Posted on

Mangga Manalagi – Varietes Mangga Dari Jawa Timur yang Diburu Banyak Orang

Mangga Manalagi – Buah Mangga termasuk buah yang sangat dikenal dan digemari oleh masyarakat di Indonesia. Kata Mangga berasal dari bahasa Malayan yaitu Maanga yang selanjutnya dibawa oeh orang Portugis ke Eropa dan diserap menjadi kata Manga atau Mango dalam Bahasa Inggris.

Jika dilihat dari asal usulnya, buah Mangga berasal dari wilayah India dan Burma yang selanjutnya terus menyebar ke Asia Tenggara sejak 1.500 tahun yang lalu. Dengan menyebarnya buah mangga ke bagian Asia Tenggara, salah satunya wilayah Indonesia, membuat buah ini memiliki banyak nama dalam bahasa daerah. Di Indonesia sendiri, buah mangga juga disebut pelem oleh sebagian masyarakat.

Bagaimana dengan bentuk pohonnya?

Pohon Mangga sangat besar dan bisa mencapai tinggi 40 meter bahkan bisa lebih, namun rata-rata tinggi pohon mangga sekitar 10 meter saja. Pohon mangga memiliki cabang-cabang yang kuat dengan batang utama yang tegak lurus serta daun-daun yang lebat dan rindang.

Itulah informasi sekilas tentang buah Mangga secara keseluruhan dan pada pembahasan kali ini kami akan berfokus untuk membahas tentang Mangga Manalagi. Pembahasan akan dimulai dari asal muasal Mangga Manalagi, kandungan gizi di dalamnya, dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Seperti apa?

Mangga Manalagi dan Karakteristik yang Melekat

 

Mangga Manalagi merupakan jenis mangga yang berasal dari Jawa Timur, lebih tepatnya berasal dari wilayah Probolinggo. Buah Mangga Manalagi memiliki ukuran yang kecil dan sedang dengan kulit luar yang berwarna hijau dan tebal.

Jika diperhatikan dengan seksama, maka Anda akan mendapatkan bahwa Mangga ini memiliki bintik-bintik putih yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis mangga yang lain.

Untuk rasanya?

Jangan ditanya untuk masalah ini, sebab Mangga Manalagi memiliki daging buah yang tebal dan padat dengan rasa yang sangat manis. Hal yang membuat orang sangat menyukai jenis buah ini adalah rasanya yang hampir tidak ada rasa asam yang menyertai.

Jika Anda berniat untuk membudidayakan jenis tanaman ini, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik agar Mangga Manalagi bisa tumbuh dengan optimal. Mangga Manalagi bisa tumbuh dengan baik saat ditanam di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 300 mdpl serta tingkat curah hujan sekitar 750-2.250 mm per tahun.

Anda juga harus memperhatikan kondisi tanah agar ditanam pada tanah yang gembur dengan drainase yang baik.

Cara Mudah Membedakan Mangga Manalagi Dengan Jenis Mangga yang Lain

Bagi Anda yang awam dan belum terbiasa untuk membedakan berbagai jenis mangga, maka bisa sangat sulit untuk membedakan jenis Mangga Manalagi dengan jenis mangga yang lain. Tidak perlu khawatir dengan permasalahan di atas, sebab kami akan memberikan solusi mudah agar Anda bisa membedakan jenis Mangga Manalagi dengan jenis mangga yang lain.

Mangga Manalagi dan Mangga Arumanis

Meskipun sama-sama berasal dari Jawa timur, kedua jenis mangga ini memiliki beberapa perbedaan mencolok yang bisa diperhatikan.

Jika diperhatikan dengan baik, Mangga Arumanis memiliki ujung buah yang meruncing dengan pangkah buah yang berwarna merah. Mangga Arumanis juga memiliki kulit buah yang tipis dan tidak terlalu tebal, namun memiliki daging buah yang tebal. Hal ini sangat berbeda dengan Mangga Manalagi yang memiliki kulit buah yang lebih tebal dengan bintik putih yang lebih banyak dibandingkan Mangga Arumanis.

Selanjutnya, Mangga Arumanis memiliki buah dengan warna kuning yang lunak, tidak memiliki serat, dan memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam pada bagian ujungnya. Di sisi yang lain, Mangga Manalagi memiliki daging buah yang lebih padat, berserat, dan hampir tidak memiliki rasa asam sama sekali.

Dari bijinya, Mangga Arumanis memiliki biji yang berukuran kecil dan berbentuk lonjong pipih, buahnya bisa mencapai ukuran 15 cm dengan berat mencapai 450 gram. Banyak orang yang membudidayakan Mangga Arumanis karena tingkat produktivitasnya yang sangat tinggi, sebab hanya dari 1 pohon bisa menghasilkan sekitar 50 Kg setiap kali panen.

Mangga Manalagi dan Mangga Golek

Perbedaan selanjutnya dilihat dari bentuk daun, dimana Mangga Manalagi memiliki daun buah yang lebih lonjong dengan bagian ujung yang runcing. Dari ukuran buah, Mangga Manalagi lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis Mangga Golek. Ada juga jenis Mangga Manalagi yang berukuran sedang dengan kulit buah yang hijau, tebal, berlilin, dan dipenuhi banyak bintik putih di bagian kulit buahnya.

Bagi Anda yang menyukai tekstur buah yang padat dan berserat, maka Mangga Manalagi merupakan pilihan tepat yang bisa dikonsumsi.

Karakteristik Mangga Golek yang paling mencolok adalah ukuran buahnya yang lebih besar dan panjang meruncing. Mangga Golek memiliki rasa buah yang manis dengan harum yang tajam, lebih lunak, tidak berserat, dan memiliki banyak kandungan air.

Manfaat Utama Mangga Manalagi Bagi Kesehatan dan Kandungan di Dalamnya

 

mangga manalagi

Tidak lengkap rasanya jika pembahasan tentang Mangga Manalagi ini tidak disertai dengan kandungan yang ada dan berbagai manfaat baik di dalamnya. Selanjutnya, kami akan membahas tentang kandungan yang ada di dalam Mangga ini dan manfaat yang bisa didapatkan.

Kandungan Gizi Mangga per 100 gram

Asam pantotenat (B5)                    0,16 mg

Besi                                                        0,13 mg

Betakaroten                                       445 mg

Serat                                                     1,8 g

Folat (Vit. B9)                                     14 mg

Fosfor                                                   11 mg

Gula                                                       14,8 g

Kalium                                                  156 mg

Kalsium                                                 10 mg

Karbohidrat                                        17 g

Thiamine (Vit. B1)                            0,058 mg

Vitamin A equivalen                       38 mg

Vitamin B6                                          0,134 mg

Vitamin C                                             27,7 mg

Lemak                                                   0,27 g

Magnesium                                        9 g

Niacin (Vit. B3)                                  0,057 mg

Protein                                                 0,51 g

Riboflavon (Vit. B2)                          0,057 mg

Zinc                                                        0,04 mg

 

Merasakan Manfaat Baik yang Terkandung Dalam Mangga Manalagi

1. Sumber Antioksidan Pada Tubuh

Tubuh Anda sangat membutuhkan Antioksidan untuk menjaga sistem imun agar tidak mudah terserang penyakit. Mangga Manalagi memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi dan bisa memberi manfaat harian bagi tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk mentralkan radikal bebas pada tubuh dan meningkatkan sistem imunitas.

2. Sangat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain sebagai sumber Antioksidan yang baik bagi tubuh, Mangga yang memiliki kandungan Vitamin C dan serat yang tinggi bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Dengan demikian, berbagai penyakit yang disebabkan oleh kadar kolestrol tinggi bisa Anda cegah dengan cara rutin mengonsumsi Mangga Manalagi.

Sangat luar biasa bukan?

Dibalik rasanya yang manis dengan daging buah yang tebal, ternyata buah Mangga ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Mendapatkan manfaat kesehatan tidak harus selalu lewat makanan yang pahit dan tidak enak di lidah. Mangga Manalagi membuktikan bahwa hidup sehat bisa Anda jalani tanpa harus menyiksa diri.

Apa Anda Tertarik Mencoba?

Nama Manalagi, konon berasal dari kebiasaan orang yang mengatakan “Mana Lagi Buahnya?” dan hal ini mereka katakan karena ketagihan untuk menikmati jenis mangga ini lagi dan lagi.

Melalui penjelasan di atas maka dapat kita pahami bahwa Mangga Manalagi merupakan varietas mangga yang berasal dari Jawa Timur. Karakteristik utama yang melekat dari jenis mangga yang satu ini adalah ukuran buahnya yang kecil dengan bintik-bintik putih yang banyak di bagian kulit luarnya.

Daging buahnya juga padat dan berserat dengan rasa buah yang hampir tidak ada rasa asamnya sama sekali. Sehingga Mangga Manalagi sangat cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka rasa asam yang biasanya ada pada beberapa jenis mangga.

Itulah penjelasan lengkap tentang Mangga Manalagi yang bisa kami sampaikan untuk Anda semua. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda yang membacanya.

Jika masih ada pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas atau masih bingung dengan berbagai penjelasan di atas, maka silahkan saja bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini melalui media sosial yang dimiliki agar semakin banyak orang yang mengetahui tentang keunggulan dan manfaat dari Mangga Manalagi.

Semoga menginspirasi!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *