Uncategorized

Kesemek – Buah Langka Kaya Akan Manfaat

Kesemek - Buah Langka Kaya Akan Manfaat

Kesemek – adalah buah yang memiliki nama latin Diospyros kaki, atau dalam bahasa Inggris disebut oriental persimmon atau japanese persimmon. Bentuk buah ini bulat seperti tomat. Ketika muda kulitnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi oranye hingga kemerahan saat memasuki fase matang.

buah ini juga sering disebut “Apel Jawa” karena bentuknya seperti apel dan tanamannya banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa termasuk di Jawa Barat ini. Adapula masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan buah genit karena kulit buah ini seperti mendapat taburan warna putih yang seperti diberi bedak.

Asal Usul

kesemekKesemek merupakan tanaman buah yang berasal dari Negara China, yang kemudian menyebar ke negara Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial pada tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia).

Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang, sehingga buah ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, produksi buah ini telah merembet dan meluas ke wilayah Selandia Baru, Australia dan Israel. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit.

Di Indonesia, Malaysia dan Thailand, produksi buah ini umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura; namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain. Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan buah ini di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur, di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.

Ciri – Ciri Buah

Ada dua buah ini, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat. Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi. Pada umumnya kadar tanin akan terus menurun seiring dengan proses pematangan buah. Sejalan dengan itu rasa sepatnya juga akan berkurang.

Dalam tradisi budidaya di Indonesia, sebelum diperam seringkali buah ini direndam terlebih dahulu dalam larutan kapur. Tujuannya untuk menghilangkan rasa sepat. Perlakuan ini menyebabkan kulit buah kesemek seperti dibubuhi bedak berwarna putih. Di negara lain digunakan beberapa metode untuk menurunkan rasa sepat pada buah ini. Diantaranya dengan menggunakan alkohol, karbondioksida, air panas, teknik pendinginan dan teknik iradiasi.

Kesemek - Buah Langka Kaya Akan Manfaat

Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Buah kesemek yang sudah matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium.

Buah-Kesemek1

Pohon Buah Kesemek

Pohon buah ini berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.

Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan daun kelopak yang tidak rontok. Buah ini sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah.

Video Liputan Budidaya Kesemek

Khasiat Buah Kesemek

Selain dapat dikonsumsi langsung, buah ini juga memilki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut beberapa manfaat yang terkandung didalam buah ini :

1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang banyak baik, yaitu sekitar 7,5 mg. Apabila mengkonsumsi buah ini secara teratur, maka manfaat buah ini dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini ternyata hanya memiliki lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak megandung lemak di dalamnya. itulah sebabnya mengapa buah ini dapet bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai cemilan sehat yang tidak membuat gemuk.

3. Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Dalam buah ini terdapat kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat, sehingga pada gilirannya dapat membantu dalam produksi sel darah merah. Buah ini sangat baik untuk di konsumsi bagi penderita anemia.

4. Meningkatkan Stamina dan Energi

Agar terhindar dari stress dan kelelahan, mengonsumsi segelas jus kesemek merupakan pilihan yang tepat, karena dapat meningkatkan stamina dan energi untuk melakukan aktivitas keseharian Anda.

5. Sebagai Sumber Phytochemicals

Buah ini banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik, yang mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya.

6. Anti-Haemorrhoid Alami

Buah ini diketahui telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan dari luka sejak dahulu kala, karena buah ini memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir.

7. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah ini sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan. Seperti telah kita ketahui bahwa makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik bagi sistem pencernaan. Begitu juga dengan buah kesemek yang memiliki serat sebesar 3,6 gram, maka dengan mengonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, buah ini juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare.

8. Bagus Untuk Hipertensi

Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan dapat memicu timbulnya hipertensi atau darah tinggi. Buah ini memiliki 1 mg atau 0% sodium di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa buah kesemek baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

9. Membantu Menjaga Fungsi Hati

Dengan mengonsumsi buah ini dapat membantu menjaga dan menyehatkan hati Anda. Karena buah ini kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Antioksidan juga mampu mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel.

10. Membantu Melawan Kanker

Dengan mengandung antioksidan yang tinggi, maka buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.

11. Mencegah Penyakit Menular

Buah kesemek adalah sumber fitokimia, antioksidan, polifenol, dan katekin. Zat-zat tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mencegah serangan penyakit menular. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati buah ini, yaitu dengan memakannya secara langsung atau menjadikannya jus. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat jus kesemek yang baik untuk kesehatan.

12. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan

Buah ini banyak mengandung vitamin A atau sekitar 81 IU per 100 gram, jadi buah kesemek dapat meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah gangguan penglihatan, segera mengonsumsi buah kesemek agar terhindar dari masalah tersebut.

13. Sebagai Obat Alami Masalah Cegukan

Cegukan adalah kontraksi yang tidak sengaja terjadi pada diafragma dan biasanya muncul secara tiba-tiba dan berulang. Pasti Anda pernah mengalami cegukan, kan? Praktisi medis China meyakini bahwa buah kesemek dapat mengatasi masalah cegukan.

14. Mengurangi Retensi Air

Kesemek memiliki efek diuretik, sehingga bermanfaat untuk menghentikan retensi air sekaligus meningkatkan jumlah urin yang keluar melalui ginjal. Selain itu kandungan kalium di dalamnya mampu memastikan tidak ada mineral penting yang hilang saat buang air kecil.

15. Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, pasti sering merasa cepat lapar, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif kudapan untuk menunda lapar. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung banyak serat dan juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Bahaya Terlalu Banyak Memakan Buah Kesemek

  • Pada kasus-kasus yang langka terjadi, kesemek menjadi penyebab munculnya bezoar, atau gumpalan yang menyumbat saluran pencernaan. Makanlah kesemek dalam jumlah sedikit jika Anda memiliki masalah pencernaan, atau jika pernah menjalankan operasi pirau lambung.
  • Setidaknya satu orang mengalami pusing dan muntah karena menyantap biji kesemek. Biasanya, biji kesemek digiling dan dipanggang sebagai cara untuk memperbanyak pasokan kopi. Agar aman, cobalah untuk mengonsumsinya jumlah kecil, dan jangan memakan dalam keadaan mentah.
  • Jangan memberi kesemek pada hewan. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pencernaan, dan bijinya berbahaya untuk anjing, kuda, dan spesies lain

Cara Mengolah Buah Kesemek

Seperti dijelaskan diatas, buah yang satu ini kaya akan manfaat, selain dimanfaatkan buahnya, buah ini juga dapat dimanfaatkan daunnya untuk pengobatan. Dalam 100 gram daun kesemek terkandung 704 vitamin C. Itulah sebabnya kini telah banyak daun kesemek digunakan sebagai bahan membuat minuman sehat. Karena, daun buah ini berkhasiat mencegah arteriosklerosis, mengatasi radang dan menghentikan pendarahan. Sedangkan buahnya dapat dimakan begitu saja atau diolah menjadi makanan dan minuman seperti salad, selai, manisan, pudding, pie, es rujak, es buah, dan jus.

Cara Mebuat Jus Kesemek

jus-buah-kesemek

Cara membuat jus kesemek sangatlah mudah dan sederhana, Anda bisa mencoba dan mempraktekannya langsung dirumah. Berikut langkah – langkah untuk membuat jus kesemek :

  • Ambil 2-3 buah kesemek yang segar.
  • Cuci buah tersebut hingga bersih.
  • Keringkan buah dengan handuk bersih atau tisu.
  • Kemudian, potong buah menjadi dua bagian dengan pisau.
  • Setelah itu, buang bijinya.
  • Jika Anda mau, Anda juga bisa mengupas kulitnya sebelum memotong dan membuat jus.
  • Setelah itu, letakkan potongan buah kesemek dalam blender. Tambahkan setengah gelas air ke dalamnya.
  • Kemudian diblender hingga jus mengental.
  • Selesai, dan jus kesemek bisa Anda nikmati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *