Diskon!

Bibit Kelengkeng Merah

Rp 500.000 Rp 144.500

Jual bibit kelengkeng merah, Kelengkeng merah merupakan varietas kelengkeng langka yang berasal dari Amerika. Kelengkeng jenis ini termasuk kelengkeng yang adaptif dan genjah, sangat cocok untuk ditanam di pot (tabulampot). Kebadiran kelengkeng merah membuat kelengkeng ini banyak dicari para pecinta tanaman buah karna keistimewaannya yang memiliki warna memikat, berbeda dengan jenis lengkeng pada umumnya. kelengkeng merah belum banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga tanaman satu ini menjadi peluang bisnis baru dan mengiurkan bagi para pecinta tanaman buah maupun para petani yang membudidayakannya.

 

 

Jual Bibit Kelengkeng Merah –  bibit kelengkeng merah, Tabulampot kelengkeng merah varietas unggul dan bergaransi berbagai ukuran. Harga bibit kelengkeng merah yang kami jual variatif, tergantung ukuran dan usia tanamnnya. Kami melayani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia, selama terjangkau ekspedisi. Tersedia juga kelengkeng merah dalam pot atau tabulampot kelengkeng merah.


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul


Spesifikasi Dan Harga Bibit Kelengkeng Merah

  • Harga Bibit Kelengkeng Merah Ukuran P25 (polybag diameter 25cm) 

    • Tinggi bibit sekitar 40 – 80 cm
    • Cara perbanyakan : Okulasi / Sambung Susu
    • Umur bibit : minimal 6 bulan
    • Harga bibit : mulai 144.500
  • Harga bibit Kelengkeng Merah Ukuran P35 (polibag diameter 35cm)

    • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
    • Cara perbanyakan : Okulasi / Sambung Susu
    • Umur bibit : minimal 1 tahun
    • Harga bibit : call sales
  • Harga Bibit Kelengkeng Merah Dalam Pot (Persediaan Terbatas)

    • Tinggi bibit minimal 1 meter.
    • Cara perbanyakan: Okulasi / Sambung Susu
    • Umur bibit : minimal 1 tahun
    • Media tabulampot : Pot plastik atau drum
    • Harga : call sales.

________________________________________________________________________________

7 Alasan Anda Harus Membeli Bibit Kelengkeng Merah dari Kami 

  1. Bibit lebih cepat berbuah – karena pembiakan dengan cara okulasi atau cangkok yang jauh lebih cepat dibanding pembiakan dari biji. Pencangkokan atau okulasi juga dilakukan pada indukan yang dewasa dan telah berbuah.
  2. Bibit bebas penyakit dan hama – karena diperbanyak dari indukan yang sehat, bebas penyakit dan hama
  3. Bibit Tidak Mandul – karena berasal dari indukan yang sudah terbukti berbuah dan produktif.
  4. Sifat buah hampir dipastikan tidak berubah, sama persis dengan induknya – karena pebiakan dengan cara vegetative (bukan biji)
  5. Bibit Sehat – karena di rawat secara khusus oleh ahli pembibitan kami
  6. Bibit Cukup umur dan siap tanam – bibit yang kami jual telah di rawat dalam polybag atau pot minimal 6 bulan dengan jumlah dan kondisi akar yang kuat sebelum siap jual.
  7. Garansi Uang kembali – Jika bibit bukan dari varietas asli dan jika diterima dalam kondisi mati yang disebabkan oleh kesalahan kami.

________________________________________________________________________________

Mengenal Kelengkeng Merah

  • Nama latin : Dimocarpus longan
  • Asal buah : Amerika
  • Sifat dan keunggulan buah : Tidak hanya dari sosok tampilannya yang menarik, tetapi cita rasanyapun manis, daging buah putih bening dan juicy.
  • Sifat dan keunggulan bibit : Tanaman ini adaptif di daerah dataran rendah dan rajin berbuah. Saat ini lengkeng merah sangat cocok ditanam sebagai koleksi tanaman buah dalam pot.
  • Umur Berbuah : 1 – 2 tahun
  • Cara Pembibitan : Okulasi / Sambung Susu
  • Tabulampot  : Bisa
  • Tanah biasa : Bisa

Asal Muasal Buah Kelengkeng Merah

Lengkeng Merah/RED RUBY, tanaman buah langka asal Amerika ini tahan tumbuh di dataran rendah dan panas. Kehadirannya mampu memikat para pencinta tanaman buah karena sejumlah keistimewaannya. Selain warna yang atraktif, tanaman ini adaptif di dataran rendah serta mudah berbunga dan berbuah. Spesies  baru bernama Ruby Longan ini jumlahnya masih sangat langka di Indonesia. Tak heran bibit tanaman ini jadi buruan banyak orang.

jual bibit kelengkeng merahSifat buah Kelengkeng Merah

Menurut Prof. Roedhy Poerwanto, peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropis IPB, menduga mutasi yang menghasilkan warna merah pada lengkeng merah karena fenomena bud spot, yaitu perubahan genetik atau mutasi pada mata tunas dari induk normal. Karakterisitik asli fenotip (sifat yang tampak) memiliki kulit buah berwarna cokelat. Mutasi akibat pengaruh alam semesta pada sel di mata tunas menyebabkan warna resesif merah pada lengkeng dari induknya pun muncul. Sel yang bermutasi tersebut membelah diri dan akhirnya membentuk jaringan dan organ baru. Seluruh sel dari batang, daun, bunga, hingga buah akhirnya memiliki gen yang sama.

Jual Bibit Kelengkeng Merah dengan Garansi

Kami melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia selama terjangkau oleh expedisi. Kami berkerja sama dengan beberapa expedisi ternama seperti, JET Express, Indah Cargo, Mex Barlian, POS Indonesia, JNE. kami akan memilihkan dan merekomendasikan jasa expedisi yang paling hemat dan cepat bagi anda. Harga bibit Kelengkeng merah untuk jumlah tertentu kami berikan diskon khusus, silahkan call sales kami.

Garansi kami berikan untuk dua hal berikut :

  • Bibit mati saat di terima yang diakibatkan kesalahan paking.
  • Bibit terbukti bukan varietas asli.
  • Jumlah dan jenis bibit tidak sesuai dengan pesanan.

Catatan : Pada saat bibit diterima ada kemungkinan beberapa daun rontok atau layu, terutama pada pengiriman jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 3 hari. Hal ini wajar dan anda tidak perlu khawatir karena tanaman mengalami stress selama perjalanan. Untuk mengatasinya jangan langsung menanam tanaman di tempat yang panas atau kena sinar matahari langsung. Tempatkan bibit di tempat yang teduh dan lembab kemudian tambahkan media tanam kedalam polybag lalu siram sampai basah

Petunjuk Penanaman Kelengkeng Merah

Ada dua pilihan untuk penanaman Kelengkeng merah, yaitu di tanah langsung atau di dalam pot yang dikenal juga dengan tabulampot kelengkeng merah. Berikut ini sekilas cara penanaman untuk kedua pilihan tersebut :

Penanaman Bibit Kelengkeng Merah Dalam Pot (Tabulampot Kelengkeng Merah)

1. Pemilihan Bibit

Tabulampot Kelengkeng Merah, kelengkeng merah dalam pot
Tabulampot Kelengkeng Merah

Pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi, sambung susu atau cangkok. Kriteria bibit yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau kemerahan segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat. Apabila anda ingin mendapatkan bibitnya, tidak usah khawatir, kami jual bibit kelengkeng merah varietas unggul dan bergaransi. Harga bibit kelengkeng merah yang kami jual mulai dari harga 300.000.

2. Menyiapkan Pot

Siapkan drum atau pot minimal ukuran 50, lebih besar lebih bagus agar pertumbuhan kelengkeng merah dalam pot maksimal.

 

3. Menyiapkan Media Tanam

Sediakan tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang dicampur 1:1:1, setelah itu masukan bibit kelengkeng merah ke dalam pot dan kasih lubang tanam untuk menanam bibit kelengkeng merah dalam pot.

4. Cara Penanaman

Pertama-tama, lepaskan bibit kelengkeng merah dari polybag dengan cara disobek atau digunting, setelah itu masukan bibit kedalam pot yang sudah disiapkan, lalu timbun dan siram basah bibit kelengkegng merah yang telah ditanam dalam pot sampai air keluar dari lubang pot bagian bawah.

5. Pemupukan

Pemupukan kelengkeng merah dalam Pot sama seperti pemupukan tanaman dalam pot pada umumnya, untuk awalan agar pertumnbuhan bagus diberi pupuk kandang,  ZPT dan Atonik selama satu bulan sekali. Setelah Tabulampot kelengkeng merah berusia 6 bulan dan memiliki batang cukup kuat, tabulampot kelengkeng merah bisa diberi hormon perangsang buah seperti NPK Jagotani, Gandasil B atau Goldstar. Dan untuk mencegah hama daun kelengkeng merah dalam pot biasanya  disemprot dengan Decis.

6. Penyiraman

Lakukan penyiraman satu hari sekali pada kelengkeng merah dalam pot ( Tabulampot kelengkeng merah), apabila tanaman sedang berbunga penyiraman harus lebih instens, tetapi hindari penyiraman bagian atas (daun dan bunga) untuk menghindari rontok, cukup disiram bagian medianya saja.

Ditanam Ditanah Langsung

1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi, sambung susu atau cangkok. Kriteria bibit yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau kemerahan segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat. Apabila anda ingin mendapatkan bibitnya, tidak usah khawatir, kami jual bibit kelengkeng merah varietas unggul dan bergaransi. Harga bibit kelengkeng merah yang kami jual mulai dari 150rb tergantung umur dan ukuran.

2. Menyiapkan Lubang

Siapkan cangkul, sekam dan pupuk kompos/kandang. Siapkan/gali lubang dengan ukuran 40x40x40, timbun lubang dengan pupuk kandang sekitar 50% dari volume lubang, setelah itu kasih tanah diatas pupuk kandang sekitar 5 cm, lalu tanam bibitnya. Setelah itu buang plastik polybag dari bibit dengan cara menyobek atau mengguntingnya. Setelah itu langsung letakkan bibit dalam lubang yang telah disiapkan. Posisikan bibit tegak lurus jangan sampai miring karena akan mempengaruhi masa pertumbuhan untuk jangka panjang. Setelah bibit sudah di letakkan pada lubang tanam, segera di tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam di campur jadi satu yang sebelumnya sudah di siapkan. Media yang kaya akan nutrisi akan merangsang atau menghasilkan tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Kemudian di tutup sampai merata dari campuran media tersebut serta padatkan sedikit agar bibit tidak mudah gampang roboh.

3. Cara Perawatan (Pemupukan, Penyiraman, Pemangkasan)

  • Pemupukan 

Agar tanaman maksimal dan berbuah lakukan pemupukan secara rutin, Untuk awalan bisa dikasih pupuk kandang (untuk menyuburkan tanah), ZPT (Untuk pertumbuhan daun dan batang), Atonik (Untuk pertumbuhan daun dan akar) dan Decis (untuk mencegah hama daun), dilakukan 2 minggu sekali sampai usia satu tahun agar tanaman tumbuh baik dan maksimal. Untuk pemberian pupuk kandang dikasih 1 bulan sekali, setelah seminggu diberi pupuk kandang baru dikasih NPK mutiara, secukupnya dan lakukan secara kontinyu.

  • Penyiraman

Setelah bibit tertanam pada lahan penanaman, proses selanjutnya tahap untuk melakukan penyiraman bibit sampai basah, untuk selanjutnya penyiraman dilakukan di waktu pagi atau sore hari. Untuk hasil yang baik dalam penyiraman yang optimal di sarankan menggunakan alat bantu embrat atau gembor agar penyiraman ke tanaman bisa merata. Penyiraman air di saat pagi atau sore hari sangat dianjurkan untuk tanaman yang baru pindah tanam, di karenakan tanaman baru kerap terganggu dari faktor lingkungan. Air berguna untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh kembali dan tidak mudah layu. Jadi di sarankan dalam melakukan penyiraman rutin tiap hari karena dalam penanaman air sangat dibutuhkan dalam jangka panjang.

Jual Bibit Kelengkeng Merah Unggul & Info Harga Bibit Kelengkeng Merah Dalam Pot/Polibag

Jangan Sungkan untuk menghubungi sales kami untuk keterangan lebih lanjut. Terima kasih.

Tag : Jual Bibit Kelengkeng Merah, Jual Bibit Kelengkeng Merah Unggul,  Jual Bibit Kelengkeng Merah Tabulampot, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Cikarang. Harga bibit Kelengkeng Merah, Harga bibit Kelengkeng Merah Cikarang, Harga bibit Kelengkeng Merah Bekasi, Harga bibit Kelengkeng Merah Jawa Barat, Harga bibit Kelengkeng Merah RumahTanaman.com, 

Jual Bibit Kelengkeng Merah, Jual Bibit Kelengkeng Merah Unggul,  Jual Bibit Kelengkeng Merah Tabulampot, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Cikarang.  Jual Bibit Kelengkeng Merah di karawang, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Sukabumi, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Bogor, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Majalengka, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Jakarta, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Bogor, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Depok, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Malang, Jual Bibit Kelengkeng Merah di Tangerang.

______________________________________________________________________________________________________

Artikel Terkait Kelengkeng Merah

Kelengkeng Merah – Manfaat dan Cara Budidayanya

Kelengkeng Merah atau Lengkeng Merah disebut juga dengan kelengkeng ruby atau ruby longan. Nama ilmiah dari buah ini ialah Dimocarpus longan. Jenis dan varietas buah ini mungkin belum dikenal banyak orang di Indonesia. Salah satu keunikan dan ciri khasnya yang mencolok ialah warna buahnya yang merah menyala. Hal ini karena buah kelengkeng yang selama ini umum dikenal ialah berwarna cokelat.

Keunikan lainnya ialah tidak hanya kulit buahnya yang merah, tetapi daun, kuncup, batang dan bahkan biji juga berwarna merah. Buah kelengkeng ini merupakan varietas tanaman yang paling baru dan terkini dan masih merupakan jenis langka di dunia.

Ukuran buah kelengkeng merah antara 1,5 cm dan 3 cm. Selain memiliki kecerahan yang menggoda (eksotis), dagingnya juga lezat dan tebal. Level manisnya membuat semua orang menyukai cita rasa buah ini.

Karena popularitas buah ini maka kini ada banyak bibit kelengkeng merah di pasaran. Dengan cara pemilihan bibit yang baik dan juga pemeliharaan tanaman yang memadai, buah ini bisa jadi budidaya yang menguntungkan. Selain bisa dinikmati sendiri buahnya, produksi panen melimpah juga bisa dijual.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kelengkeng Merah

mengenal kelengkeng merah

Buah kelengkeng dikenal sangat manis, termasuk pula jenis kelengkeng berwarna merah ini. Daging buahnya manis, berair, dan lezat. Hanya daging buahnya saja yang dikonsumsi. Selain dimakan segar dan mentah, buah ini juga sering digunakan dalam berbagai kuliner. Seperti makanan ringan, makanan penutup, dan makanan manis baik dalam kondisi segar atau kering.

Buah ini juga kadang diawetkan dan dikalengkan dalam sirup. Meski sering dibandingkan dengan leci, namun rasanya berbeda. Kelengkeng merah ini memiliki rasa manis yang lebih kering. Sedangkan leci sering kali lebih berair dengan rasa asam yang khas.

Sifat Tanaman Kelengkeng Merah

Citarasa manis buah unik ini menjadikannya primadona baru bagi pecinta buah tropis. Sifat-sifat pohon ini berbeda dengan pohon buah pada umumnya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai ciri fisik bagian pohon ini.

Contohnya ialah bagian daun. Daun tanaman buah ini berubah warna pada saat pertumbuhan. Ketika daun muda warnanya adalah coklat kemerahan. Daun ini kemudian berubah menjadi hijau ketika mereka dewasa dan kembali menjadi coklat kemerahan ketika daun sudah tua.

Tanaman buah tropis inipun memiliki spesifikasi sendiri. Nama varietas dan juga karakternya berbeda dengan kelengkeng jenis lainnya. Berikut ini adalah spesifikasi ilmiah buah kelengkeng merah :

  • Nama ilmiah: Dimocarpus longan
  • Daerah asal: Asia Tenggara
  • Asal benih: vegetative dan generative
  • Kondisi tanam yang disarankan : dataran rendah / ketinggian 700 m di atas permukaan laut.
  • Iklim pertumbuhan optimal: iklim tropis / suhu hangat 30-35 derajat celcius
  • Kebutuhan sinar matahari: sepanjang hari.
  • Masa produksi / fruktifikasi : dalam 1-2 tahun untuk bibit vegettaif

Syarat Tumbuh Tanaman Kelengkeng Merah

Kelengkeng berwarna merah ini bukanlah hasil persilangan. Akan tetapi buah ini adalah hasil mutasi genetik. Gen kelengkeng coklat bisa mengalami mutasi genetik karena pengaruh radiasi sinar kosmis dalam bentuk elektron, proton dan energi atom. Hal ini menyebabkan perubahan pada tanaman kelengkeng. Tidak hanya buahnya yang merah, daun, tangkai dan bunga juga mengalami perubahan warna menjadi kemerahan.

Tanaman yang masih langka di Indonesia ini memiliki syarat tumbuh yang berbeda dengan tanaman lain. Berikut ini syarat-syarat agar tanaman ini tumbuh optimal :

1. Kondisi tanah untuk budidaya

Kelengkeng jenis ini kini bisa dibudidayakan. Hal ini ditandai dengan banyaknya bibit kelengkeng merah yang bisa ditemui dipasaran.  Buah ini adalah salah satu jenis buah tropis yang dapat tumbuh subur di dataran rendah dan dataran tinggi. Tanah yang dibutuhkan untuk budidaya adalah tanah yang memiliki tekstur halus dengan tingkat pH 5,5 hingga 5,6.

Karakter lain dari buah ini ialah kemampuannya beradaptasi dengan berbagai kondisi alam. Kelengkeng yang disebut dengan nama ruby Longan ini mampu tumbuh subur di dataran tinggi dan dataran rendah dengan keasaman tanah yang bervariasi.

2. Iklim untuk budidaya tanaman

Iklim yang cocok untuk budidaya tanaman ini adalah tipe iklim lembab atau iklim sedang dan agak basah. Tanaman dapat tumbuh dengan baik di area terbuka. Jadi, buah ini bisa tumbuh dimana saja dengan baik, termasuk di Indonesia sebagai negara tropis dengan iklim lembab.

3. Bisa ditanam di dalam pot

Dalam proses pertumbuhannya, buah unik ini berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya. Kulit buahnya merah pekat. Daun muda berwarna coklat kemerahan, kemudian berubah menjadi hijau ketika mereka dewasa dan berubah menjadi coklat kemerahan saat daunnya sudah tua.

Sedangkan batangnya berwarna coklat kemerahan. Bukan hanya ditanam di lahan perkebunan, namun tanaman buah ini dapat ditanam dalam pot (tabulampot) untuk menghias rumah. Siapa saja kini bisa menikmati pohon kelengkeng yang eksotis di halaman depan. Hal ini menyajikan pemandangan yang menarik. Apalagi buahnya memiliki warna merah menyala yang langka.

Ukuran pot yang disarankan adalah yang berdiameter lebih dari 60 cm. Media tanamnya ialah tanah dan humus. Tinggi tanaman bisa mencapai lebih dari 5 meter.

4. Penanaman buah ruby longan (Kelengkeng Merah)

Untuk menanam buah ini di lahan atau kebun, yang harus disiapkan adalah lubang tanam. Ukurannya adalah 60x60x60 cm dengan jarak tanam 10×10 m. Setelah membuat lubang tanam, isi dengan campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3: 1. Tiga bagian untuk tanah dan 1 bagian untuk pupuk kandang.

Kemudian anda bisa menanam bibit kelengkeng merah pada media tersebut. Sedangkan pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan NPK. Penyiraman juga jadi bagian penting untuk membuat tanaman tumbuh dengan optimal.

Untuk periode berbuah, tanaman ini sudah mulai mekar dan berbuah pada usia enam bulan. Untuk budidaya dalam pot, ukuran pot sebaiknya berdiameter 60 cm atau lebih. Sedangkan untuk pemupukan dan pengairan sama dengan merawat pohon di lahan. Yang perlu diingat adalah penyiraman tanaman dalam pot harus dilakukan sehari sekali. Tujuannya ialah untuk menjaga suplai air pada tanaman.

Manfaat dan Efek Buruk Kelengkeng Merah Bagi Manusia

manfaat dan efek samping kelengkeng merah bagi kesehatan manusia

Kelengkeng merah adalah jenis kelengkeng yang unik karena warnanya yang tak seperti kelengkeng pada umumnya. Ukuran buah kelengkeng ini lebih besar dibandingkan dengan jenis kelengkeng lainnya. Dagingnya kental dengan kelezatan rasa manis di dalamnya. Buah merah yang menarik ini dapat dinikmati langsung atau dalam menu jus buah segar seperti buah-buahan sehat lainnya.

Seperti buah tropis Asia lainnya, tanaman unik ini kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Contohnya ialah kandungan mineral dan vitamin. Kandungan tersebut berupa : zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, niasin, mangan, kalsium, tiamin, protein, serat, riboflavin, mineral, karbohidrat dan kalori.

Manfaat Buah Kelengkeng Merah

Berbagai nutrisi di atas diperlukan tubuh untuk tetap hidup sehat dan membuat diri anda bisa lebih kebal dari penyakit. Untuk itu, rutin mengkonsumsi buah ini sebagai menu harian sangat baik. Asalkan tetap pada takaran dan porsi yang tepat. Secara umum, inilah manfaat utama dari buah dengan kulit berwarna merah ini :

1. Baik Untuk Jantung

Manfaat buah yang kulitnya berwarna merah ini ialah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Syarat untuk mendapatkan manfaat ini ialah mengkonsumsinya dengan teratur. Sebagai alternatif, buah ini bisa dikonsumsi segar maupun diolah ke dalam berbagai bentuk makanan olahan.

2. Membantu Cegah Radikal Bebas

Dalam buah ini terdapat vitamin C. Kandungan ini akan membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Selain itu juga mampu membantu kulit untuk tetap sehat. Maka di segala usia, buah tersebut  bisa dikonsumsi dalam porsi yang wajar.

3. Sebagai Sumber Energi

Buah kelengkeng merah bisa jadi sumber energi. Di dalamnya terdapat gula alami yang bisa menambah tenaga. Buah ini memiliki khasiat yang tidak kalah dengan buah lainnya yang bisa menjadi sumber makanan yang akan memberikan energi bagi tubuh anda.

4. Membantu Atasi Peradangan

Peradangan dapat terjadi karena beberapa faktor. Penyakit ini bisa menyerang berbagai bagian tubuh. Meskipun kini ada berbagai obat anti-inflamasi atau anti peradangan yang tersedia, namun kelengkeng ruby bisa jadi pilihan alami untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Baik Untuk Organ Pencernaan

Buah kelengkeng merupakan buah yang kaya akan serat, termasuk pula buah kelengkeng dengan kulit merah ini. Serat di dalamnya bisa membuat sistem pencernaan lebih sehat dan melancarkan buang air besar. Jadi, bagi yang memiliki masalah sembelit, bisa diatasi dengan konsumsi buah tersebut.

Selain berbagai manfaat di atas, buah ini masih menyimpan berbagai manfaat kesehatan manusia lainnya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Menjadikan rambut sehat
  • Mempertahankan kekebalan tubuh
  • Mencegah penuaan dini yang terlalu cepat

Itulah manfaat dan keefektifan buah ini untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Jadikan buah ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat yang akhirnya bisa membuat hidup lebih berkualitas. Namun tetap konsumsi dalam jumlah yang terbatas untuk menghindari efek buruk dari buah tersebut.

Berbagai macam manfaat kesehatan dari buah kelengkeng merah didapatkan dari adanya nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi kelengkeng ialah: Kalori, karbohidrat, serat makanan, protein, besi, mangan, seng, kalium, kalsium, vitamin B1, B2, B3 dan C.

6. Manfaat Kelengkeng Dalam Bisnis

Selain untuk kesehatan, budidaya tanaman ini juga memiliki manfaat lain. Karena hal itulah, kini siapa saja ingin menanam bibit kelengkeng merah untuk dicari nilai ekonomisnya. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat :

Sebagai bahan baku makanan dan minuman

Salah satu manfaatnya ialah sebagai produk industri. Buah ini bisa jadi bahan dasar dalam pembuatan produk makanan olahan yang bermanfaat dan dicari banyak orang. Buah ini telah diproses menjadi buah kalengan sehingga lebih praktis dikonsumsi dan dapat didistribusikan ke beberapa tempat. Selain itu, buah kara serat ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat minuman ringan.

Membuka peluang bisnis

Melakukan budidaya buah ini tak akan rugi. Hal ini karena di pasar, keberadaan buah ini masih langka padahal permintaannya semakin tinggi. Maka, untuk bisa memenuhi permintaan pasar, budidaya kelengkeng masih memubak peluang yang besar.

Ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan sekaligus memiliki potensi untuk menyerap tenaga kerja. Selanjutnya, hal tersebut tentunya bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Efek Buruk Tanaman Kelengkeng Merah

Buah kelengkeng warna merah yang unik ini banyak dijadikan sebagai camilan sehat. Meski masih tergolong langka, namun buah ini memiliki cita rasa yang lezat. Karena hal itulah, buah ini makin dikenal. Belum lagi dengan adanya manfaat buah kelengkeng ruby bagi kesehatan, buah ini makin disukai.

Namun, konsumsi buah ini ternyata juga memiliki efek buruk. Terutama bagi siapa saja yang memakannya secara berlebihan. Bahaya buah atau dampak buruk ini bisa dialami anak-anak dan orang dewasa. Apalagi bagi mereka yang belum tahu bagaiman cara konsumsinya yang benar.

Rasa yang manis, harga terjangkau, dan juga warna menarik bisa jadi pesona buah ini. Namun tetap hati-hati dengan efek buruknya. Inilah beberapa bahaya buah kelengkeng yang harus anda ketahui :

1. Meningkatkan kadar gula dalam tubuh

Rasa buah yang sangat manis memang menjadi daya tarik tersendiri meskipun membawa beberapa efek buruk. Di dalamnya mengandung gula jenis fruktosa yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkan kesulitan bagi tubuh untuk memproses pemecahan lemak. Akibatnya, kadar gula darah menjadi tinggi.

Karena itulah, penting sekali membatasi konsumsi buah kelengkeng atau ruby longan ini maupun buah-buahan manis pada umumnya yang mengandung fruktosa tinggi. Jika gula dalam darah meningkat signifikan secara tidak normal, maka sangat beresiko bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes.

Kadar gula darah yang terlampau tinggi juga tidak baik orang sehat. Karena akan beresiko menderita diabetes. Bagi orang sehat, konsumsi buah ini tidak akan menjadi masalah jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

2. Membuat berat badan naik

Di dalam buah ini juga ada kandungan karbohidrat. Kandungan ini dapat membentuk jumlah gula dan mengubahnya menjadi lemak. Apalagi bagi yang tidak memerlukan energi lebih untuk aktivitas fisik, lemak ini akan ditimbun di dalam tubuh.

Jadi, meski sebagai sumber energi yang baik, harus diimbangi dengan kegiatan yang bisa membakar lemak tersebut.  Jika mengkonsumsi kelengkeng dan buah berlebih dalam jangka panjang dapat meningkatkan berat badan atau obesitas. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa mengalami masalah kesehatan ini.

3. Bisa mengurangi nafsu makan

Buah manis dan sedikit berair ini mengandung zat dengan kandungan kalium dan karbohidrat yang tinggi. Ketika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang maka akan menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ini maupun buah pada umumnya. Karena buah kelengkeng memiliki efek adiktif yang dapat membuat seseorang tidak lagi ingin makan nasi setelah makan buah tersebut.

Khususnya bagi anak-anak perlu membatasi konsumsi buah ini. Berikan porsi secukupnya agar menjaga nafsu makannya. Karena tubuh seseorang terutama anak-anak masih membutuhkan asupan gizi dan nutrisi lain dari berbagai bahan makanan.

4. Bisa menyebabkan keracunan

Buah kelengkeng merupakan buah sehat dan kaya manfaat. Namun bagi yang sangat menyukai buah ini perlu memperhatikan bahayanya. Salah satunya ialah mengkonsumsi buah kelengkeng berlebihan sebelum sarapan pagi dapat menyebabkan keracunan.

Gejala awal keracunan ini adalah mual, sakit perut, muntah dan sakit kepala. Jadi tetap jaga pola makan dan gaya hidup sehat. Jangan makan berlebihan karena justru akan mengancam nyawa.

5. Bisa mengganggu hormon pria

Bahaya buah kelengkeng merah maupun kelengkeng pada umumnya bisa dialami siapa saja. Salah satu penyebab munculnya efek buruk ialah pohon tanaman ini sering disemprot dengan pestisida.  Pestisida ini akhirnya akan meninggalkan jejak di permukaan kulit buah.

Jejak pestisida ini bersifat racun. Jadi jangan membuka kulit kelengkeng dengan mulut. Pakailah tangan agar kandudngan racun dari pestisida ini tidak ikut masuk ke dalam tubuh.

Pada kasus tertentu, pestisida yang tertinggal bisa membahayakan. Contohnya ialah jika seorang pria membuka kulit buah dengan mulut untuk bisa memakannya, maka hal ini bisa jadi pemicunya. Pestisida pada kulit yang ikut masuk ke dalam tubuh bisa memberi efek buruk di rongga mulut dan menyebabkan keracunan. Salah satu efeknya ialah mengubah hormon yang membuat pria terlihat lebih feminin.

6. Beresiko pada ibu hamil

Ibu hamil dihimbau untuk tidak memakan berlebih buah jenis apapun, termasuk kelengkeng merah. Kenapa demikian? Hal ini karena ketika ibu hamil mengonsumsi buah berlebih pada usia kehamilan antara 7 dan 9 bulan secara teratur dapat menghambat proses kelahiran. Prosesnya akan menjadi lebih sulit. Hal ini disebabkan karena buah kelengkeng sifatnya panas dan menekan rahim. Kondisi ini akan membuat bayi adalah menjadi lebih aktif untuk bergerak dan mengubah posisinya.

7. Memicu gangguan pencernaan

Penderita gangguan lambung disarankan untuk mengonsumsi beberapa buah kelengkeng saja. Hal ini dikarenakan konsumsi buah ini secara berlebihan bisa membuat asam lambung tiba-tiba naik. Akibat selanjutnya ialah akan mengiritasi dinding lambung dan menekan jaringan organ usus.

Jika ini terjadi, gangguan pencernaan tidak bisa dihindari. Buah kelengkeng warna merah ini justru bisa memberikan efek panas dan membuat sakit perut dan diare. Jadi jangan konsumsi dalam porsi banyak dalam jangka panjang.

8. Menyebabkan sakit kepala

Konsumsi buah kelengkeng merah dalam jumlah besar bisa berbahaya bagi tubuh. Hal ini diperburuk dengan tidak seimbangnya konsumsi makanan lain seperti nasi, sayuran, dan protein. Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan menyebabkan sakit kepala berulang.  Bahaya ini bisa dialami oleh siapa saja yang menyukai buah kelengkeng tetapi tidak mau makan makanan yang memiliki nutrisi lain.

9. Beresiko pada motorik anak

Tidak semua orang tahu tentang bahaya buah yang satu ini. Jangan biarkan anak di bawah usia 3 tahun mengonsumsi kelengkeng secara berlebihan setiap hari. Jika dibiarkan, maka dapat mengganggu perkembangan motoriknya.

Bahaya ini disebabkan karena buah kelengkeng adalah memiliki efek panas dan adiktif yang dapat membuat anak-anak tidak menyukai buah-buahan lain. Mereka juga cenderung tidak akan menyukai jenis makanan lain yang memiliki gizi dan nutrisi penting bagi tumbuh kembangnya. Hal ini bisa membuat perkembangan motorik dan intelektualnya lebih lambat.

10. Bisa memicu timbulnya penyakit ginjal

Bahaya buah kelengkeng warna merah lainnya ialah karena mengandung kadar kalium yang tinggi. Karena itu, buah ini tidak baik untuk dikonsumsi pasien gagal ginjal. Buah ini juga tak dianjurkan bagi seseorang yang sedang menjalani program pemulihan setelah operasi organ ginjal.

Perlu diketahui bahwa Kelebihan zat kalium dapat menyebabkan iritasi pada ginjal dan kehilangan kemampuan ginjal dalam mengontrol racun dalam aliran darah dan radikal bebas.

Cara Konsumsi Kelengkeng Merah Dengan Aman

Baik anak-anak maupun orang dewasa tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak buah ruby longan maupun jenis lainnya. Pasalnya, buah-buahan ini memiliki kandungan kalium tinggi yang. Jadi jika berlebihan mengkonsumsinya maka tidak baik untuk organ dalam tubuh.

Untuk lebih aman mengkonsumsi buah yang rasanya enak ini, maka ikuti beberapa tips ini. Konsumsi buah dalam takaran dan juga cara yang benar bisa mengurangi resiko bahaya buah kelengkeng merah tersebut :

  • Seimbangkan dengan makanan lain => Meskipun anda sangat menyukai rasa buah kelengkeng warna merah yang rasanya manis, namun tetap makan bahan makanan lain. Anda perlu menyeimbangkan kandungan kelengkeng dengan mengonsumsi buah-buahan lain. Contoh buah penyeimbang ialah pir dan melon yang memiliki kalium rendah. Jangan lupa pula konsumsi protein, nasi, dan sayur-sayuran.
  • Buka kulit kelengkeng dengan jari, jangan pakai mulut => Hal ini terkait dengan pestisida yang tertinggal di kulit buah. Cara makan buah yang benar bisa mencegah pestisida agar tidak masuk ke rongga mulut dan tertelan. Tips lainnya ialah cuci buah dalam keadaan utuh sebelum dikupas untuk menghindari efek buruk dari pestisida yang melekat pada kulit buah.

Cara Memilih Bibit Kelengkeng Merah Unggul

bibit kelengkeng merah unggul

Buah unik ini memiliki kulit buah berwarna merah yang kini makin mudah untuk dibudidayakan. Banyak yang menanamnya karena ingin menikmati buahnya yang manis. Ada pula yang ingin menjadikannya sebagai pohon penghias di depan rumah karena bibit kelengkeng merah bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan menampilkan pemandangan yang menarik.

Budidaya buah ini juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Harga buah kelengkeng yang kompetitif bisa menjadikan buah ini memiliki nilai jual tinggi. Dengan demikian banyak petani yang memilih buah ini untuk jadi tanaman budidaya.

Untuk berbagai tujuan di atas, maka diperlukan bibit kelengkeng merah unggul. Pemilihan bibit terbaik akan membuat panen buah kelengkeng melimpah. Pertumbuhan pohon pun akan kuat dengan batang dan juga akar yang kuat pula.

Hal tersebut sangat penting lantaran banyak bibit kelengkeng yang tidak membuahkan hasil. Jika dalam usia 5 tahun bibit tidak menghasilkan buah sama sekali itu artinya pohon tersebut tidak bisa bereproduksi dan sia-sia. Kasus seperti ini biasanya disebabkan oleh pemilihan bibit yang buruk. Karena itu, petani benar-benar harus mengerti cara memilih bibit paling unggul.

1. Membeli bibit kelengkeng merah dari penjual terpercaya

Ini adalah salah satu kiat atau cara termudah yang bisa diaplikasikan petani kelengkeng. Belilah bibit di tempat toko bibit buah yang terpercaya. Dengan demikian anda tak perlu lagi meragukan kualitas bibit yang anda tanam.

Ada beberapa penjual benih yang memiliki standar kualitas bibit yang berbeda. Petani dapat meminta pendapat dari pembeli lain untuk tahu kredibilitas penjual bibit tersebut. Apalagi dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini, petani dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang penjual tepercaya. Lihat media sosial maupun websitenya. Di sana akan ada berbagai informasi mengenai penjual bibit yang terbaik.

2. Pilih bibit dari perbanyakan cangkok atau okulasi

Perbanyakan bibit kelengkeng merah bisa lewat metode generative (melalui biji) maupun vegetatif (okulasi atau cangkok). Untuk budidaya yang sukses dan lebih cepat menghasilkan buah bisa memilih bibit dari metode vegetatif.

Cara di atas adalah cara terbaik untuk menghasilkan bibit unggul. Dengan metode pembibitan tersebut maka anda bisa menghasilkan kualitas tanaman yang sama dengan induknya. Pasalnya, dalam pembuatan bibit harus memperhatikan pula kualitas pohon, seperti varietas dan juga jumlah hasil panen.  Bibit yang bagus berasal dari induk pohon yang bagus pula.

3. Pilih bibit kelengkeng merah yang kuat dan berdaun segar

Salah satu ciri bibit unggul ialah memiliki daun segar. Ada beberapa cabang juga yang berada pada pohon. Lihat pula kondisi batang. Karena baik batang maupun akar harus kuat agar tumbuh dengan baik dan optimal.

Ingat bahwa jangan membeli batang yang lunak karena pertumbuhan pohon tak akan maksimal. Sedangkan untuk mengecek kesegaran daunnya, anda bisa melihat dari ciri fisiknya. Daun segar tidak akan terlihat layu dan tidak akan rontok ketika batang sedikit digoyangkan.

4. Memiliki memiliki akar yang kuat

Selain batang yang kuat dan daun segar, bibit kelengkeng ruby terbaik dan unggul harus memiliki akar yang tidak kering. Secara umum, benih dijual dalam kantong plastik dan akarnya akan terlihat jika basah atau kering. Penting memastikan bahwa kondisi akar lembab agar bekerja maksimal untuk menyerap air dan nutrisi di dalam tanah.

5. Bibit dari pohon kelengkeng berkualitas

Anda tak akan tahu kualitas dari buah dan induk bibit jika pohon belum dewasa. Namun ada cara untuk tahu kualitas induk dari bibit yang dibeli. Caranya ialah dengan langsung bertanya kepada penjual bibit kelengkeng ruby.

Bibit kelengkeng yang berasal dari pohon kelengkeng berkualitas, akan meningkatkan kemungkinan bibit bisa tumbuh dengan baik. Hasil panen juga bisa melimpah dengan bibit unggul. Pohon kelengkeng berkualitas adalah pohon yang telah menghasilkan buah selama 3 musim berturut-turut.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk menanam kelengkeng cari dulu bibit terbaik. Anda harus memilih benih yang benar, varietas kelengkang yang tepat, hingga ukuran bibit terbaik untuk tumbuh.

6. Lihat bentuk batang yang tebal

Karakteristik yang bisa dilihat dari benih kelengkeng terbaik ialah dari batangnya. Pilih bibit dengan batang tebal yang memiliki kulit kecoklatan dengan tekstur garis tidak teratur pada kulit kayu.

Selanjutnya, pastikan batang memiliki tekstur yang keras. Cara mengetahuinya, pijat dengan tangan pada batang tersebut.  Jika lunak, bibit tersebut tidak bagus. Sebaliknya, jika terasa keras, maka bibit tersebut berkualitas dan bisa ditanam.

7. Perhatikan ketinggian bibit tanaman

Sebelum membeli bibit, anda perlu mengamati kondisi bibit secara keseluruhan. Tinggi bibit yang baik ialah sekitar 0,5 meter. Bibit yang cukup tinggi dan umur akan siap di tanam di pot maupun lahan. Dengan mengamati ukurannya, anda setidaknya tahu kualitas bibit yang baik untuk ditanam. Hal ini penting karena bibit yang terlalu muda atau yang terlalu tua tidak akan menghasilkan banyak buah ketika ditanam.

Beberapa hal di atas adalah karakteristik bibit kelengkeng merah yang baik untuk ditanam dalam jumlah besar atau kecil. Dengan pemilihan bibit yang tepat, tanaman dapat berbuah dengan cepat dan lebat.

Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Merah

Harga Bibit Kelengkeng Merah

Bagi seluruh penggemar buah, anda bisa menanam bibit tanaman buah sendiri di halaman rumah atau dipot. Selain untuk tujuan budidaya guna dijual, menanam pohon buah juga bisa untuk dinikmati sendiri buahnya. Termasuk pula buah kelengkeng merah.

Buah unik ini bisa ditanam baik di pot maupun di lahan / kebun. Bibit tanaman ini kini makin mudah ditemui di penjual bibit. Bahkan bisa dibeli melalui online di website kami yang terpercaya. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mencoba budidaya tanaman langka ini.

Kelengkeng dengan kulit buah berwarna merah ini diklasifikasikan sebagai tanaman buah eksklusif. Memiliki harga jual tinggi dan banyak dicari. Hal inilah yang membuat petani buah memilih untuk menanam tanaman buah ini. Meski banyak juga yang menanamnya untuk konsumsi buah bagi keluarga.

Tanaman buah dengan produktivitas tinggi ini memiliki pohon yang cenderung pendek. Hal ini membuat bibit tanaman cocok ditanam dalam pot untuk menghiasi halaman rumah. Perawatannyapun tidak sulit dan bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi tanah dan ketinggian tempat.

Menanam Kelengkeng Merah dalam Pot

Bagi yang ingin menanam bibit kelengkeng merah dalam pot, berikut ini ada beberapa tips dan langkahnya. Jika diterapkan maka akan menghasilkan tanaman kelengkeng yang tumbuh optimal, cepat berbuah, dan produktif.

1. Pemilihan bibit kelengkeng merah

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika menanam varietas ini dalam pot adalah memilih bibit yang baik. Pilih bibit hasil okulasi atau cangkok karena akan tumbuh lebih cepat dan berbuah lebih lebat. Harga bibit Kelengkeng Merah cangkok dan okulasi tergantung juga dari ukuran dan umur bibit.

2. Pemilihan pot untuk budidaya

Selanjutnya, pilih pot sebagai media penanaman kelengkeng. Pot bisa menggunakan bahan apa saja, misalnya dari plastik, kayu, atau tanah liat.  Anda hanya perlu memastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di bagian bawah. Tujuan adanya lubang ini adalah untuk mengalirkan air berlebih setelah proses penyiraman. Hal ini penting karena akar tanaman ini tidak bertahan hidup jika berada dalam genangan air.

Sedangkan untuk diameter pot bisa disesuaikan dengan ukuran bibit yang dipilih. Semakin tinggi bibit  yang akan ditanam, maka semakin besar pula diameter pot yang dibutuhkan.

Setelah menentukan pot yang akan digunakan, letakkan bata merah setebal 5 cm. Letakkan pula serat kelapa di dasar pot tersebut. Bagian ini penting untuk memberi jarak antara media tanam dan lubang di dasar pot. Dengan demikian, air yang berlebih bisa mengalir dengan lebih mudah. Untuk Harga bibit kelengkeng merah dalam pot yang sudah jadi silahkan call sales kami.

3. Siapkan media tanam

Untuk media tanam, siapkan campuran tanah yang sudah diberi pupuk kandang. Bila perlu anda bisa tambahkan fungisida sebagai antijamur yang efektif. Fungsinya ialah untuk mencegah hama atau penyakit tumbuh dan menghalangi perkembangan tanaman dalam pot.

4. Menanam bibit Kelengkeng Merah dalam pot

Setelah media tanam siap, selanjutnya ialah anda masukkan bibit tanaman ke dalam pot. Sebelum itu buat lubang sebagai tempat menanam bibit. Letak lubang ialah tepat di tengah pot. Kedalamannya harus disesuaikan dengan ukuran dan tinggi bibit buah.

Hal yang tak kalah penting ialah anda harus berhati-hati dalam membuka kantung atau polybag. Pastikan agar media tanam di dalam polybag tumpah sehingga akar dengan media tersebut tetap menempel. Setelah memasukkan benih ke dalam lubang tanam, jangan lupa untuk menambahkan media tanam yang tersisa ke dalam pot sehingga semua akar tanaman ditutup. Untuk Harga bibit kelengkeng merah dalam pot yang sudah jadi silahkan call sales kami.

5. Perawatan tanaman Kelengkeng Merah dalam pot

Jika anda telah berhasil menanam bibit kelengkeng merah dalam pot, kemudian lakukan perawatan intensif. Mulai langkah ini dengan menyiram tanaman dua kali sehari, pagi dan sore. Yang perlu diingat ialah jangan menyiram tanaman secara berlebihan. Karena hal ini akan menyebabkan akar bisa tenggelam di dalam air hingga menjadi busuk.

Perawatan tanaman kelengkeng merah dalam pot selanjutnya ialah memberikan suplemen atau vitamin hingga 1 ml per liter air. Pemberian vitamin dilakukan seminggu sekali selama tiga minggu berturut-turut. Baru setelah tanaman memiliki masa hidup setidaknya sebulan, berikan pupuk NPK seimbang. Pastikan takarannya sesuai dan tidak berlebihan.

Ketika tanaman berumur 6 bulan, pemupukan dapat diganti dengan fosfor cair dan kalium tinggi. Berikan seminggu sekali sampai muncul bunga dan buah pada tanaman tersebut.

6. Memangkas daun tanaman

Tanaman budidaya yang telah tumbuh, perlu dirawat dengan pemangkasan. Hal ini dilakukan pada cabang dan daunnya. Tujuan pemangkasan ini adalah untuk memperbanyak buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut.

Pemangkasan daun juga penting. Manfaatnya ialah untuk bisa memberikan kesempatan bagi semua bagian tanaman untuk mendapatkan lebih banyak sinar matahari yang akan penting dalam mempercepat proses fotosintesis. Langkah ini juga akan membuat tanaman budidaya tampak lebih cantik.

7. Ganti media tanam dengan yang baru

Selanjutnya harus dicatat bahwa ketika bunga dan buah-buahan sudah mulai muncul, hentikan pemupukan. Perawatan dapat dilanjutkan dengan mengganti media setahun sekali agar tanaman tetap produktif karena asupan nutrisi yang mencukupi di media yang baru.

Untuk langkah tersebut, anda tidak perlu mengganti semua media penanaman. Cukup ganti setengahnya saja. Media penanaman lama dipertahankan sebagian lalu dicampur dengan media baru. jika anda tak mau repot dan ingin membeli bibit kelengkeng merah dalam pot yang sudah jadi silahkan call sales kami untuk mendapart info Harga bibit kelengkeng merah dalam pot dan stoknya.

8. Pemanenan buah dalam pot

Kelengkeng merah siap dipanen ketika sudah ada aroma kelengkeng yang kuat. Anda tentu  tahu aroma buah ini yang sudah matang seperti apa. Aromanya sangat khas dan enak. Sedangkan secara fisik, kulit buah tersebut akan terlihat kemerahan. Untuk menjaga kualitas buah yang dipanen, anda wajib berhati-hati saat melakukan pemanenan.

Hindari memetik buah kelengkeng di siang hari atau saat hujan. Hal ini disebabkan buah akan membusuk lebih cepat jika dipanen pada saat tersebut. Panen buah yang sudah matang di pagi hari saat penguapan buah tidak terlalu tinggi. Potong dengan pisau lalu tempatkan di keranjang.

Cara Budidaya Pada Lahan / Kebun

Kelengkeng merah atau ruby longan sangat cocok untuk ditanam di kebun atau di halaman depan rumah. Tanpa pot, tanaman ini bisa tumbuh lebih baik dan lebat. Tanaman ini cukup adaptif di berbagai tempat dan mampu menghasilkan buah tanpa bantuan stimulant. Untuk mengetahui cara budidayanya, berikut ini adalah langkah-langkah menanam kelengkeng ruby :

1. Persiapan tanah dan lahan

Tanaman kelengkeng jenis ruby longan ini sebenarnya bisa hidup di dataran rendah dan dataran tinggi. Namun, area penanaman yang baik akan membuat tanaman buah tumbuh dengan optimal. Inilah kriteria tanah dan lahan untuk penanaman ruby longan :

  • Ada paparan langsung sinar matahari setidaknya selama 7 jam sehari
  • Tanah subur dan mengandung cukup nutrisi
  • Dekat dengan sumber air
  • Agak jauh dari pantai agar tanaman tidak terkena kabut air asin dari laut

Jika telah menemukan lahan dan tanah yang memenuhi kriteria di atas, maka anda bisa mulai menanam bibit kelengkeng merah.

2. Pembuatan lubang tanam

Cara memulai menanam kelengkeng adalah membuat lubang tanam dulu. Jika anda menanam banyak bibit, maka atur jarak tanam. Hal ini akan memudahkan perawatan tanaman serta memungkinkan sinar matahari untuk masuk dan mengenai tanaman.

Buat lubang 50 x 50 cm dengan kedalaman 40-50 cm. Kemudian, lubang ini harus diisi dengan pupuk bagian dasar sebelum penanaman. Untuk langkah tersebut bisa dengan memakai cangkul secara manual.

3. Pentingnya pemupukan dasar

Sebagai pupuk dasar, tanaman kelengkeng bisa mengaplikasikan pupuk organik dan tambahan NPK. Pupuk organik yang direkomendasikan ialah pupuk kandang. Pupuk yang akan dipakai harus diurai dulu agar lebih mudah diserap nutrisinya oleh tanaman.

Pupuk tersebut ditaburkan dalam lubang tanam dan dibiarkan setidaknya 2 minggu. Tujuannya ialah agar pupuk benar-benar terurai terlebih dahulu. Hindari penggunaan pupuk kandang yang masih baru bagi tanaman karena suhu di tanah akan meningkat ketika pupuk terurai. Hal ini justru dapat membunuh akar tanaman.

4. Persiapan bibit kelengkeng

Kelengkeng dapat ditaburkan melalui biji /  generatif. Yang paling umum ialah dengan penanaman bibit kelengkeng hasil cangkok atau okulasi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Harga Bibit Kelengkeng Merah vegetatif sedikit lebih mahal karena keunggulannya.

Kelebihan pembibitan kelengkeng metode generatif :

  • Umur tanaman lebih panjang dari bibit vegetatif
  • Tanaman bisa lebih tahan terhadap hama dan penyakit
  • Akar tanaman dari bibit generatif lebih kuat

Kekurangan pembibitan kelengkeng metode generatif :

  • Waktu pembibitan cukup lama agar bisa memiliki akar dan batang yang kuat
  • Butuh waktu lebih lama untuk panen pertama
  • Tanaman akan memiliki pohon yang tinggi dan menyulitkan saat panen

Hal di atas berbeda dengan bibit kelengkeng merah vegetative. Dengan cara okulasi, maupun cangkok akan menghasilkan bibit dengan kualitas berbeda. Tentunya bibit dan tanaman akan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan pembibitan kelengkeng metode vegetatif :

  • Waktu pembibitan lebih singkat dibanding metode generative
  • Hanya butuh waktu panen pertama yang relatif singkat
  • Pohon-pohon tidak akan tumbuh tinggi yang akan memudahkan cara panen buah
  • Biaya perawatan untuk reproduksi hingga panen lebih sedikit

Kekurangan pembibitan kelengkeng metode vegetatif :

  • Umur tanaman tidak panjang
  • Pohon tidak tumbuh tinggi jadi tidak bisa dipakai sebagai peneduh
  • Tanaman kelengkeng merah dari vegetative tidak terlalu tahan terhadap penyakit
  • Akar tanaman tidak sekuat tanaman dari bibit generatif

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing metode reproduksi, anda dapat memilih bibit yang paling tepat. Selanjutnya dilakukan penananam bibit pada lubang tanam yang disiapkan. Harga bibit kelengkeng merah juga tergantung pada umur dan ukuran bibit.

Penanaman bibit yang telah mencapai ketinggian yang cukup yaitu rata-raya 0,5 meter dilakukan setelah dilakukan penyiraman. Pada lubang tanam jangan lupa memberi insektisida dan fungisida.  Lalu pindahkan bibit tersebut di sore hari untuk menghindari tanaman layu. Jika sudah, bibit tanaman lalu disiram kembali. Untuk menanam Kelengkeng Merah dalam Pot, sebaiknya menggunakan bibit vegetatif.

5. Perawatan tanaman budidaya

Untuk memastikan produksi buah tanaman kelengkeng merah, maka pastikan perawatan dilakukan dengan konsisten. Beberapa hal yang penting dalam tahap ini ialah :

  • Pemupukan
  • Penyiraman
  • Penyiangan rumput dan gulma yang mengganggu

Langkah tersebut khusus dilakukan pada budidaya kelengkeng pada lahan / kebun. Tujuannya ialah agar tanaman kelengkeng mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bisa menghasilkan bunga dan buah.

Selain itu, perawatan juga termasuk melindungi tanaman dari hama dan penyakit. Untuk tanaman ini, jenis hama yang mengancam adalah :

  • Hama jenis serangga => Jenis hama ini seperti pengisap buah, ulat bulu, lalat buah. Untuk mengatasinya, maka bisa gunakan pestisida sesuai dosis.
  • Hama jenis Jamur => Tanaman kelengkeng merah tak lepas dari serangan jamur. Wabah ini bisa menyerang akar dan menyebabkan tanaman layu. Wabah ini bisa datang di musim hujan dengan gejala daun yang layu dan akhirnya tanaman bisa mati.
  • Hama kelelawar => Binatang ini termasuk hama yang membahayakan tanaman kelengkeng.  Selain dapat memakan dan merusak buah yang sudah tua, kelelawar juga bisa membuat buah yang masih mudah jatuh.

Itulah beberapa cara budidaya tanaman buah kelengkeng merah atau spesies ruby longan yang masih langka. Tujuan budidaya tersebut beragam. Namun semuanya menginginkan hasil buah yang melimpah, kualitas bagus, dan tanaman kuat dan bertahan lama. Karena itulah, mulai dari pemilihan bibit kelengkeng merah hingga perawatan perlu dilakukan dengan hati-hati dan dengan cara terbaik.

Tag :

Jual Bibit Kelengkeng Merah, Jual Bibit Kelengkeng Merah Unggul,  Jual Bibit Kelengkeng Merah Tabulampot, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot Cikarang.  Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot karawang, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Sukabumi, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Bogor, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Majalengka, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Jakarta, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Bogor, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Depok, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Malang, Jual Bibit Kelengkeng Merah dalam pot di Tangerang. 

Harga bibit Kelengkeng Merah, Harga bibit Kelengkeng Merah Cikarang, Harga bibit Kelengkeng Merah Bekasi, Harga bibit Kelengkeng Merah Jawa Barat, Harga bibit Kelengkeng Merah RumahTanaman.com, Harga bibit Kelengkeng Merah Majalengka, Harga bibit Kelengkeng Merah Karawang, Harga bibit Kelengkeng Merah Red Ruby, Harga bibit Kelengkeng Merah dalam pot Unggul, Harga bibit Kelengkeng Merah dalam pot Murah, Harga bibit Kelengkeng Merah dalam pot  Bergaransi, Harga bibit Kelengkeng Merah dalam pot Bogor, Harga bibit Kelengkeng Merah Dalam pot Tangerang


Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Additional information

Berat 2 kg

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Bibit Kelengkeng Merah”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Bibit Kelengkeng Merah”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *