Uncategorized

Buah Kelengkeng Merah – Buah Eksotis asal Amerika

Bibit-Lengkeng-Merah

Buah Kelengkeng Merah memiliki keunggulan pada pada warna kulit buah dan biji buahnya yang berwarna solid atau dominan berwarna merah, dengan kecantikan warna buah yang berwarna merah inilah membuat kita betah hanya untuk duduk memandangnya, mungkin selama ini apa yang ada di dalam benak anda buah lengkeng adalah buah berbentuk bulat dengan kulit warna agak cokelat, namun apakah anda pernah mendengar varietas kelengkeng ini? Ya, kelengkeng ini memang memiliki kulit buah berwarna merah solid eksotik. Lebih menarik lagi jika anda menjadikanya Tabulampot Kelengkeng Merah. Menambah hiasan di halaman anda.

Kelengkeng merah atau sering disebut kelengkeng Ruby Longan merupakan varietas tanaman buah varietas yang paling terbaru dan mutakhir dan masih satu turunan dengan kelengkeng Aroma Durian.

Selain itu pula dengan keistimewaan kulit buahnya menjadikan tanaman buah kelengkeng ini yang sulit dipalsukan. Daun tanaman ini mengalami perubahan warna pada masa pertumbuhannya, saat daunnya masih muda akan berwarna cokelat kemerahan, kemudian akan menjadi hijau saat dewasa dan kembali berwarna cokelat kemerahan saat daun sudah tua.Lahan yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman ini cukup tanah yang memiliki tekstur tanah halus dengan tingkat pH tanah 5,5 – 5,6.Untuk penanaman kelengkeng merah di lahan hal yang perlu disiapkan adalah lubang tanam berukuran 40X40X40 cm dengan jarak antar lubang tanam 3X3 m.

Untuk urusan rasa dijamin anda akan puas, buah ini terkenal dengan rasa manisnya yang lezat. Rasanya yang manis mencapai level 21 briks membuat buah ini menjadi primadona baru bagi para pecinta buah kelengkeng. Tanaman ini juga terkenal dengan kemampuanya beradaptasi di berbagai kondisi alam, kelengkeng merah mampu tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah dengan tingkat keasaman atau PH tanah berkisar antara 5,5 – 5,6.

Gen kelengkeng biasa yang berwarna cokelat mengalamai mutasi gen karena pengaruh radiasi sinar kosmik yang berupa electron, proton dan energy dari atom yang dapat menyebakan perubahan pada tanaman kelengkeng. Kentungan lainnya adalah tanaman Buah  ini dapat dibudidayakan di dalam pot (tabulampot) sebagai penghias rumah anda.

Kelengkeng Merah Buah Yang Eksotis

Pernahkan melihat dan mencoba Kelengkeng yang berwarna merah? kedengarannya cukup asing ya, mana ada kelengkeng yang berwarna merah?!. Untuk masa berbuah, tanaman  ini sudah mulai berbunga dan berbuah dalam waktu enam bulan. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng yakni tipe iklim B atau iklim basah, iklim D atau iklim sedang. Tanaman kelengkeng merah bisa tumbuh dengan baik di area yang terbuka.Tidak hanya buahnya yang berwarna merah, daun, tangkai daun, dan bunga juga mengalami perubahan warna menjadi kemerahan.

lengkeng-Merah

Kelengkeng Ruby Longan merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan yang mampu tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bayangkan saja, bukan cuma kulit buahnya yang berwarna merah, tapi daunnya, pucuknya, batangnya bahkan sampai daleman bijinya pun berwarna merah. Kemudian bibit tanaman kelengkeng merah bisa ditanam.

Untuk penanaman di dalam pot menggunakan pot berdiameter 60cm atau lebih dengan media tanam campuran tanah, pupuk kandang dan kompos, selanjutnya pemupukan dan penyiraman sama dengan cara perawatan di lahan.Dalam Proses pertumbuhan, Kelengkeng kelengkeng Ruby Longan Berbeda dengan kelengkeng jenis lainnya.

Untuk pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan NPK bunga sebukan sekali dan diteruskan dengan NPK buah pada bulan berikutnya. Kelengkeng ini bukanlah hasil persilangan, melainkan hasil dari mutasi gen. kali ini kami hadirkan varieas kelengkeng unggulan, sambutlah KELENGKENG MERAH.

Bibit-Lengkeng-Merah

Keunggulan Buah Kelengkeng Merah :

  • Memiliki rasa buah yang manis
  • Memiliki Warna kulit merah Solid (warna eksotik)
  • Memiliki Daging buah yang tebal
  • Memiliki Rasa yang manis, mencapai level 21 briks

Untuk mendapatkan bibitnya silahkan klik disini.

Budidaya Kelengkeng Merah

Kelengkeng ini termasuk jenis tanaman kelengkeng yang genjah dan cepat berbuah, tanaman kelengkeng ini sangat cocok ditanam di pot (tabulampot) untuk menghiasi halaman dan pekarangan rumah anda. Kelengkeng merah termasuk tanaman yang masih langka, harga bibitnya pun masih lumayan tinggi, ini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan bagi para petani maupun para penghobi tanaman. Sehingga saat ini mulai banyak petani dan penghobi tanaman yang membudidayakan kelengkeng jenis ini untuk dijadikan tabulampot.

Cara Menanam Kelengkeng Merah Didalam Pot (Tabulampot Kelengkeng Merah)

Memilih Bibit Kualitas Unggul

Untuk membuat Tabulampot kelengkeng merah, Pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi, sambung susu atau cangkok. Kriteria bibit yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau kemerahan segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat. Tabulampot Kelengkeng Merah tidak cocok menggunakan bibit asal biji. Apabila anda ingin mendapatkan bibitnya (cangkok/okulasi), klik disini. 

Menyiapkan Pot Dan Media Tanam

Siapkan drum atau pot minimal ukuran 50, lebih besar lebih bagus agar pertumbuhan kelengkeng merah dalam pot maksimal. Lalu siapkan tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang dicampur 1:1:1. Tabulampot Kelengkeng Merah yang baik sangat tergantung dari kualitas media tanamnya. Maka pastikan campurannya baik, gembur dan memiliki unsur hara yang cukup agar tabulampot kelengkeng merah anda tumbuh sehat.

Tahap selanjutnya adalah cara menaman bibit kelengkeng merah kedalam pot.

Penanaman

Pertama-tama, lepaskan bibit kelengkeng dari polybag dengan cara disobek atau digunting, setelah itu masukan bibit kedalam pot yang sudah disiapkan, lalu timbun dan siram basah bibit kelengkeng yang telah ditanam dalam pot sampai air keluar dari lubang pot bagian bawah. Setelah tabulampot kelengkeng merah anda selesai, rawatlah dengan baik dengan menyiramnya secara rutin dan lakukan pemupukan sesuai keperluan. Saat ini sudah banyak penggemar tabulampot berhasil membuat tabulampot kelengkeng merah yang produktif dan cantik.

Berikut Video Kelengkeng Merah Yang Sudah Berbuah

Manfaat Buah kelengkeng Merah

Selain eksotis, ternyata kelengkeng ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, berikut beberapa manfaatnya :

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Untuk mendukung kesehatan jantung diperlukan asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi seperti kelengkeng merah. Sebagai organ vital dalam tubuh manusia kesehatan jantung harus menjadi perhatian karena dengan jantung yang sehat berbagai fungsi utama tubuh dapat dijalankan dengan baik.

Baik untuk Kesehatan Organ Pencernaan

Dengan mengkonsumsi buah kelengkeng merah dalam porsi cukup juga berdampak positif pada kesehatan organ pencernaan seperti usus sehingga organ-organ ini dapat bekerja maksimal dalam mencerna dan menyerap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Mencegah Stres

Kepadatan rutinitas serta berbagai masalah dalam hidup dapat memicu timbulnya stres yang bisa berujung pada depresi. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan psikis dan fisik sehingga kualitas hidup akan menurun. Untuk itu dianjurkan mengonsumsi berbagai makanan sehat pencegah stres salah satunya kelengkeng merah. Tidak lupa pula lakukan kegiatan positif seperti olahraga yang teratur.

Membantu Mengatasi Diare

Nutrisi yang terkandung didalam kelengkeng ini juga dapat membantu membunuh kuman-kuman penyebab diare sehingga makanan ini dapat dijadikan obat diare yang alami tanpa efek samping.

Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Buah kelengkeng merupakan buah meja yang cocok disediakan di rumah selain sebagai camilan juga bermanfaat untuk mengatasi masalah nafsu makan anak atau anggota keluarga lainnya. Dengan mengonsumsi kelengkeng merah dalam porsi cukup dapat membuat nafsu makan lebih baik sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Membantu Mengatasi Peradangan

Radang dapat terjadi karena berbagai faktor dan menyerang berbagai bagian tubuh. Meskipun telah tersedia beragam obat anti peradangan, namun anda juga dapat menempuh cara-cara alami salah satunya dengan konsumsi buah kelengkeng merah.

Menangkal Radikal Bebas

Paparan radikal bebas sangat sulit dihindari pada zaman sekarang. Mulai dari makanan yang kita konsumsi hingga udara yang kita hirup rentan dengan paparan radikal bebas. Untuk itu penting sekali meningkatkan pertahanan tubuh salah satunya dengan konsumsi makanan kaya nutrisi seperti kelengkeng merah.

Baik Untuk Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat kelengkeng merah juga berpengaruh pada kesehatan rambut dimana konsumsi buah kelengkeng merah secara teratur dalam porsi cukup dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Rambut pun tumbuh sehat dan terlihat indah serta terhindar dari berbagai macam masalah.

Membantu Mengatasi Migrain

Kebanyakan orang lebih memilih konsumsi obat-obatan siap pakai seperti parasetamol dan neuralgin untuk mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah yang menyerang dan mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Namun bagi anda yang ingin cara alami, tanpa efek samping, dan tentunya enak maka konsumsi buah kelengkeng merah dapat menjadi pilihan.

Selain migrain konsumsi buah kelengkeng merah juga dapat mengatasi berbagai jenis sakit kepala lainnya. Namun tentu saja ini sebagai pereda awal. Jika sakit kepala berlanjut dan terjadi terus-menerus maka ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit putih cerah alami merupakan dambaan semua wanita. Untuk itu mereka rela menghabiskan uang untuk membeli berbagai jenis produk kecantikan. Namun banyak juga yang lebih memilih cara-cara alami seperti dengan mengonsumsi kelengkeng merah yang kaya nutrisi sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dari dalam.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Kemampuan kelengkeng merah untuk mencegah perkembangan radikal bebas menjadikan konsumsi makanan ini dapat pula mencegah anda terkena penuaan dini sehingga anda akan terlihat lebih awet muda. Selain menjaga makanan yang dikonsumsi penuaan dini juga dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat seperti tidur siang dan olahraga.

Dapat Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Konsumsi kelengkeng merah dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap serangan virus atau bakteri penyebab penyakit karena dapat menjaga atau memelihara kekebalan tubuh. Seperti yang diketahui kebanyakan orang terserang penyakit saat kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Sebagai Bahan Produk Industri

Rasanya yang enak dan kekayaan manfaatnya menjadikan kelengkeng merah disukai dan dicari oleh banyak orang. Melihat animo konsumen di beberapa negara buah ini telah diolah dan dijadikan buah kaleng sehingga lebih praktis dan bisa didistribusikan ke berbagai tempat. Buah ini juga bisa dijadikan bahan baku untuk membuat minuman penyegar.

Membantu Melancarkan Aliran Darah

Tersumbat atau terhambatnya aliran darah dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya sehingga penting sekali bagi kita untuk menjaga kelancaran aliran darah. Caranya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang berpengaruh positif pada kelancaran peredaran darah seperti kelengkeng merah.

Untuk Mendapatkan bibit kelengkeng Merah silahkan Klik di sini,  

Dapatkan juga tabulampot kelengkeng merah yang sudah siap berbuah di rumahtanaman.com selama persediaan masih ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *