Posted on

Mengenal Mangga Madu

Mangga Madu –  atau yang secara internasional dikenal dengan nama Tommy Atkins Mango ini memiliki cita rasa manis yang sudah terasa betul meski mangga mungil ini masih mentah alias belum matang sempurna (mengkel).Tahukah Anda bahwa selain manis madu, terdapat juga beberapa buah yang memiliki rasa manis yang hampir serupa dengan madu? Salah satu buah super tersebut berasal dari varites mangga. Madu dihasilkan dari sari-sari tumbuhan yang diserap oleh lebah dan dikumpulkan di remah-remahnya.

Misalnya saja mangga chokanan yang berasal dari Thailand ini sering juga dikenal dengan nama mangga madu sebab rasanya memang manis segar. Mangga ini digemari memang karena rasanya yang khas madu, di Inggris dan Amerika Serikat, kabarnya sebanyak 80% seluruh buah mangga yang beredar di pasaran adalah jenis Tommy Atkins Mango atau si mangga madu ini.

Pada dasarnya agak susah menentukan jenis mangga madu sebab biasanya penikmat mangga akan menamai mangga favorit mereka dengan nama madu berdasarkan rasa yang mereka cicipi. Meski demikian, sebagai penikmat mangga sejati, Anda harus mengenal juga salah satu mangga yang memang diberi nama mangga madu, tepatnya mangga madu afrika/mangga madu anggur. Di sisi lain tak jarang pula yang menamai mangga apel juga gedong gincu sebagai mangga madu sebab rasa mereka juga manis.

Tanaman mangga madu ini digolongkan ke dalam jenis mangga yang tumbuh subur di daerah dataran rendah. Mangga ini berasal dari Afrika selatan dan memang populer di pasaran mancanegara. Meski diklaim berasal dari Afrika, namun secara botani, mangga ini juga sangat banyak dijumpai tumbuh secara liar di wilayah Hawaii dan juga Florida.

Bibitnya biasanya diperoleh dengan sistem okulasi, dan di beberapa toko tanaman dijual dengan harga yang cukup fantastis untuk ukuran bibit, yakni Rp.65.000 sampai Rp.250.000 tergantung ukuran. Untuk mangga ini dengan cita rasa terbaik sedunia, rasanya jumlah harga yang dibayarkan per bibit tersebut cukup sepadan. Untuk mendapatkan bibitnya silahkan klik disini.

Adapun jenis tanah yang paling ideal ditanami dengan mangga ini adalah tanah yang gembur, pH antara 5 sampai 5,6, kaya akan zat nitrogen serta memiliki sistem drainase yang baik tentunya. Buah manis nan segar ini juga cocok ditanam dengan sistem tabulampot atau tanaman buah dalam pot.

Cara Budidaya Pohon Mangga Madu

Setelah mengenal pohon mangga madu, anda tertarik untuk membudidayakannya bukan? Jika iya, anda harus tahu lebih dahulu bagaimana cara menanan dan berapa jarak tanam mangga madu yang ideal. Selain dari fisiknya, pohon mangga ini juga bisa dilihat dari aromanya. Baik daun maupun buah mangga ini memiliki aroma harum yang khas namun tak terlalu menyengat.

Cara menanan pohon mangga madu yang sering digunakan adalah dengan menanan biji, sambung pucuk, okulasi atau dengan cangkok. Setelah bibitan mangga madu siap ditanam, langkah selanjutnya adalah menanam pada lahan yang disediakan. Untuk melakukannya, sediakan lubang dengan kedalaman  40-50 cm  dan jarak tanam 6-8 meter. Jarak selebar ini diperlukan agar akar tanaman dapat berkembang secara maksimal. Setelah pohon ditanam, lakukan perawatan dengan melakukan pemupukan secara rutin. Perawatan lain yang diperlukan adalah penyemprotan dengan pestisida dan penyemprotan dengan air bersih secara berkala. Lakukan pula pemotongan ranting jika diperlukan. Perlu anda ingat bahwa penyiraman bagian atas/ daun harus dihentikan ketika pohon mulai berbunga.

Itulah cara budidaya dan merawat tanaman mangga madu yang mudah dengan hasil melimpah. Dengan menerapkan  teknik tanam diatas, pohon mangga ini akan menghasilkan 10 atau lebih buah mangga pada setiap ranting bunganya.

Ciri-ciri Mangga Madu

Jika diperhatikan dengan seksama, daun pohon mangga ini akan terlihat jarang dan terpencar jika dibandingkan dengan pohon mangga lainnya. Akan tetapi, pohon mangga ini memiliki ciri khusus, misalnya dari batang pohon yang lebih ramping dan pendek. Dari segi rasa, mangga ini memiliki rasa manis yang segar seperti perpaduan antara mangga golek dengan arum manis. Ciri fisik lain dari pohon mangga ini terletak dari bentuk buahnya yang khas. Dibandingkan dengan jenis mangga lainnya, buah mangga ini umunya lebih kecil. Jika dibelah, danging buah mangga akan nampak putih kekuning-kuningan, bertekstur lembut namun memiliki daging buah yang tebal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *