Kategori: Uncategorized

Hasil Panen Mencapai 500 Kg/Pohon! Ini 9+ Kiat Menanam Rambutan Rapiah

Rambutan Rapiah - Bagi Anda penikmat buah rambutan pasti sangat mengenal Rambutan Rapiah yang sudah terkenal dengan berbagai keunggulan. Rambutan Rapiah merupakan jenis rambutan unggul yang memiliki rasa yang manis, meskipun memiliki kulit buah tipis dan ukuran buah yang kecil. Saat menikmati buah ini, maka Anda merasakan sensasi daging buah yang kering dan sangat manis.

Jika dilihat dari tampilan luarnya, maka Anda akan mendapati warna buah yang hijau kekuningan dengan rambut buah yang pendek dan jarang. Biji Rambutan Rapiah berbentuk bulat dan buah ini mampu bertahan sekitar 6 hari setelah dipetik.

Dengan berbagai keistimewaan yang telah kami sampaikan di atas, maka sangatlah wajar jika jenis rambutan ini menjadi salah satu jenis unggulan di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang memburu Rambutan Rapiah untuk dinikmati di saat santai.

Melihat permintaan yang sangat tinggi jugalah banyak dari masyarakat yang berniat untuk membudidayakan jenis rambutan yang satu ini. Jika Anda salah satunya, maka artikel kali ini sangat tepat untuk Anda baca. Sebab kami akan menjelaskan secara lengkap berbagai manfaat dari Rambutan Rapiah dan teknik pembudidayaan yang bisa dilakukan.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut

Detail Informasi Tentang Rambutan Rapiah

  • Nama Ilmiah : Nephelium lappaceum
  • Asal                 : Hasil pemuliaan di Jakarta
  • Asal Bibit       : Hasil Okulasi
  • Iklim Ideal untuk Tumbuh : Dataran Rendah
  • Penyiraman  : Penyiraman 1 kali dalam sehari
  • Kebutuhan Sinar Matahari : Sinar Matahari Sepanjang Hari
  • Waktu berbuah : 2–3 Tahun

9 Teknik Pembudidayaan Rambutan Rapiah

1. Bibit Tanaman yang Perlu Dipersiapkan

Bibit Rambutan Rapiah sebaiknya ditanam dengan jarak 12-14 meter antara satu pohon dengan pohon yang lainnya. Namun, sebelum tanaman berumur 1,5 bulan Anda bisa mempersiapkan proses pembibitan dengan menanam bibit dengan jarak 10 x 10 cm.

2. Kebutuhan Sinar Matahari yang Perlu Diperhatikan

Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa Rambutan Rapiah membutuhkan sinar matahari sepanjang hari. Oleh karena itu, Anda perlu meletakkan tanaman ini di tempat dan lokasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan akan sinar matahari.

Kami sangat menyarankan Anda untuk membuat sebuah atap yang miring ke bawah di arah barat. Dengan cara seperti ini, tanaman akan lebih banyak mendapatkan sinar matahari pagi yang berasal dari Timur dibandingkan sinar matahari sore.

3. Mempersiapkan Lubang Tanam

Setelah bibit siap dan telah berumur 1,5 bulan, maka saatnya dipindahkan ke lubang tanam yang lebih luas untuk mengotimalkan pertumbuhannya. Anda bisa membuat luang tanam dengan ukuran 1 x 1 x 0,5 Meter untuk 1 buah bibit yang akan diletakkan di dalamnya.

Lubang tanam yang sudah dipersiapkan jangan langsung ditanam dengan bibit Rambutan Rapiah, Anda perlu mengistirahatkan lubang tanam sekitar 2 minggu.

4. Perhatikan Lokasi Penanaman dan Suhu Udara Disana

Hal yang perlu Anda ketahui adalah Rambutan Rapiah bisa tumbuh dengan optimal saat ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian sekitar 500 Mdpl. Selain itu tanaman ini juga sangat menyukai iklim basah dengan tingkat curah hujan 1.500 – 3.000 Mm per tahun.

Pastikan Anda menanam Rambutan Rapiah di tanah yang gembur dan subur serta suhu udara sekitar 22–35° C.

5. Mulai Menanan Rambutan Rapiah

Setalah lubang tanam dibiarkan selama 2 minggu, maka langkah selanjutny adalah menutup lubang dengan tanah di atasnya. Jangan lupa untuk mencampur pupuk kandang sekitar 20 liter ke dalam lubang pananaman yang dicampur dengan tanah.

6. Merawat Rambutan Rapiah di Awal Penanaman

Bibit tanaman yang baru ditanam belum terlalu kuat dan sangat rentan roboh akibat angin dan serangan binatang liar. Oleh sebab itu, Anda perlu memasang rangka yang terbuat dari bambu atau kayu untuk menahan tanaman dari angin yang menerpa dan serangan binatang.

Dikarenakan Rambutan Rapiah sangat membutuhkan sinar matahari pagi, maka kami sangat menyarankan Anda untuk membuat atap yang terbuat dari daun nipah atau yang lainnya. Buat atap agar miring ke sebelah barat bagian bawah.

7. Kapan Seharusnya Rambutan Rapiah Ditanam?

Kami sangat menyarankan Anda untuk menanam jenis rambutan ini pada awal musim penghujan. Hal ini bertujuan agar kebutuhan akan air bisa terpenuhi dengan baik secara alami.

8. Jangan Biarkan Rambutan Tidak Terpelihara

Kebun pasti akan sangat mudah ditumbuhi dengan rumput liar dan tunas-tunas liar yang ada di sekitar tanaman. Penting untuk selalu membersihkan tanaman liar tersebut secara rutin dan melakukan pemeliharaan dengan baik dan berkala.

9. Tips Bagi Anda yang Ingin Menanamnya di Dalam Pot (Tabulampot)

Selain bisa ditanam di dalam perkebunan, Anda yang memiliki keterbatasan lahan juga bisa membudidayakan Rambutan Rapiah di dalam pot. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menyediakan pot dengan ukuran lebih dari 60 cm agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal. Selanjutnya perhatikan rasio tanah dan humus di dalam pot dengan perbandingan 2 : 1.

Berkaitan dengan masalah perawatan, Anda bisa memberikan pupuk NPK atau yang sejenisnya setiap 1 bulan sekali untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Pupuk bisa Anda taburkan dan dibenamkan di sekitar tanaman.

Sama dengan perawatan tanaman yang ditanam di kebun, Anda harus memperhatikan tanaman liar dan gulma yang ada di sekitar tanaman. Rutinlah membersihkan tanaman liar dan gulma yang mengganggu perkembangan tanaman.

10. Mulai Memetik Hasil dan Merasakan Penen

Jika Anda sudah melihat bunga atau bakal buah, maka buah rambutan bisa segera dipetik sekitar 4 bulan dari munculnya bunga. Tidak sulit untuk memanen Rambutan Rapiah, sebab yang perlu Anda lakukan adalah memotong tangka buah yang ada.

Bulan Desember sampai Februari biasanya menjadi musim panen untuk Rambutan Rapiah dan jika Anda melakukan perawatan dengan optimal, maka potensi panen yang bisa didapatkan sekitar 500 Kg untuk 1 pohon rambutan.

Merasakan Manfaat Lain dari Rambutan Rapiah

Ternyata selain memiliki rasa buah yang sangat manis dan kering serta memiliki keunggulan saat dibudidayakan, Rambutan Rapiah juga menyimpan berbagai manfaat lain yang bisa Anda rasakan. Bukan hanya buahnya saja yang bisa diambil manfaatnya, tetapi juga batang pohonnya.

Kayu pohon Rambutan Rapiah sangat keras dan kering, sehingga sangat cocok untuk dijadikan kayu bakar. Akar tanaman dari tanaman ini pun menyimpan khasiat menyembuhkan demam dan kulit kayunya bisa digunakan sebagai obat peradangan mulut.

Jangan lupa dengan khasiat daun dari Rambutan Rapiah yang sangat bermanfaat untuk obat sakit kepala alami.

Jika Anda kreatif dan memiliki jiwa bisnis yang kuat, maka daging buah yang matang bisa diolah menjadi panganan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Rambutan Rapiah bisa Anda olah jadi makanan kaleng, sehingga lebih tahan lama saat disimpan.

Tips Penting Lain yang Perlu Diperhatikan

Agar Anda bisa mendapatkan hasil panen yang optimal, maka kami sangat menyarankan agar tanaman yang sedang berbuah tidak berada saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan hujan yang turun bisa membuat bunga jatuh berguguran dan menjadikan hasil panen berkurang dan tidak optimal.

Perhatikan juga agar jangan sampai berada pada musim kemarau yang berkepanjangan, dimana jika hal ini terjadi akan membuat Rambutan Rapiah tidak berisi dan bijinya tidak berkembang.

Rambutan Rapiah merupakan salah satu jenis rambutan unggul yang banyak disukai oleh masyarakat. Bukan hanya karena rasanya yang manis, tetapi juga bisa menawarkan keuntungan yang besar bagi pembudidayanya karena permintaannya yang tinggi.

9+ Kiat menanam Rambutan Rapiah yang telah kami sampaikan di atas diharapakan bisa membantu Anda yang saat ini berminat untuk membudidayakan jenis rambutan ini. Jika Anda masih merasa bingung dengan penjelasan di atas, silahkan bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk untuk Anda semua.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi di atas melalui media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui cara membudidayakan Rambutan Rapiah dengan baik dan bisa menghasilkan keuntungan optimal.

Semoga artikel ini bisa membantu dan menginpirasi.

Selamat mencoba!

Lihat Komentar

  • kl rambutan ini ditanam dlm pot bisa apa tdk pak? soalnya rumahnya gak ada halaman , gak ada sisa tanah lebih

    Cancel reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked*

    The field is required.

    • Jenis rambutan masih bisa ditanam di dalam pot. Sebaiknya menggunakan pot ukuran besar.

      Cancel reply

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked*

      The field is required.

  • Bisa dilakukan stek tidak ? Bagaimana caranya dan berapa lama berbuah bila pembibitan stek

    Cancel reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked*

    The field is required.

  • Selamat malam, tanaman dikirim dari mana? Saya ada di Bali utara. Trimakasih

    Cancel reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked*

    The field is required.

    • DARI CIKARANG PUSAT BEKASI

      Cancel reply

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked*

      The field is required.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

The field is required.

Artikel Terbaru

3 Jenis Tabulampot Buah yang Direkomendasikan

Tabulampot atau tanaman buah dalam pot merupakan solusi revolusioner bagi para penghobi budidaya tanaman. Seringkali…

1 tahun ago

Manfaat Buah Plum dan Cara Budidaya Buah Plum di Indonesia

Bagian 1 : Pengantar Siapa yang tidak kenal buah plum atau di kenal juga dengan…

1 tahun ago

Buah Matoa Papua, Unik & Banyak Manfaatnya

Buah Matoa adalah merupakan jenis tanaman berbuah yang sangat khas dan berasal dari Papua.  Tanaman…

3 tahun ago

Budidaya Tanaman Buah Manggis & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah Manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana L. Tanaman Buah Manggis merupakan tanaman khas kepulauan…

3 tahun ago

Mengenal Cempedak, Tanaman Buah Asli Asia Tenggara

Cempedak atau pohon cempedak adalah tanaman asli Asia Tenggara sudah terkenal mulai dari Burma, Thailand…

3 tahun ago

Jual bibit Apel India

Jual Bibit Apel India Apel India memiliki nama lain yaitu putsa, tanaman ini merupakan salah…

3 tahun ago