkan masalah ketombe yang terjadi.

Atau penyebab yang terakhir adalah karena kulit kepala yang sensistif dengan produk tertentu. Jika demikian, maka kulit kepala bisa memerah, gatal, dan bersisik.

Ketombe yang ada pada rambut sangat membuat malu dan sangat mengganggu penampilan Anda. Ketombe yang ada di rambut berasal dari kulit kepala yang mengelupas dan jeruk purut terbukti ampuh untuk mengatasi masalah ini.

Kandungan Asam Sitrat yang ada di dalam jeruk ini bisa membuat rambut terbebas dari ketombe yang menggangu penampilan. Sebuah solusi praktis dan murah untuk mengatasi rambut berketombe.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, sebab yang perlu dilakukan adalah dengan mengiris jeruk purut menjadi 2 bagian. Kemudian peras jeruk purut dan letakkan airnya pada kulit kepala Anda, selanjutnya biarkan selama 30 menit agar air jeruk purut terserap dengan baik ke kulit kepada.

Jika sudah mengering, maka Anda bisa membilas kepala menggunakan air yang bersih atau bisa juga menggunakan shampo. Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan langkah di atas 2 – 3 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering

Bagi Anda yang sering melakukan rebonding, mengecat rambut, atau sering terpapar sinar matahari, maka rambut sangat berpotensi mengalami kekeringan dan rambut bercabang.

Masalah di atas bisa dengan mudah teratasi dengan menggunakan jeruk purut yang ada. Anda bisa memanfaatkan jeruk purut untuk membuat rambut tetap sehat, kuat, dan berkilau.

Bagaimana caranya?

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampur jeruk purut dengan madu dan minyak zaitun yang nantinya akan digunakan untuk mengatasi masalah di atas.

Bahan-bahan yang kami sebutkan di atas bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih sehat dan berkilau serta tidak pecah-pecah atau pun bercabang.

Cara menggunakannya sangat mudah, sebab yang perlu Anda lakukan adalah mencuci bersih 2 buah jeruk purut yang tersedia. Jika sudah dicuci bersih, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah blender jeruk purut tersebut bersama dengan kulit dan bijinya sekaligus samoai halus.

Jika sudah selesai, maka Anda tinggal menggosokannya ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata. Anda bisa juga mencampurkan jeruk purut dengan jeruk lemon atau jeruk nipis agar airnya menjadi lebih banyak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa jeruk purut tidak hanya bermanfaat untuk menyegarkan makanan dan menghilangkan bau amis pada ikan. Lebih dari itu, 4 masalah rambut bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan jeruk purut sebagai bahan alami.

Dengan menggunakan jeruk purut, Anda bisa mendapatkan manfaat berupa mencegah masalah ketombe pada kulit kepala, mengatasi rambut yang kering dan bercabang, merangsang pertumbuhan rambut, dan bisa mencegah rambut rontok.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan rambut yang mahal untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit kepala. Jeruk purut bisa membantu Anda mengatasi setiap permalahan rambut.

Itulah 4 manfaat tersembunyi yang ada di dalam Jeruk ini, kami berharap informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut berkaitan dengan topik di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang ada.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada lebih banyak orang melalui media sosial yang ada. Agar semakin banyak orang yang mengetahui keunggulan dan manfaat Jeruk Purut untuk rambut.

Selamat mencoba!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *