Posted on

JERUK PURUT – 4 Manfaatnya Untuk Kesehatan Rambut

bibit jeruk limau

Mendengar nama Jeruk Purut sebagian dari masyarakat Indonesia pasti menghubungkannya dengan tempat pemakaman umum yang sudah terkenal dengan keangkerannya. Namun Anda tidak perlu takut, sebab pada pembahasan kali ini kami tidak akan membahas tentang misteri tempat pemakaman jeruk purut, tetapi berbagai manfaat penting yang terkandung didalamnya.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Meskipun buah Jeruk Purut memiliki ukuran yang kecil, ternyata buah ini menyimpan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Fokus yang akan bagikan kali ini adalah beberapa keunggulan Jeruk Purut yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Apa Itu Jeruk Purut?

Sebelum masuk ke pembahasan yang utama, kami terlebih dahulu akan menjelaskan tentang apa itu Jeruk Purut dan dari mana asalnya.

Jeruk purut adalah tanaman perdu yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai bumbu penyedap makanan. Banyak sekali nama yang digunakan untuk menyebut buah jeruk ini, diantaranya adalah Ma Kruut (Thailand), Kolobot (Filipina), Truc (Vietnam), dan Limau Kuwit (Banjar).

buah jeruk purut

Mengenal tanaman jeruk purut tidaklah sulit, jeruk ini memiliki bentuk pohon yang berukuran kecil, memiliki buah yang sangat kecil dengan ukuran diameter sekitar 2 Cm, dan memiliki kulit buah yang tebal serta permukaan yang kasar.

Rasa buah jeruk purut yang masam membuat buah ini sangat diandalkan sebagai penetral bau amis dari ikan atau daging. Caranya adalah setelah ikan atau daging dibersihkan, maka langkah selanjutnya adalah ikan atau daging ditetesi dengan perasan buah jeruk purut di atasnya untuk mengurangi bau amis.

Ternyata selain sebagai penetral bau amis dan menambah cita rasa di dalam masakan, buah jeruk purut juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang  4 manfaat yang terkandung didalam jeruk purut untuk kesehatan rambut.

1. Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan rambut rontok. Beberapa faktor diantaranya adalah Anda sedang mengalami stres secara emosional akibat masalah yang sedang dihadapi, terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh, penderita penyakit jangka panjang seperti hati atau kanker, mengalami demam tinggi, anemia, atau Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Selain faktor di atas Anda juga perlu mencari tahu apakah Anda berhenti mengonsumsi pil KB, kurang asupan protein dan zat besi, atau kerja kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Beberapa faktor yang telah kami sampaikan di atas merupakan beberapa penyebab yang membuat rambut mengalami kerontokan.

Tidak perlu khawatir dengan masalah di atas!

Buah jeruk purut ternyata memiliki khasiat untuk mencegah rambut dari kerontokan dan masalah ketombe yang menyerang. Masyarakat di Thailand banyak menggunakan buah jeruk ini sebagai shampo yang bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Tidak hanya itu saja, masalah ketombe yang terjadi pada rambut bisa juga dengan mudah diatasi dengan buah jeruk purut.

Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Buah jeruk purut memiliki kandungan Vitamin C dan Vitamin B5 di dalamnya yang sangat mampu mengurangi minyak berlebihan dan kotoran yang menempel di kulit kepala Anda.

Dengan demikian, saat Anda menggunakan buah jeruk ini secara rutin, maka masalah rambut berminyak dan kotoran seperti ketombe bisa hilang dengan mudah. Rambut Anda juga menjadi lebih sehat dan kuat ditambah lagi dengan adanya aroma segar dan khas yang menambah keharuman pada kulit kepala.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut Anda

Rambut rontok merupakan masalah yang harus segera diatasi, sebab jika Anda biarkan bisa membuat kebotakan menghampiri dan bisa mengganggu penampilan. Rambut yang rontok banyak diderita oleh masyarakat Indonesia tanpa mengenal jenis kelamin pria atau wanita.

Kadar Vitamin C yang sangat tinggi di dalam jeruk purut sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok.

3. Mengatai Ketombe

Setidaknya ada 5 faktor utama yang menyebabkan rambut Ada berketombe. Pertama kulit kepala mengalami iritasi dan berminyak, penyebab yang satu ini merupakan faktor yang paling banyak terjadi. Jika Anda mengalami hal ini biasanya ditandai dengan kulit kepala yang memerah dan berminyak.

Faktor yang kedua adalah Anda tidak rajin membersihkan rambut dan kepala. Sehingga minyak dan sel-sel kulit mata bertumpuk dan menyebabkan ketombe. Penyebab yang ketiga adalah jamur yang ada di kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala mengalamai iritasi dan membuat banyak sel kulit mati dan menjadi ketombe.

Bisa juga dikarenakan jenis kulit kepala Anda yang kering, dimana hal ini bisa menyebabkan masalah ketombe yang terjadi.

Atau penyebab yang terakhir adalah karena kulit kepala yang sensistif dengan produk tertentu. Jika demikian, maka kulit kepala bisa memerah, gatal, dan bersisik.

Ketombe yang ada pada rambut sangat membuat malu dan sangat mengganggu penampilan Anda. Ketombe yang ada di rambut berasal dari kulit kepala yang mengelupas dan jeruk purut terbukti ampuh untuk mengatasi masalah ini.

Kandungan Asam Sitrat yang ada di dalam jeruk ini bisa membuat rambut terbebas dari ketombe yang menggangu penampilan. Sebuah solusi praktis dan murah untuk mengatasi rambut berketombe.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, sebab yang perlu dilakukan adalah dengan mengiris jeruk purut menjadi 2 bagian. Kemudian peras jeruk purut dan letakkan airnya pada kulit kepala Anda, selanjutnya biarkan selama 30 menit agar air jeruk purut terserap dengan baik ke kulit kepada.

Jika sudah mengering, maka Anda bisa membilas kepala menggunakan air yang bersih atau bisa juga menggunakan shampo. Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan langkah di atas 2 – 3 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering

Bagi Anda yang sering melakukan rebonding, mengecat rambut, atau sering terpapar sinar matahari, maka rambut sangat berpotensi mengalami kekeringan dan rambut bercabang.

Masalah di atas bisa dengan mudah teratasi dengan menggunakan jeruk purut yang ada. Anda bisa memanfaatkan jeruk purut untuk membuat rambut tetap sehat, kuat, dan berkilau.

Bagaimana caranya?

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencampur jeruk purut dengan madu dan minyak zaitun yang nantinya akan digunakan untuk mengatasi masalah di atas.

Bahan-bahan yang kami sebutkan di atas bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih sehat dan berkilau serta tidak pecah-pecah atau pun bercabang.

Cara menggunakannya sangat mudah, sebab yang perlu Anda lakukan adalah mencuci bersih 2 buah jeruk purut yang tersedia. Jika sudah dicuci bersih, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah blender jeruk purut tersebut bersama dengan kulit dan bijinya sekaligus samoai halus.

Jika sudah selesai, maka Anda tinggal menggosokannya ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata. Anda bisa juga mencampurkan jeruk purut dengan jeruk lemon atau jeruk nipis agar airnya menjadi lebih banyak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa jeruk purut tidak hanya bermanfaat untuk menyegarkan makanan dan menghilangkan bau amis pada ikan. Lebih dari itu, 4 masalah rambut bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan jeruk purut sebagai bahan alami.

Dengan menggunakan jeruk purut, Anda bisa mendapatkan manfaat berupa mencegah masalah ketombe pada kulit kepala, mengatasi rambut yang kering dan bercabang, merangsang pertumbuhan rambut, dan bisa mencegah rambut rontok.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan rambut yang mahal untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit kepala. Jeruk purut bisa membantu Anda mengatasi setiap permalahan rambut.

Itulah 4 manfaat tersembunyi yang ada di dalam Jeruk ini, kami berharap informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut berkaitan dengan topik di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang ada.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada lebih banyak orang melalui media sosial yang ada. Agar semakin banyak orang yang mengetahui keunggulan dan manfaat Jeruk Purut untuk rambut.

Selamat mencoba!

_______________________________________________________________________

Artikel Lain Tentang Jeruk Purut

Jeruk Purut Dalam Pot? Begini Cara Membuatnya..

Ada banyak sekali jenis jeruk yang sebenarnya bisa ditemukan di Indonesia ini. Dan salah satu diantara sekian banyak jenis jeruk tersebut adalah jeruk purut. Jeruk ini memiliki kegunaan ganda sebagai pelengkap atau bumbu masakan dan untuk kesehatan. Jadi, jeruk yang dinamai sebagai Citrus hystix ini banyak dikenal oleh masyarakat.

Jeruk yang satu ini bisa tumbuh dengan tinggi kadang bisa mencapai tinggi 10 m. Memiliki jenis batang berdaun lebat. Jadi, siapapun yang menanam dan memiliki batang jeruk purut pastinya tau akan kerimbunan dari tanaman ini. Buahnya bewarna hijau dengan bagian luar kulit yang kasar dan tebal, kadang mencapai 4 cm.

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan

Seperti yang kita jabarkan di atas, bahwasanya jenis jeruk ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Maka kali ini kita akan menjabarkan apa saja yang menjadi khasiat dari jeruk tersebut:

Antibakteri

Manfaat jeruk purrut yang paling dikenal dalam dunia kesehatan adalah sebagai anti bakteri. Ada banyak kasus yang menyatakan peranan penting jeruk purut untuk mengalahkan serangan bakteri, terutama E.coli. Jadi, ini bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan kasus diare dan keracunan makanan.

Bahkan, kemampuan antibakteri yang dimiliki oleh jeruk ini juga bagus untuk mengatasi masalah jerawat. Sebuah penelitian kesehatan mendapatkan bahwasanya minyak alami yang ada di dalam jeruk purut ini berguna untuk pencegahan jerawat. Ini juga berguna untuk menyembuhkan dan mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.

Bahkan, jika digunakan sebagai salah satu bahan untuk sampo alternatif maka ini akan bagus untuk mengatasi masalah kutu rambut. Tidak jarang juga air perasan dari jeruk ini digunakan oleh beberapa kelompok masyarakat untuk mencuci pakaian.

Aroma Yang Menenangkan

Kita pastinya sadar jika banyak parfum yang menghadirkan aroma citrus atau paduan dari aroma jeruk purut ini. Karena kulit jeruk memiliki aroma kuat dan menyegarkan. Ini akan membuat siapapun manjadi lebih bersemangat dan merasa segar. Menggunakan kulit jeruk yang sudah dihaluskan ke bagian kulit tubuh juga akan menjadi terapi yang menenangkan.

Bahkan, tidak jarang juga ada yang menggunakan lembaran daun jeruk purut ini untuk digunakan di dalam bak mandi. Menggunakan parfum alami dengan daun jeruk purut juga bisa menghasilkan aroma citrus yang lumayan tahan lama.

Pelengkap Masakan

Selain digunakan untuk pengharum, ternyata daun jeruk purut ini juga digunakan untuk pelengkap atau bumbu masakan. Ada banyak cara yang digunakan dalam pengolahan daunnya. Ada yang dikeringkan, dibekukan atau langsung digunakan saat masih dalam kondisi yang segar. Seperti di Indonesia sendiri, dimana biasanya daun jeruk ini digunakan untuk menyingkirkan bau mais masakan.

Tidak jarang juga kita menggunakan daun jeruk ini pada makanan berkuah seperti soto, ataupun sajian ikan dan ayam lainnya. Aroma masakan juga tidak hanya berasal dari daun jeruk, tapi juga menggunakan kulit jeruk tersebut. Bahkan, bukan rahasia umum lagi jika banyak yang menggunakan daun muda yang segar jeruk ini untuk salad.

Biasanya daun jeruk purut yang digunakan sebagai pelengkap atau bumbu masakan akan diiris tipis untuk langsung dimakan. Jika tidak, maka tidak akan ikut dimakan. Karena memang karakter dari daunnya keras dan pahit jika sudah tua.

Cara Menanam Jeruk Purut Di Dalam Pot

Jika kita biarkan, maka tanaman ini bisa tumbuh sangat besar dan menjulang tinggi. Namun, bagi yang tidak memiliki lahan yang luas, maka alternatif untuk menumbuhkan jeruk purut adalah dengan menggunakan pot. Berikut langkah-langkah penanaman yang akan dilakukan jika hendak menanam bibit jeruk ini di dalam pot :

Jika asal bibitnya dari biji :

  • Pilihlah benih yang berasala dari buah jeruk purut yang matang di pohon, atau jika tersedia di pasaran pastikan anda membeli dari penjual yang terpercaya.
  • Penyemaian bibit jeruk purut ini bisa dilakukan didalam gelas air mineral yang diisi dengan kapas basah. Jangan mengisi terlalu banyak di setiap gelasnya. Usahakan selalu ada jarak yang cukup untuk pertumbuhan biji.
  • Masukan biji yang sudah mulai tumbuh (berkecambah) ke dalam media pot yang berisikan tanah humus. Gunakan campuran tanah, pupuk kompos dan pasir (2:1:2).
  • Langkah selanjutnya ikuti penjelasan berikutnya di bawah ini.

Jika Bibit Berasal dari Hasil Okulasi atau Cangkok

Anda bisa mengabaikan langkah penyemaian diatas jika menggunakan bibit yang siap tanam, misalnya hasil cangkok atau okulasi. Untuk mendapatkan bibitnya bisa klik disini

  • Siapkan media tanam dan pot dengan ukuran yang sesuai dengan besarnya bibit pohon yang tersedia. Jika tinggi bibit anda sudah diatas setengah meter, sebaiknya menggunakan pot dengan diameter minimal 40 cm.
  • Letakan pot yang menjadi wadah untuk penanaman bibit jeruk purut ini di daerah yang terkena sinar matahari yang mencukupi. Karena pertumbuhan akan terhambat jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Sekali dalam 2 minggu lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang. Kemudian lakukan pemangkasan dasar ketika bibit jeruk purut ini sudah mulai tumbuh setinggi 50 – 60 cm. Pastikan juga untuk selalu membuang atau memangkas bagian ranting yang busuk atau kering.
  • Agar pembuahan terjadi dengan maksimal maka pastikan pot diletakkan di tempat yang benar. Jangan letakkan pot pada tempat yang mudah terkena angin kencang. Ini akan mempermudah bunga jeruk purut menjadi gugur hingga menggagalkan proses pembuahan.
  • Lakukan penjarangan di daerah ranting yang tidak ada bakal buah. Ini dilakukan untuk memperbanyak pertumbuhan buah dari jeruk purut tersebut. dan dilakukan ketika tanaman tersebut sudah berbuah dan memiliki ukuran diameter 1 cm.
  • Karena kita melakukan penanaman di dalam pot, maka perhatikan pengairannya. Pastikan bahwa saluran air di dalam pot tidak tersumbat dan media tanam tidak terlalu basah. Karena ini akan membuat akar dan batang menjadi mudah busuk.
  • Agar tidak terjadi pembusukan, maka petiklah buah jeruk yang sudah besar. Karena buah yang membusuk di batang akan menjadi sarang penyakit dan mengundang hama.
  • Lakukan langkah peremajaan atau pemangkasan cabang setelah dilakukan pemanenan buah. Ini dilakukan agar nantinya tanaman tersebut tetap tumbuh dengan baik.
  • Keterangan lengkap tentang pembuatan tabulampot tanaman buah bisa melihat ke artikel ini : Panduan Lengkap Membuat Tabulampot


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *