Posted on

Pohon Jeruk Tumbuhan Asli Dari Asia

Pohon Jeruk – merupakan salah satu jenis pohon buah yang sudah dikenal banyak orang di Indonesia dan termasuk jenis buah yang populer dikalangan masyarakat. Tanaman ini juga memiliki ragam jenis dan variasi tergantung dengan daerah masing-masing tumbuh tanaman tersebut. Jeruk merupakan tumbuhan berbunga anggita citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukkan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam ini berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Di Indonesia saat ini memiliki lebih dari dua juta jenis Pohon Jeruk, tetapi jeruk lokal kurang diminati oleh mayarakat Indonesia sendiri yang lebih banyak memilih mengkonsumsi jeruk Impor yang mudah kita temukan di pasar tradisional atau supermarket – supermarket.

Pohon Jeruk Tumbuhan Asli Dari Asia

Tanaman Jeruk  merupakan tanaman yang berasal dari Asia. Konon, Cina adalah tempat pertama kali tanaman jeruk  tumbuh. Dan tananaman jeruk juga sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau di budidayakan sejak ratusan tahun lalu.

Pohon Jeruk

Pohon Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dengan cara di okulasi dan menghasilkan hibrida antarspesies (‘interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies induknya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang awam dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Di seluruh dunia, jumlah varietas jeruk mencapai lebih dari 600 jenis, dengan karakter yang hampir mirip atau bahkan berbeda sama sekali.

Pohon Jeruk  memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Pohon Jeruk berbatang rendah dengan tinggi antara 2-8 m
  2. Umumnya Pohon Jeruk ini tidak berduri tetapi ada beberapa Pohon Jeruk yang memiliki duri
  3. Batangnya Pohon Jeruk bulat atau setengah bulat dan memiliki percabangan yang banyak dengan tajuk sangat rindang
  4. Dahannya Pohon Jeruk kecil dan letaknya berpencar tidak beraturan
  5. Permukaan atas daun berwarna hijau tua mengkilat, sedangkan permukaan bawah hijau muda

Untuk mendapatkan bibitnya silahkan klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *