Posted on

Rambutan Binjai: Oleh-Oleh Khas Binjai yang Banyak Diburu Wisatawan!

Kota Binjai merupakan sebuah kota yang berjarak sekitar 20 km dari kota Medan, Sumatera Utara. Kota ini ternyata menyimpan kekayaan alam yang banyak diburu para wisatawan yang datang berkunjung kesini. Rambutan Binjai merupakan oleh-oleh khas yang tidak boleh dilupakan saat Anda datang berkunjung kesini.

Rambutan Binjai bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah saat Anda berwisata ke Kota Binjai. Banyak orang yang menyukai buah ini dikarenakan rasa dagingnya yang sangat manis dan menggugah selera.

Pembahasan kali ini kami akan berfokus untuk membahas tentang rambutan binjai dan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Selamat membaca!

Rambutan Binjai yang Banyak Diburu Wisatawan

 

rambutan binjai

Mengapa permintaan rambutan binjai sangat tinggi?

Salah satu alasan yang mendasarinya adalah banyaknya keunggulan yang dimiliki dari jenis buah rambutan ini. Selain itu, rambutan yang berasal dari Sumatera Utara ini juga sangat mudah dibudidayakan.

Rambutan ini memiliki nama latin Nephelium yang merupakan buah yang sangat terkenal dan memiliki banyak jenis. Jika dibandingkan dengan rambutan rapiah dan rambutan lebak, mungkin rambutan binjai kalah dalam hal ketenaran. Meskipun demikian, rambutan binjai memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan jenis rambutan yang lain.

Karakteristik Rambutan Binjai

Jika dibandingkan dengan jenis rambutan yang lain, maka Anda akan mendapatkan bahwa jenis rambutan ini memiliki bentuk fisik yang berbeda. Perbedaan pertama dari warna kulit bagian luarnya yang berwarna merah legam.

Ciri unik selanjutnya adalah rambutan binjai memiliki rambut buah yang panjang dan kasar, namun tumbuh jarang pada bagian luar kulitnya.

Bagaimana dengan rasanya?

Jangan ditanya untuk hal ini, sebab rambutan ini mempunyai rasa yang manis dengan daging buah yang tebal, padat, dan juga kenyal.

Ciri di atas yang membuat rambutan binjai menjadi incaran banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Binjai untuk berwisata. Rambutan ini memiliki buah yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rambutan yang lain. Selain itu, rambutan ini juga memiliki tingkat kemanisan yang tinggi dengan daging buah yang tebal dan padat.

Keuntungan dan Peluang Membudidayakan Rambutan Binjai

Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh rambutan Binjai di atas tidak hanya menarik perhatian para wisatawan yang datang berkunjung, tetapi juga para pembudidaya tanaman yang tertarik untuk mengembangkan Rambutan ini.

Hal yang tidak kalah menarik adalah Rambutan ini ternyata sangat mudah dan sederhana untuk ditanam. Rambutan Binjai bisa tumbuh dengan optimal saat ditanam di ketinggian 500 mdpl dengan iklim basah.

Meskipun terbilang mudah dan sangat sederhana untuk ditanam, Anda tetap harus memperhatikan cara penanaman yang efekkif agar hasil produksi bisa optimal.

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan Rambutan Binjai adalah membebaskan tanaman dari gangguan tanaman liar, gulma, dan hama yang menyerang. Cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan rutin membersihkan area perkebunan dan rajin memangkas tunas liar yang sering muncul.

Jangan terlalu sering menggunakan pestisida saat membudidayakan Rambutan Binjai, jika Anda selama ini menggunakan cara ini sebaiknya mulai mengurangi penggunaannya.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin memberikan vitamin yang mengandung kalsium nitrat agar merangsang pertumbuhannya. Hal lain yang tidak kalah penting dan sering diabaikan oleh para pembudidaya adalah asal saat memilih bibit tanaman. Teliti dalam memilih bibit tanaman, harga bibit yang lebih mahal tidak masalah jika kualitas yang diberikan baik dan berkualitas.

Olahan dan Manfaat Lain yang Bisa Dimanfaatkan

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, Rambutan ini juga bisa diolah lagi menjadi panganan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Masyarakat Sumatera Utara biasanya mengolah Rambutan Binjai menjadi manisan yang bisa dikonsumsi saat santai.

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang dimanfaatkan dan banyak diburu oleh masyarakat. Bagian lain dari Rambutan Binjai juga banyak dimanfaatkan untuk membantu kehidupan masyarakat sehari-hari. Pertama ada batang Rambutan Binjai yang memiliki sifat yang keras, kering, dan tidak mudah pecah. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkanya sebagai kayu bakar untuk memasak dengan cara tradisional.

Tidak hanya itu saja, akar dari Rambutan Binjai juga memiliki khasiat obat yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

5 Manfaat yang Dimiliki Rambutan Binjai Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang nikmat, proses pembudidayaan yang sangat mudah, dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari Rambutan ini. Ternyata jenis rambutan ini memiliki banyak sekali manfaat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Rambutan Binjai memiliki kandungan Vitamin A, Serat, Magnesium, Protein, Potassium, Kalsium, Zat Besi, dan Karbohidrat. Pembahasan selanjutnya akan berfokus pada 5 manfaat penting yang dimiliki Rambutan Binjai bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Memberikan Nutrisi yang Baik untuk Mata Anda

Gangguan pada mata seringkali terjadi akibat kekurangan Vitamin A di dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin A sangat dianjurkan agar mata menjadi lebih sehat dan tidak mudah rusak.

Rambutan ini memiliki kandungan Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mata Anda. Saat Anda rutin mengonsumsi buah ini, maka manfaat baik di dalamnya bisa Anda dapatkan.

2. Anti Inflamasi

Inflamasi merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan di dalam tubuh akibat respon tubuh terhadap suatu infeksi. Rambutan Binjai yang Anda konsumsi mampu meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh, inilah yang disebut dengan anti inflamasi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan di Dalam Tubuh Anda

Tubuh yang mudah terserang penyakit dan daya tahan tubuh yang lemah sangat mengganggu produktivitas kerja sehari-hari.

Masalah di atas tidak akan terjadi saat Anda rutin mengonsumsi Rambutan Binjai sebagai makanan sehari-hari. Kandungan gizi yang ada di dalamnya mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh dan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Obat Alami dari Infeksi Mulut dan Sariawan

Saat Anda kekurangan Vitamin C di dalam tubuh, maka salah satu akibat yang bisa terjadi adalah sariawan dan infeksi pada mulut. Jika Anda termasuk orang yang sering terkena sariawan, maka hal tersebut menandakan bahwa Anda kekurangan Vitamin C di dalam tubuh.

Mengonsumsi Rambutan Binjai sangat kami anjurkan untuk Anda yang sering menderita sariawan dan infeksi mulut. Rambutan Binjai memiliki kandungan Vitamin C yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

5. Membantu Tubuh Memperbaiki Sel yang Rusak

Radikal bebas merupakan penyebab yang menjadikan jaringan sel yang ada di dalam tubuh Anda mengalami kerusakan. Rambutan ini mampu memperbaiki kerusakan sel yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Selain manfaat di atas ternyata Rambutan ini sangat kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan berbagai manfaat baik bagi tubuh Anda. Meskipun demikian, jangan mengonsumsi buah Rambutan ini secara berlebihan, sebab akan sangat beresiko sakit tenggorakan.

Kesimpulan

Rambutan Binjai merupakan salah satu jenis rambutan unggul yang ada di Indonesia. Beberapa karakteristik yang menjadikan buah ini unggul adalah karena rasanya yang manis dengan daging buah yang sangat tebal. Sehingga tidak heran banyak sekali wisatawan yang berkunjung menjadikan Rambutan ini sebagai sakah satu oleh-oleh yang harus di bawa pulang.

Bagi para pembudidaya pun, Rambutan ini menjadi salah satu primadona karena tingginya permintaan masyarakat. Sehingga potensi untuk meraup keuntungan yang besar pun sangat mungkin saat membudidayakan Rambutan ini.

Itulah Rambutan Binjai, buah khas Binjai yang sangat terkenal sebagai varian yang unggul dan banyak dicari para wisatawan.

Kami berharap informasi yang berkaitan dengan rambutan binjai ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda yang membacanya.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas, jangan ragu untuk bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Silahkan membagikan tulisan ini melalui media sosial yang ada, jika Anda merasa informasi yang telah kami sampaikan bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Tertarik mencoba Rambutan Binjai?

Sempatkan diri mencicipi rambutan ini saat Anda datang berkunjung ke Binjai, Sumatera Utara.

Selamat mencoba!


Dapatkan Katalog Lengkap Bibit
Tanaman buah unggul



Bibit Tanaman Buah Online

Marketing Office :Jl. Tegal Danas No. 38 Kp. Bugelsalam RT. 001 RW. 003 Ds. Sertajaya Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi 17823

Office : (021) 28512658

Telp/SMS/WA/Line : 0812 8342 7293

PIN BB : D9DACC56


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *