Posted on

Mengenal Mangga Chokanan, “Miracle Mango” yang Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

mangga chokanan

Mangga Chokanan – merupakan varietes mangga yang berasal dari Thailand yang mampu berbuah 2-3 kali dalam setahun dan memiliki rasa semanis madu. Beberapa jenis mangga yang biasanya memiliki musim panen 1 kali dalam setahun, hal ini tidak berlaku bagi Mangga Chokanan yang mampu berbuah tanpa mengenal musim.

Dengan produktivitas yang sangat tinggi, 1 pohon mangga Chokanan mampu menghasilkan buah sekitar 60-120 kg dalam setahun. Fakta inilah yang mendasari mengapa Mangga ini mendapatkan julukan sebagai Miracle Mango atau Mangga Ajaib.

Selain itu rasa dari Mangga Chokanan juga sangat istimewa dengan rasa yang sangat manis dan mirip dengan rasa madu alami. Sehingga wajar saja jika banyak orang yang menyukai jenis mangga ini untuk dikonsumsi saat matang sempurna atau pun masih muda.

Selain keunggulan yang telah disampaikan di atas, pada pembahasan kali ini akan diulas secara lengkap tentang berbagai kandungan yang ada di dalamnya dan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jenis mangga ini.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Mangga Chokanan: Mangga Unggul yang Berasal dari Thailand

 

Mangga Chokanan atau ada yang menyebutnya dengan Mangga Chauk Anan atau Chooke Anan merupakan salah satu jenis mangga unggulan yang berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand. Seperti yang telah kami sampaikan di atas, jenis mangga ini termasuk tanaman yang cepat berbuah dengan daging buah yang sangat manis.

Mangga ini memiliki nama latin Mangifera sp yang mampu hidup di dataran rendah dengan tanah yang gembur dan ketersediaan air yang cukup. Hal lain yang perlu Anda perhatikan dengan baik saat menanam jenis mangga ini adalah perhatikan agar mangga mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk bisa tumbuh dengan optimal.

Tidak Rumit Membudidayakan Mangga Chokanan

Mangga ini memiliki sifat yang mudah dipelihara, sehingga sangat cocok untuk ditanam di dalam pot. Anda tidak perlu memberikan perawatan yang rumit, sebab hal penting yang perlu diperhatikan hanya penyiraman tanaman yang dilakukan 2 kali dalam sehari, mendapatkan sinar matahari langsung, dan mendapatkan asupan nutrisi dari pupuk untuk menunjang pertumbuhannya.

mangga chokanan

Buah Mangga Chokanan akan mulai terlihat pada tahun ketiga sejak masa penanaman dan mampu berbuah sampai 3 kali dalam setahun jika dirawat dengan baik.

Jika diperhatikan dengan baik, maka Anda akan menemukan bahwa buah mangga Chokanan memiliki karakteristik yang sangat unik. Pada saat mangga berumur muda, maka buah akan berwarna hijau dengan rasa yang asam dan saat telah matang sempurna, mangga akan berubah menjadi kuning terang dengan rasa yang sangat manis. 1 buah mangga ini mampu mencapai bobot 350-450 gram dengan daging buah yang tidak berserat dan berair.

Karakteristik Mangga Chokanan, Juara dari Thailand

Nama Ilmiah                                       : Mangifera sp

Daerah Asal                                        : Thailand

Asal Bibit                                             : Hasi okulasi

Ukuran Bibit                                       : 50 cm – 70 cm

Rekomendasi dataran                    : Dataran rendah / Ketinggian 800 mdpl

Iklim Tumbuh                                    : Dataran rendah / suhu panas 30–35c

Kebutuhan Sinar Matahari            :Sepanjang hari

Masa berbuah                                   : Berbuah dalam 3–5 tahun

Media Tanam                                     : Tanah dan humus

Penyiraman                                        : Penyiraman dua kali sehari.

Kandungan Gizi di Dalam Mangga Chokanan dengan Berat 100 Gr

Kandungan Nutrisi                           Jumlah per 100 gram                      % AKG

Protein                                                 0.8 g                                                      1 %

Vitamin A                                            0.04 mg                                                                21 %

Vitamin B6                                          0.05 mg                                                                5 %

Vitamin B12                                        0.16 mg                                                                0 %

Vitamin C                                             20.5 mg                                                                60 %

Lemak                                                   0.4 g                                                      –

Karbohidrat                                        15 g                                                        5 %

Sodium                                                 1 mg                                                      –

Potasium                                             168 mg                                                 4 %

Zat Besi (Fe)                                       1.9 mg                                                  1 %

Magnesium                                        22.5 mg                                                                2.3 %

 

Dengan informasi yang telah disampaikan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa Mangga Chokanan memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Di dalam buah Mangga ini terdapat kandungan Gula, Karbohidrat, Lemak, Protein, Kalsium, Vitamin C, Vitamin A, dan Zat Besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalamnya, mangga Chokanan menyimpan cukup banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Selanjutnya kami akan membahas tentang beberapa manfaat penting yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi Mangga Chokanan sebagai pelengkap nutrisi harian.

8 Manfaat Nyata yang Bisa Anda Rasakan dari Mangga Chokanan

 1. Sebagai Penunjang Nutrisi Kesehatan Mata

Dengan kandungan Vitamin A yang cukup tinggi menjadikan Mangga ini sangat bermanfaat sebagai nutrisi alami untuk kesehatan mata Anda. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan.

2. Mengatasi Masalah Anemia yang Diderita

Anemia atau kekurangan darah merah bisa Anda atasi dengan rutin mengonsumsi Mangga Chokanan sebagai makanan sehari-hari. Hal ini bisa terjadi dikarenakan Mangga ini memiliki kandungan Zat Besi yang membantu sel darah merah berkembang dan mengatasi masalah Anemia yang diderita.

3. Mencegah Perkembangan Sel Kanker di Dalam Tubuh

Sel kanker yang berkembang di dalam tubuh sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kematian kepada para penderitanya. Hal ini bisa Anda cegah dengan rutin mengonsumsi Mangga Chokanan sebagai makanan alami yang mampu menahan laju pertumbuhan sel kanker. Mangga Chokanan mampu memberikan nutrisi kepada tubuh agar lebih sehat dan terhindar dari kerusakan akibat sel kanker yang menyerang.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Selain kanker, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mampu membunuh para penderita yang mengidapnya. Mangga Chokanan memiliki kaandungan gizi yang baik untuk menyehatkan jantung Anda. Sehingga jantung lebih sehat dan mampu mencegah berbagai penyakit yang menyerang.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Saat Anda kekurangan kandungan serat di dalam tubuh, maka resiko yang harus Anda hadapi adalah sembelit atau sulit buang air besar. Jika hal ini terus terjadi tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kecukupan akan serat bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi buah Mangga Chokanan. Jenis mangga ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Sistem pencernaan Anda bisa lebih lancar dengan kandungan serat yang ada di dalam Mangga Chokanan

6. Membantu Menurunkan Kolestrol

Jika saat ini Anda menderita kolesterol yang tinggi, maka solusi yang bisa dimanfaatkan adalah dengan mengonsumsi Mangga Chokanan. Mangga Chokanan merupakan makanan sehat yang mampu membantu Anda untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

7. Mampu Mengontrol Kadar Gula di Dalam Darah

Buah-buahan termasuk di dalamnya jenis Mangga Chokanan memiliki gula alami yang sangat baik untuk tubuh Anda. Gula alami yang ada di dalamnya tidak akan menaikkan kadar gula di dalam tubuh Anda. Para penderita diabetes pun sangat baik untuk mengonsumsi buah Mangga Chokanan sebagai makanan pelengkap nutrisi.

8. Sumber Antioksidan Alami

Seperti yang kita ketahui bersama melalui data yang disampaikan di atas bahwa Mangga Chokanan memiliki kandungan Vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Vitamin C yang ada di dalamnya bisa membantu Anda menangkal efek yang berbahaya yang ditimbulkan oleh paparan radikal bebas di dalam tubuh.

Bagaimana?

Sangat banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan keberadaan Mangga Chokanan ini. Mulai dari antioksidan alami, sumber Vitamin C yang tinggi, dan manfaat untuk kesehatan mata.

Dengan rasanya yang manis dan mampu dipanen sampai 3 kali dalam 1 tahun menjadikan buah Mangga Chokanan sebagai jenis mangga yang sangat menguntungkan jika dibudidayakan. Belum lagi dengan fakta bahwa merawat jenis tanaman ini tidak terlalu rumit dan bisa ditanam di dalam pot.

Semoga informasi lengkap yang telah kami sampaikan di atas berkaitan dengan Mangga Chokanan bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua yang telah membacanya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut berkaitan dengan topik di atas, silahkan ajukan pertanyaan kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Jika Anda merasa artikel ini memberikan banyak manfaat, jangan lupa untuk membagikannya agar semakin banyak orang yang mengetahui tetang manfaat dan keunggulan dari Mangga Chokanan.

Semoga menginspirasi!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *