Posted on

Plum – Buah Luar Biasa yang Membantu untuk Diet Sehat Tanpa Menyiksa

Plum merupakan jenis buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Beta Caroten, Lutein, Zat Besi, Magnesium, dan Fluoride yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Banyak masyarakat yang sangat menyukai buah ini dan mengonsumsinya dalam keadaan segar atau pun dijadikan jus. Buah Plum memiliki rasa yang manis asam dan sangat menyegarkan saat dikonsumsi.

Selain keistimewaan tersebut, tahukah Anda bahwa buah yang memiliki harga yang lumayan tinggi ini menyimpan manfaat yang besar bagi tubuh. Buah ini ternyata bisa membantu Anda menjalani program diet dan membantu untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengupas secara lengkap kandungan gizi yang ada di dalam buah ini, olahan buah plum yang bisa bermanfaat untuk diet, dan manfaat yang lainnya.

Selamat membaca!

3 Efek Luar Biasa Buah Plum Bagi Tubuh Anda

 

1. Mengatasi Obesitas

Berat badan yang berlebihan akan  sangat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Liverpool membuktikan bahwa buah ini mampu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Jadi Anda yang sedang bermasalah dengan berat badan yang berlebihan bisa mulai menambahkan buah plum sebagai menu diet sehari-hari.

Di dalam buah ini terdapat kandungan flavonoid, antosianin, asam klorogenik, dan kuersetin yang membantu tubuh untuk menghindari masalah obesitas dan berbagai penyakit kardiovaskular. Hal luar biasa dari buah plum lainnya adalah mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel tubuh Anda.

2. Sangat Bermanfaat Bagi Sistem Pencernaan Tubuh

Gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit bisa Anda atasi dengan rutin mengonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan di dalam buah plum terdapat kandungan sorbitol dan isatin yang mempunyai efek pencahar dan mendorong zat sisa makanan di dalam usus menjadi lebih lancar.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan gangguan pencernaan, maka rutin mengonsumsi buah ini sangat kami anjurkan.

3. Mengendalikan Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Mulailah mengonsumsi buah plum secara teratur agar kadar kolesterol di dalam tubuh bisa terkendali.

Bagaimana bisa?

Studi yang pernah dilakukan menyatakan bahwa buah ini sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil.

Hal yang tidak kalah menarik adalah khasiat dari buah plum lebih baik daripada anggur merah. Dimana kandungan serat yang ada di dalamnya mampu memberikan perlindungan terhadap jantung dengan cara mengurangi kadarl LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Buah Plum Sebagai Makanan Diet yang Sangat Efektif!

buah plumSekarang kita mulai masuk pada pembahasan utama berkaitan dengan manfaat buah plum terhadap program diet yang efektif dan mampu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Pernyataan ini bukan asal bicara saja, sebab telah didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool yang dipresentasikan pada European Congress on Obesity di Sofia, Bulgaria.

Penelitan lain yang membuktikan manfaat buah plum terhadap penurunan berat badan dilakukan oleh University’s Institute of Psychology, Health and Society. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 100 peserta yang memiliki diet redah serat dan memiliki masalah kelebihan berat badan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah buah ini bisa membantu tubuh mengendalikan berat badan selama 3 bulan atau 12 minggu.

Penelitian ini kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang makan buah plum setiap hari dan kelompok yang tidak diberi makan buah ini, namun mengonsumsi camilan sehat selama periode penelitian berlangsung.

Bagaimana hasilnya?

Saat penelitian berakhir, peneliti menemukan bahwa kelompok yang mengonsumsi buah plum sebagai program diet mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kg dan ukuran lingkar pinggang yang lebih kecil 2,5 cm. Sedangkan kelompok yang tidak mengonsumsi buah plum dan hanya mengonsumsi makanan ringan sehat hanya mengalami penurunan berat badan sebanyak 1,5 kg dan pengecilan lingkar pinggang sebanyak 1,7 cm.

Selain hasil penurunan berat badan yang lebih besar, ternyata kelompok yang mengonsumsi buah ini selama program diet mengalami penurunan berat badan lebih banyak selama 4 minggu terakhir. Saat penelitian sudah berlangsung selama 8 minggu, para peserta yang mengonsumsi buah plum merasakan peningkatan rasa kenyang dari sebelumnya.

Dr. Jo Harrold yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa buah plum merupakan bagian diet yang sangat efektif untuk dilakukan untuk menurunkan berat badan dan tidak ada efek samping yang negatif.

Jika program diet seperti ini dilakukan dalam jangka panjang, maka buah plum bisa sangat bermanfaat bagi para pelaku diet. Hal ini dikarenakan buah ini bisa mengatasi rasa lapar dan memiliki efek kepuasan saat menjalani program diet.

Dengan adanya hasil penelitian yang telah disampaikan di atas, maka tidak perlu diragukan lagi manfaat buah plum terhadap program diet yang dilakukan.

Pertanyaan selanjutnya adalah olahan seperti apa yang cocok dalam program diet dengan menggunakan buah plum.

Tidak perlu khawatir dengan masalah ini, kami akan memberikan 2 buah contohnya untuk Anda praktikkan langsung di rumah.

2 Menu Diet Buah Plum yang Enak dan Mudah Dibuat

 

bibit-buah-plum-aussie

1. Membuat Jus Buah Plum yang Nikmat

Membuat jus buah plum merupakan cara yang sangat mudah dan bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Anda tidak membutuhkan banyak peralatan saat akan membuatnya, sebab yang perlu Anda gunakan adalah blender dan sedikit es batu.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan buah plum yang masih dalam keadaan segar untuk selanjutnya dicuci bersih. Lalu Anda bisa memotong buah ini menjadi beberapa bagian dan masukkan potongan buah tersebut ke dalam blender dengan tambahan sedikit es batu di dalamnya. Campur seluruh bahan menjadi satu ke dalam blender, jika sudah selesai jus buah plum sudah siap untuk Anda nikmati.

Membuat jus buah plum merupakan langkah yang bisa dilakukan bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan rasa masam dari buah ini. Anda bisa juga menambahkan sedikit madu dalam campuran jus agar rasanya menjadi manis dan mengurangi rasa asamnya.

Kandungan dan nutrisi yang ada di dalam buah ini sangat membantu Anda memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh. Sehingga proses metabolisme dan pembakaran lemak bisa berjalan dengan optimal.

2. Makan Langsung Bagi Anda yang Tidak Mau Repot

Jika Anda berpikir membuat jus buah plum merupakan hal yang merepotkan, maka Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung sebagai menu diet sehari-hari. Anda bisa menjadikan buah plum sebagai camilan di saat bersantai dengan keluarga. Buah ini terbukti lebih sehati, jika dibandingkan Anda mengonsumsi gorengan yang memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.

Namun, saat dikonsumsi secara langsung, Anda akan merasakan rasa buah yang asam jika dibandingkan dengan olahan jus yang sudah ditambahkan dengan madu seperti di atas.

Rasa yang asam tidak perlu Anda permasalahkan, karena buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan bisa membantu Anda melakukan diet sehari-hari. Buah plum memiliki kandungan serat yang cukup, sehingga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mampu mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Dengan demikian program diet yang sedang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik dan lancar saat mengonsumsi buah ini.

Kesimpulan

Kemampuan buah ini sebagai buah yang mampu menurunkan berat badan bukan hanya sekedar isu yang tidak memiliki latar belakang. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool dan hasilnya menyatakan bahwa buah ini mampu menurunkan berat badan dengan lebih baik dibandingkan dengan makanan diet yang lainnya.

Ada 3 manfaat utama yang setidaknya akan dirasakan oleh mereka yang rutin mengonsumsi buah ini sebagai menu sehari-hari. Pertama mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan mengatasi masalah obesitas yang diderita.

Jika Anda sedang menjalani program diet, maka mengonsumsi buah plum merupakan hal yang sangat perlu Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Selamat mencoba!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul



Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *