Posted on

Rekomendasi Bibit Tanaman Buah Untuk Tanaman Buah Dalam Pot atau Tabulampot

Rekomendasi 10 bibit unggul untuk tabulampot anda. Saat Anda melewati toko tanaman dengan plank berbunyi “JUAL BIBIT TANAMAN BUAH DALAM POT dan TABULAMPOT” mungkin anda akan bingung memilih bibit buah yang cocok. Artikel berisi rekomendasi 10 bibit tanaman buah unggul yang cocok untuk tabulampot beserta penjelasan singkat keunggulan dari masing-masing jenis tabulampot agar anda tidak bingung. Semua bibit tersedia di Rumahtanaman.com dimana kami men-jual bibit tanaman buah dalam pot atau lebih dikenal dengan TABULAMPOT.

Mengapa Tanaman Buah Dalam Pot atau Tabulampot?

Jika kita telusuri sejarah asal muasal tanaman buah dalam pot, ternyata konon tabulampot ditemukan secara tidak sengaja. Awalnya seorang penjual bibit tanaman membereskan lapak tempat dia jual bibit, dan menemukan bahwa banyak bibit yang tidak laku dan menjadi terlalu besar dalam polybag yang kecil. Karena sayang jika harus di buang, kemudian bibit tanaman buah tersebut di pindahkan kedalam pot yang cukup besar agar akar-akar bibit tanaman nya bisa tertampung. Seterusnya tanaman itu tetap ia rawat dengan baik dan ternyata berbunga dan berbuah dalam pot tersebut. Pembeli yang singgah ke penjual bibit tanaman tersebut ternyata banyak yang tertarik dan membeli bibit tanaman buah dalam pot tersebut. Akhirnya sang penjual bibit mencoba membuat lebih banyak lagi tabulampot dan hasilnya unik dan menarik dan mungkin kemudian ia mulai berani pasang plank “jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot yang sudah berbuah” 😀

Jenis bibit tanaman buah apa saja yang cocok ditanam dalam pot?

Pada awalnya tidak banyak jenis tanaman buah yang bisa di tanam dalam pot. Hanya beberapa jenis saja yang berhasil berbuah dalam pot terutama bibit buah buahan yang genjah (rajin berbuah) dan bukan berbuah sepanjang tahun (tidak musiman) seperti jambu biji dan jambu air dan beberapa jenis tanaman buah mangga. Namun seiiring dengan perkembangan teknologi perbanyakan bibit buah secara vegetative, berkembannya teknologi pemupukan, serta ditemukannya hormon pertumbuhan dan hormon, kini membuat tabulampot bukan lagi merupakan pekerjaan yang sulit. Banyak sekali jenis tanaman buah yang sekarang bisa dijadikan tabulampot, contohnya Tabulampot Mangga, Tabulampot Jeruk, Tabulampot Durian, Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot Anggur, Tabulampot Buah Naga dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini kami akan bahas sekilas beberapa jenis tabulampot buah buahan unggulan yang kami jual, terutama bibit tanaman buah cangkokan dan okulasi.

Alasan utama mengapa tanaman buah dalam pot menjadi begitu menarik,

Keterbatasan Lahan.

Tanaman buah dalam pot tidak memerlukan lahan yang luas, cukup diletakan di halaman rumah atau bahkan di dak rumah lantai atas. Yang penting tanaman bisa mendapatkan cukup sinar matahari.

Unik dan bernilai seni tinggi.

Pohon yang mini dengan buah yang lebat merupakan keunikan tersendiri bagi pecinta tanaman buah. Apalagi saat ini telah dikembangkan bibit buah kombinasi, dimana dalam satu pohon terdapat berbagai jenis pohon buah. Siapapun yang memandangnya akan tertarik karena keunikan dan keajaibanya 😀

Berbuah diluar Musim.

Dengan teknik perawatan yang benar dan tekun, tabulampot bisa berbuah walaupun tidak sedang musimnya. Hal ini dilakukan dengan teknik perangsangan pembuahan yang tepat dan pemupukan yang tepat (tepat jenis dan tepat dosis). Maka siap-siaplah untuk membuat iri tetangga dan teman-teman anda. Disaat tanaman lain tidak berbuah, tabulampot kita dengan indahnya berbuah lebat di luar musim.

Gampang dipindah.

Alasan lain yang membuat tabulampot unggul adalah karena mudahnya di pindahkan. Bagi anda yang sering pindah rumah, memindahkan tanaman buah kesayangan anda bukan lagi menjadi masalah dibandingkan dengan memindahkan tanaman yang ditanam dalam tanah. Selain sulit, juga resiko tanaman mati menjadi tinggi. Keuntungan lainnya yaitu pot tanaman juga bisa di pindah-pindahkan ke lokasi dimana sinar matahari diterima maksimal. Atau dengan memutar-mutar pot untuk mengarahkan agar semua sisi tanaman mendapat sinar matahari secara merata.

Hemat Pupuk.

Pada banyak kasus, pemupukan tanaman buah yang ditanam di tanah langsung berimplikasi borosnya pupuk. Terutama pupuk yang diaplikasikan ke Akar. Untuk tabulampot hal ini bisa diminimalisir kerena pupuk yang di berikan tidak terbawa ke mana-mana namun terlokalisir dalam media tanam dalam pot.

Mudah dibentuk dan di buat mini.

Tentu saja ini sesuai dengan selera masing-masing. Ada yang menginginkan tanaman buah nya tetap mini, ada yang menginginkan bentuk tertentu bahkan ada yang membuatnya seperti tanaman bonsai, namun tetap berbuah. Namun jika anda menginginkan tanaman buah anda besar-pun tak masalah, tinggal rajin-rajin saja mengganti media tanam dan pot dengan ukuran yang lebih besar (misalnya drum bekas).

Memiliki nilai ekonomis tinggi.

Perawatan tabulampot memerlukan teknik yang tepat dan ketekunan yang tinggi. Namun jika berhasil membuat tabulampot dengan bentuk yang menarik dan rajin berbuah, tak jarang tabulampot kita ditawar oleh penggemar tanaman buah dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi anda yang mau serius menekuninya. Jadi jangan ragu untuk menjadi memasang plang “JUAL BIBIT TANAMAN BUAH DALAM POT dan TABULAMPOT” di depan rumah anda :-D. Tapi jika anda tidak mau jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot anda, siap-siap untuk membuat terpesona teman dan tetangga anda.

Masih banyak lagi manfaat dan keunggulan tabulampot. Namun bibit tanaman buah apa saja yang sangat cocok untuk ditanam didalam pot? Mari kita simak satu per satu sesuai dengan jenis buahnya atau family-nya.

Jenis Buah Apa Sajakah Yang Mudah Berbuah?

Pertimbangan utama dalam membuat tabulampot adalah pemilihan jenis buah yang cocok untuk ditanam dalam pot. Walaupun dengan teknologi pemupukan dan pemeliharaan tertentu beberapa jenis pohon buah yang sulit berbuah bisa dibuat mudah berbuah, namun bagi pemula kami merekomendasikan untuk memilih tanaman yang gampang berbuah untuk proyek tabulampot awal anda. Namun apapun pilihan anda, kami men jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulamot yang sudah berbuah. Baik yang mudah maupun yang sulit berbuah.

Adapun jenis buah yang mudah berbuah adalah:

  • Jambu air
  • Mangga
  • Nangka mini
  • Belimbing manis
  • Lengkeng
  • Jeruk
  • Kedondong bangkok
  • Buah tin
  • Sawo
  • Buah naga
  • Jambu biji
  • Cereme
  • Jambu bol
  • Delima
  • Anggur
  • Srikaya
  • Jambu bol

Jenis Buah Apa Sajakah Yang Sulit atau Lama dalam Berbuah?

Adapun jenis-jenis buah berikut ini relatif sulit untuk berbuah (walau bukan tidak mungkin bagi anda yang sudah ahli bisa membuatnya mudah berbuah):

  • Manggis
  • Kelapa
  • Sirsak
  • Rambutan
  • Duku
  • Salak
  • Pepaya
  • Nangka besar
  • Leci
  • Apel
  • Alpukat
  • Belimbing wuluh
  • Durian

Berikut Rekomendasi 10 Bibit tanaman buah Unggul Untuk Tabulampot Anda Sesuai Jenis Buahnya (untuk info lengkap bibit buah baca post: Jual Bibit Tanaman Buah Dalam pot dan tabulampot bagian 2)

Mangga

jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot

Untuk jenis mangga kami merekomendasikan Mangga Kiojay. Alasannya utamanya adalah karena Mangga Kiojay termasuk mangga yang rajin berbuah. Selain itu ukuran buahnya jumbo bisa mencapi berat 2 kg menjadikan tabulampot anda unik dan indah dipandang. Dari sisi rasa, Mangga Kiojay rasanya manis walaupun masih agak mentah. Mangga Kiojay berasal dari Thailand dan merupakan salah satu mangga unggulan di negeri tersebut. Informasi lengkap bibit mangga Kiojay dan harga bibit mangga Kiojay bisa diklik di sini. Jika anda tidak suka dengan ukuran jumbo, namun lebih suka dengan bentuk yang cantik maka alternatifnya adalah mangga ungu (mangga Irwin) atau untuk mangga lokal anda bisa pilih mangga gedong gincu. Untuk detail bibit mangga Irwin silahkan Klik disini, sedangkan untuk mangga gedong gincu silahkan klik disini.

Jeruk

jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot

Kelengkeng.

jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot
gambar buah lengkeng merah

Untuk jenis lengkeng atau kelengkeng kami merekomendasikan tabulampot Kelengkeng Merah atau dikenal juga dengan lengkeng Red Ruby. Saat ini jenis lengkeng merah masih langka dan relatif mahal dan menjadi buruan penggemar tabulampot. Lengkeng yang berasal dari benua Amerika ini memiliki keunikan warna buah merah tua dan cukup mudah berbuah. Karena warnanya yang merah, lengkeng merah disebut juga dengan Lengkeng Red Ruby. Informasi terkait bibit lengkeng merah bisa dilihat di sini. Alternatif lain untuk tabulampot lengkeng adalah lengkeng satu jari dan lengkeng aroma durian. Keduanya relatif rajin dan mudah berbuah. Kalau ingin yang agak besar buahnya anda bisa coba lengkeng pingpong, namun untuk perawatannya lengkeng pingpong harus agak lebih tekun. Silahkan melihat-lihat bibit tersebut di web kami rumahtanaman.com

Durian.

jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot
gambar durian montong

Seperti disebutkan sebelumnya kami tidak merekomendasikan durian untuk di tanam dalam pot. Selain waktu berbuahnya yang relative lama (5-7 tahun), pohon durian juga relatif besar dan memerlukan pot yang besar. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat tabulampot durian, sudah banyak kok yang berhasil membuatnya dan berbuah pula.

Tentu saja memerlukan kesabaran dan teknik yang benar dalam merawat tabulampot durian ini, kalau tidak anda akan kecewa karena pohon durian anda tak kunjung berbuah. Untuk jenis durian yang akan dipilih sebenarnya tergantung selera anda, namun kami merekomendasikan kepada anda untuk memilih bibit durian unggul dan popular. Yang kami rekomendasikan adalah Durian Montong, Durian Musang King dan Durian Bawor. Ketiganya merupakan bibit unggul yang populer dengan rasa dan aromanya yang mantap. Silahkan untuk melihat-lihat koleksi bibit durian kami di rumahtanaman.com.

Rambutan.

Seperti halnya durian, untuk jenis rambutan kami juga kurang merekomendasikannya untuk ditanam dalam pot menjadi tabulampot rambutan. Selain karena relative lama dalam berbuah, juga ukuran pohon yang cepat membesar dan meninggi. Namun jika anda praktisi tabulampot yang berpengalaman, kami merekomendasikan dua jenis rambutan unggul untuk dijadikan tabulampot yaitu Rambutan Binjai dan Rambutan Rapiah. Keduanya mempunyai cita rasa yang manis dan populer di kalangan penggemar rambutan. Silahkan dilihat-lihat bibit rambutan binjai dan bibit rambutan rapiah di koleksi bibit rambutan kami.

Sawo.

Untuk jenis sawo kami merekomendasikan sawo manila dan sawo vietnam. Keduanya memiliki keunggulan dalam cita rasa buahnya yang manis. Silahkan dilihat informasi bibitnya di koleksi bibit tanaman kami

Jambu biji.

Untuk jambu biji kami merekomendasikan bibit Jambu Kristal. Jenis jambu ini merupakan hasil pengembangan dengan teknik rekayasa genetika yang menghasilkan buah jambu yang hampir tanpa biji, manis dan tahan hama. Tabulampot jambu kristal termasuk produktif yang berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Selain itu perawatannya relatif mudah dan murah. Jika anda ingin tanaman dalam pot anda lebih unik, kami juga menyediakan bibit kombinasi jambu kristal dan jambu biji merah dalam satu pohon. Tentunya merupakan sesuatu yang unik bukan?

Jambu Air

Untuk jenis jambu air kami merekomendasikan dua jenis jambu air unggulan yaitu jambu air Dalhari dan jambu air madu deli. Keduanya memiliki keunggulan rasa buah yang manis dan ukuran yang relative besar. Dari sisi warna jambu Dalhari memiliki warna merah tua yang menarik selera, sedangkan jambu air madu deli memiliki warna hijau segar. Seperti halnya jambu biji, kami juga merekomendasikan anda untuk mencoba bibit kombinasi kedua jenis jambu ini dalam satu pohon. Jika sudah berbuah kedua-duanya akan menghasilkan keunikan yang tinggi dimana aka nada dua warna jambu di pohon yang sama. Kami menjual bibit Kedua jenis jambu air ini, silahkan dilihat lihat dan di order :-D.

Buah Naga.

Untuk tabulampot buah naga pembuatannya agak sedikit berbeda dengan jenis buah lainnya, karena untuk hasil yang maksimal diperlukan penopang untuk batang buah naga ketika membesar dan sudah berbuah. Lazimnya buah naga memang tidak ditanam dalam pot, namun jika anda menginginkannya jangan khawatir, sudah banyak yang berhasil membuatnya dengan baik. Dilain kesempatan kami akan sajikan artikel pembuatan tabulampot buah naga ini. Untuk bibit buah naga yang tersedia di kami adalah bibit buah naga super red, atau bibit buah naga merah.

Srikaya.

Tabulampot srikaya termasuk banyak di sukai orang karena jika sudah berbuah, penampakannya menjadi cukup menarik. Rekomendasi jenis srikaya yang cocok untuk ditanam di pot adalah jenis srikaya new varietas. Jenis srikaya ini memiliki ukuran yang jumbo dibanding jenis srikaya lainnya. Untuk melihat informasi bibit srikaya new varietas silahkan klik di sini.

Jual Bibit Tanaman Buah Dalam Pot dan Tabulampot

Tanaman buah dalam pot mana yang anda pilih? Tentu saja semua terpulang kepada selera anda dan kesiapan anda utuk merawat yang jenis mana. Kami hanya memberikan gambaran dan rekomendasi tanaman buah dalam pot yang mana yang baik untuk anda.  Dilain waktu kami akan coba sajikan kepada anda bahasan detail tentang cara pembuatan dan perawatan dari masing-masing jenis tanaman buah dalam pot sebagai panduan bagi anda.

Rumahtanaman.com sebagai penjual bibit tanaman buah online dan unggul, pada awalnya hanya men-jual bibit tanaman buah dalam kemasan polybag yang bisa di tanam oleh pelanggan langsung di tanah maupun dijadikan “tanaman buah dalam pot”. Namun seiring meluasnya penjualan bibit tanaman buah online kami, minat akan tanaman buah dalam pot ternyata sangat besar. Maka kini kami tidak hanya men-jual bibit tanaman dalam polybag saja namun juga tanaman buah yang telah berbunga atau berbuah dan di tanam dalam pot. Hal ini ternyata disambut baik oleh penggemar tanaman buah. Tidak hanya penggemar tanaman buah yang berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Karawang, Depok dan sekitarnya saja, namun juga di luar jawa dan seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh sampai Irian Jaya pernah kami layani.

Silahkan juga ber-eksplorasi di situs www.rumahtanaman.com untuk melihat semua koleksi bibit unik, langka dan unggul kami. Jangan sembarang mencari pen Jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot, kunjungi saja kami.  Selamat berkebun :-D.

Baca juga :

Jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot bagian 2

Jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot bagian 3

jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot bagian 4

jual bibit tanaman buah dalam pot dan tabulampot bagian 5 (habis)

Cara mudah membuat tabulampot unggul

9 thoughts on “Rekomendasi Bibit Tanaman Buah Untuk Tanaman Buah Dalam Pot atau Tabulampot

  1. Terima kasih atas artikelnya. sangat berguna

  2. apakah ada bibit durian musang king kaki 3 pa?

    1. Ada, untuk berapa pohon

  3. saya punya pohon jambu air banyak semutnya . bisa info cara mengatasinya..? Trims

    1. Pa Jeremy, bapak bisa coba dengan menambahkan satu sendok makan detergen dengan satu atau dua liter air. aduk sampai rata lalu semprotkan ke tanaman yang ada semutnya menggunakan alat semprot/spraying. lakukan di sore atau pagi hari. Semoga berhasil ya pa

  4. baik sekali artikelnya

  5. Ulasannya komplit sekali . Salam sukses selalu…

  6. Setelah membaca artikel ini jadi nambah ilmu

  7. Artikelnya sangat bagus smoga bermanfaat untuk semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *