Posted on

Tergoda Bau Mangga Harum Manis yang Melegenda! Ini 7 Manfaat yang Terkandung di Dalamnya

mangga harum manis

Mangga Harum Manis – Buah mangga merupakan buah yang berasal dari Asia dan terus menyebar ke seluruh pelosok Indonesia. Di Indonesia sendiri ada banyak varian mangga dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Di Indramayu ada jenis mangga yang sudah sangat terkenal oleh sebagian besar masyarkat, namanya adalah Mangga Harum Manis.

Bagi Anda yang berkunjung ke Indramayu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang jenis mangga yang satu ini. Ada banyak sekali pedagang yang menjajakan Mangga Harum Manis di Indramayu, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan buah ini saat berkunjung.

Ciri khas yang membedakan Mangga Harumanis dengan jenis mangga yang lainnya adalah bau atau wanginya yang sangat khas dengan rasa buah yang semanis madu. Sehingga tidak heran banyak sekali orang yang tergoda dan mencicipi Mangga Harum Manis.

Namanya yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia menjadikan buah ini tidak pernah sepi dari permintaan. Jika Anda mencari buah Mangga Harumanis saat belum musimnya, maka siap-siap mengeluarkan kocek yang lebih dalam. Sebab, harga Harumanis bisa melonjak tinggi di pasaran.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap berkaitan dengan Mangga Harum Manis dan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya.

Mengenal 4 Karakteristik Utama Mangga Harum Manis

 

Sebelum masuk ke pembahasan yang utama, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang 4 karakteristik Mangga Harumanis yang perlu diketahui.

Mangga Harumanis memiliki warna kulit luar yang berwarna hijau tua yang dilapisi dengan lilin. Pada bagian pangkal buah, Anda akan menemukan kulit buah dengan warna yang hijau kekuningan

-Karakteristik selanjutnya adalah Mangga Harum Manis memiliki bintik-bintik putih di seluruh permukaan kulitnya.

-Di bagian dalamnya Anda akan menemukan daging buah yang tidak berserat, daging yang tebal, dan rasa buah yang manis

-Biji Mangga Harumanis memiliki ukuran yang kecil, pipih, dengan ukuran sekitar 13-14 cm.

-Ukuran panjang buahnya mencapai 15 cm dengan berat buah mencapai 450 gram. Hal yang tidak kalah menarik adalah Mangga Harumanis bisa menghasilkan sekitar 50 kg/pohon

-Ciri terakhir yang menjadi pembeda Mangga Harumanis dengan jenis mangga yang lain adalah aromanya yang sangat harum saat matang sempurna.

7 Manfaat Luar Biasa dari Mangga Harum Manis dan Kandungan di Dalamnya

 

1. Kandungan Vitamin C yang Tinggi

Mangga Harumanis memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi terutama saat mangga masih belum matang secara sempurana. Jika telah matang sempurna, kandungan Vitamin C di dalam Mangga Harum Manis akan berkurang. Dengan demikian, jika Anda ingin mendapatkan asupan Vitamin C yang tinggi untuk tubuh, sebaiknya mengonsumsi Mangga Harum Manis saat masih muda.

2. Sumber Antioksidan yang Baik Bagi Tubuh

Saat kebutuhan Antioksidan di dalam tubuh sudah terpenuhi, maka sistem imun di dalam tubuh akan meningkat dan mampu melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas. Mangga Harumanis memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin A, dan Flavonoid yang bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

3. Membuat Tubuh Merasa Kenyang Lebih Lama dan Cocok Sebagai Makanan Diet

Di dalam Mangga Harumanis terdapat kandungan Pektin yang bisa membantu proses pencernaan untuk memperlambat saat mencerna makanan. Kondisi yang demikian bisa membantu tubuh bisa merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Mangga Harum Manis sangat cocok untuk dijadikan makanan saat Anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Mangga Harum Manis bisa dijadikan camilan sehat dan membantu Anda untuk mengurangi camilan yang tidak sehat dan mengganggu program diet yang dilakukan.

4. Melancarkan Proses Pencernaan Tubuh

Masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bisa diatasi dengan mudah dengan rutin mengonsumsi Mangga Harum Manis. Mangga Harum Manis memiliki kandungan selulosa yang sangat bermanfaat untuk membantu tubuh melancarkan proses pencernaan.

5. Menstabilkan Tekanan Darah dan Detak Jantung

Kandungan bermanfaat yang selanjutnya adalah Kalium yang terbukti membantu tubuh menstabilkan detak jantung. Detak jantung yang stabil bisa menjadikan tubuh terhindari dari resiko penyakit jantung koroner. Selain itu, Kalium juga sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menstabilkan tekanan darah dan mengurangi resiko darah tinggi dan penyakit stroke.

Dengan kandungan luar biasa yang ada di dalam Mangga Harum Manis menjadikan buah ini sangat cocok untuk dijadikan makanan sehat sehari-hari. Mangga Harum Manis bisa melengkapi berbagai nutrisi harian yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet juga bisa mengonsumsi buah ini sebagai makanan penunjang.

Membudidayakan Mangga Harum Manis

 

Selain berbagai manfaat kesehatan seperti dan kandungan A, Zat Besi,  Kalium, dan lain sebagainya. Mangga Harum Manis juga memiliki daya tarik yang luar biasa di mata para pembudidaya tanaman. Hal ini dikarenakan Mangga Harum Manis termasuk dalam mangga yang sangat mudah dirawat dan hasil produksinya pun sangat tinggi.

Bagaimana menentukan Mangga Harum Manis siap panen?

Mangga Harumanis akan dipanen saat telah matang secara sempurna, ciri-ciri utama yang bisa Anda perhatikan adalah warna buah yang mulai menguning. Buah yang siap panen memiliki umur sekitar 4-5 bulan sejak bunga mulai mekar. Jangan memanen buah terlalu cepat dan belum matang dengan sempurna, sebab rasa buah akan terasa asam dan kelat serta sangat tidak enak untuk dikonsumsi.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah disaat akan memetik buah dari pohonnya. Anda harus berhati-hati memetik buah Mangga Harum Manis, jangan sampai buah jatuh dan getahnya mengenai buah tersebut.

Secara umum, Mangga Harum Manis mulai berbunga pada bulan Juli – Agustus dan mulai matang dan siap untuk dipanen pada bulan September – Desember.

Olahan Mangga Harum Manis yang Bisa Dicoba

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati manfaat dari Mangga Harum Manis. Jika tidak mau repot, maka Anda bisa mengonsumsi mangga secara langsung dalam keadaan segar. Selain itu Mangga Harum Manis juga bisa diolah menjadi jus yang segar dengan diblender dan dicampur dengan es batu.

Suka mangga muda?

Tidak ada salahnya untuk menjadikan Mangga Harum Manis yang masih muda sebagai bahan membuat rujak yang segar. Rujak mangga akan semakin nikmat dengan dilengkapi bumbu garam dan cabai yang semakin menyegarkan. Menyantap sajian ini di siang hari bersama dengan keluarga besar merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Selain olahan di atas, ada juga produsen makanan yang mengolah Mangga Harum Manis sebagai buah kering atau dikalengkan agar bisa dikonsumsi dan disimpan dalam waktu yang lebih lama. Dengan demikian bisa menambah nilai jual di pasaran, jika dibandingkan langsung menjualnya dalam kondisi segar.

Apapun olahan yang ingin Anda coba, kandungan baik yang ada di dalam Mangga Harum Manis tetap bisa Anda manfaatkan dengan berbagai cara.

Kesimpulan

Ciri utama dari Mangga Harumanis adalah aromanya yang sangat khas dan mampu menarik banyak orang untuk mencobanya. Dengan daging buah yang tebal dan rasa buah yang manis tidak heran banyak sekali masyarakat yang menggemari Mangga Harum Manis.

Selain rasanya yang enak dan menggoda, Mangga Harumanis juga memiliki kandungan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah kandungan Vitamin C, antioksidan, dan selulosa yang mampu membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar.

Bagi pembudidaya yang berkeinginan untuk menanam Mangga Manalagi, maka beberapa keunggulan yang akan didapatkan adalah produktivitas yang sangat tinggi dan kemudahan proses penanaman.

Kami berharap informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua yang telah membacanya.

Jika masih ada pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk membagikan tulisan ini melalui media sosial yang dimiliki agar semakin banyak orang yang mengetahui keunggulan dan manfaat baik di dalam Mangga Manalagi.

Semoga menginspirasi!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *